Mon. Aug 10th, 2020

VENTILATOR CERDAS preVent 2.0 KARYA ANAK BANGSA SUMBANGSIH NYATA DI TENGAH PENDEMI By Isfandiari MD

….Salut…support and respect atas pencapaian gemilang rekan-rekan dan Swiss German University (SGU) lewat program Mekatronik. Mereka sukses membuat ventilator cerdas yang sangat dibutuhkan masyarakat di era pendemi virus covid 19….

Kabar gembira dari akademisi Swiss German University (SGU). Mereka mempersembahkan karya nyata demi negri, sebuah  ventilator jenis resuscitator berjuluk prevent 2.0. Sebuah  pencapaian yang membanggakan, mengingat ventilator ini punya beberapa kelebihan,terutama  sebuah kecerdasan buatan  yang mampu mempelajari kondisi pernapasan pasien sekaligus informasi penting bagi tenaga medis untuk melakukan pengaturan kerja ventilator dengan tepat.

“Kecerdasan buatan  ini segera memberikan informasi jika kondisi pasien memburuk. Ia akan memberikan peringatan dini agar pihak medis bisa cepat menangani bantuan awal saat pasien COVID-19 mengalami sesak napas maupun gagal pernapasan,” Kata Leonard Rusli, Ph.D Ketua Program Studi Mekatronik SGU yang juga turun langsung menjadi kepala proyek pembuatan ventilator ini.

MANDATORY RESPIRATION DAN ASSIST RESPIRATION

Untuk memudahkan tenaga medis, alat  ini memiliki 2 metode pengaturan, mandatory respiration dan assist respiration. Metode pertama untuk pasien dalam kondisi gagal  napas sedang kedua, dalam kondisi bernapas namum mulai melemah,” tutur Leo.

Temuan mereka tentunya sangat bermanfaat dalam kondisi semacam ini.” Tentunya Indonesia sangat  membutuhkan dan  kami berharap alat ini bisa dipergunakan maksimal, ” terang Leo bersama tim inti pembuatan alat ini yakni lain Theresia dyah Arum, S.T untuk pemrograman & kontrol, Yohanes Freddy, M.D. untuk perancangan mekanik, dan Nova Kristian, S.T untuk perancangan elektronik.

Sementara itu, Rektor Swiss German University, Dr. rer. nat. Filiana Santoso menambahkan, preVent 2.0 adalah salah satu inovasi yang menjadi bagian dari program bantuan penanganan COVID-19 milik SGU.

TEMUAN TEMUAN LAIN YANG INSPIRATIF

Sebuah lelaku inspiratif! Mereka terus bergegas menciptakan berbagai temuan baru selain ventilator ini. Lahir pula termometer digital yang terkoneksi dengan telepon pintar dan bisa dilekatkan pada telefon tersebut. Tak hanya itu, hadir pula inovasi herbal untuk menghancurkan virus COVID-19 di dalam tubuh pasien.

Di sisi lain, mereka juga getol melakukan kegiatan sosial dibawah bendera SGU seperti  bantuan APD, paket sembako, hand sanitizer, guru tamu gratis di kelas online sekolah-sekolah menengah atas, dan juga berbagai seminar online gratis.

Sebuah sumbangan yang sangat bermakna bagi bangsa. Sukses, salut, respect dan support untuk SGU….!

Alamat SGU: The Prominence Tower Alam Sutera, Jl. Jalur Sutera Bar. No.Kav 15, RT.003/RW.006, Panunggangan Tim., Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143

Follow IG @ridingreads dan FB riding read

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: