Sat. Sep 26th, 2020

Wawancara Khusus Hafil Pramudya Irawan , Owner : GopStudio Bandung. Pram Menangkal Hoax, KOPRI nya Low Bat, by Yankee

hafil Pramudya, cucu Mahbub Djunaidi dan calonnya, mbak Dian Permata Sari

Nadia Mutianingrum, Kakak Hafil Pramudya, saat hadiri harlah PMII, berfoto bareng pak Joko Widodo
Keluarga Mahbub Djunaidi saat diundang di Harlah PMII ke 58 di Sabuga Bandung

 

Beruntung banget kali ini RIDINGREAD bisa ketemu sosok Pram yang lumayan sibuk. Photography adalah profesi yang sudah di jalaninya sekitar dua tahun yang lalu. Sebelumnya Pram lama tinggal di Dubai bekerja di dunia pariwisata.  Nama lengkapnya Hafil Pramudya Irawan. Lahir di Bandung, 13 Maret 1988, orang biasa memanggilnya Pram atau Hafil. Gak ada hubungan darah dengan Pramoedya Ananta Toer, tapi nama Pramudya di berikan oleh BUNG. Bung yang dimaksud adalah  almarhum Mahbub Djunaidi sang kakek.”Mereka berdua bersahabat. Kakek Bung kagum pada Pram dan sebaliknya.  Karena  itulah saya dinamai Pram,” buka fotografer kadang dipangggil Gop ini. He..he..itu betul dan ada buktinya! Ada surat pribadi Mahbub Djunaidi pada Pramoedya, jelas-jelas  menunjukkan itu (Buku Memoar Mahbub Djunaidi Hlm:178…. Saya  punya cucu kedua lelaki saya berikan “Pramudya untuk menghormat Bung. Kalau dia jadi pengarang muda mudah-mmudahan tidak kesandung-sandung lagi. Salam saya untuk seisi rumah…” Surat Mahbub Djunaidi pada Pramoedya Ananta Toer, Bandung, 9-4-1988)

Kamis, 19 April 2018 di kediamannya beliau di Jalan Kliningan II No 1 Buahbatu, Ridingread yg sebelumnya sudah janjian di sambut dengan hangat oleh Pram di studio photo yang jadi tempat kerjanya. Obrolan liar pun gak bisa di tahan mulai dari cerita masa kecil sampai cerita doi rencana nikah pada tahun ini.

Di studionya Pram kalau sekedar ngopi sih bisa gratis. Beberapa kopi sachet tinggal nyeduh. Yuk kita simak obrolan Ridingread bareng Pram.

 

Ridingread :  ” Pram gimana sih sikap Lo menyikapi soal HOAX yang sekarang kondisinya udah sangat parah ? ”

 

Pram : ” HOAX ? HOAX tidak perlu disikapi.. di “scroll” saja ke bawah. Dalam penjelasan kamus bahasa inggris “a humorous or malicious deception” singkat kata HOAX itu canda yang berdesas desus, gossip, rumor atau penipuan.

kalo memang selera humor nya rendah, ya.. HOAX di telen sampai ke piring-piring nya bahkan meja warteg pun di lahap!

 

Bro n sist gak usah kaget, gaya Pram emang mirip kakeknya kocak dan ngalir aja kalau ngobrol.

 

Ridingread : ” Nah kira-kira gimana tuh cara Lo menangkal HOAX ?

 

Pram : ” Cara menangkal berita-berita palsu, mungkin yang kakek saya bilang “KUNYAH DULU BARU TELEN” sangat pas. sama seperti kita butuh susu, susu jelas baik untuk kesehatan. selain kita baca nutrition fact yang tertera pada kemasan seperti protein, natrium, kalium dan teman-temannya. pembeli yang cermat selalu check expiration date nya. Saya sering lihat di mini market sebelah rumah yang saya singgahi tiap hari, kebanyakan orang setelah ambil terus bayar atau bahkan kabur. Budayakan membaca atau anda berkenan ambil antrian di puskesmas terdekat itu terserah anda.

 

Obrolan bareng Pram sesi pertama harus terhenti karena doi harus ladenin pelanggannya buat di potret.  Hujan rintik turun di sekitar jalan kliningan. Ridingread dateng lagi tepat pukul 19:30 sesuai janji yang sudah di buat sebelum pisab tadi siang.

 

Ridingread : ” Pram lo tau kan PMII sekarang usianya sudah 58 tahun. Bung pernah jadi ketua umum sampai 3 kali berturu-turut. Apa harapan lo untuk Generasi Milenial khusus nya Mahasiswa/i nagdepin masalah Hoax ?

 

Pram : ” Sedikit saja, lihat.. baca.. cerna.. kebanyakan konten tidak jauh mengenai sara, pornografi dan kekerasan. tindakan pertama orang waras, ya report ! gak perlu forward sana sini. kuota memang gak terlalu mahal sekarang tapi nyuapin informasi yang belum jelas faktanya juga gak semurah itu..”

 

Ridingread : ” Apa yang kesan Bung dimata Lo ?

 

Pram : ” Bung di mata saya ( Pram menarik nafas, sesekali matanya nenerawang jauh ).  Saya tidak sempat ngopi bareng beliau.  Yang saya ingat waktu saya duduk di sekolah dasar, bung selalu berada di kantor nya depan mesin ketik, secangkir kopi atau teh dan roko yang selalu menemani. Setahu saya nasi uduk makanan favorit nya. Bung, suka sama binatang.. dari marmot, kucing, kakatua, ular sampe lutung dia punya. Sempat di kira keluarga kita melihara tuyul soal nya “si manis” (lutung) diberikan kebebasan untuk meraung genteng rumah.”

 

Ridingread : ” Bung terkenal sebagai sosok didunia pergerakan yang banyak menginspirasi orang sehingga semakin banyak mahasiswa/i masuk PMII. Apa komentar lo soal politik ? ”

 

Pram : ” Saya kurang suka berpolitik. bagi orang-orang zaman now, sekarang berpolitik mungkin bisa disebut life skill untuk bertahan hidup. Bung, orang nya suka humor, bercanda.. mungkin lebih tepatnya humoris yang sarkastik tanpa mengiris hati lawan-lawannya. mungkin saya kecipratan gen-nya bung, bagian humoris nya saja karena menulis pun masih takut keceletot. ” Segelas kopi hitam yang sudah hampir habis masih dalam genggaman tangannya.   Beberapa mahasiswa/i PMII dari Universitas Bung Karno di ladenin Pram VC an sekedar say hello. Fily dari Lamongan dan Atika Hapsari dari Pontianak , keduanya kader PMII ( KOPRI ) gak bisa lama lama ngobrol gegara batre hape keduanya low bat.

IKLAN

Spa bayi yang recommended di seputaran Bandung. Cekidot gaesss!

 

 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: