Sun. Sep 22nd, 2019

Turing Menuju Rumah R.A Kartini BERTAMU KE RUMAH WANITA YANG LUAR BIASA…… Written By:Isfandiari MD

Masuk bulan April, lady bikers juga bikers umumnya pasti teringak sosok ibu Kartini yang lahir di 21 April 1879 dan wafat pada 17 September 1904. Ia sosok luar biasa dan sangat inspiratif. Ibu tak ingin wanita Indonesia bodoh dan tidak terpelajar. Ia ingin mereka maju dan punya andil besar dalams peradaban negri ini. Alhadulillah, cita-citanya tercapai! Kini wanita kita cergas, cerdas dan punya andil besar dalam segala bidang.

 Di April beberapa tahun lalu, ridingread.com berkesempatan mampir ke kediaman beliaudi  kota Rembang, kediaman Ibu bangsa ini. Terus terang, kami kagum dan menikmati sekali bertandang ke kediaman beliau yang ada di pusat kota tepatnya di Jl. Gatot Subroto No.8, Kutoharjo, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah 59219. Bangunan yang didominasi warna hijau dan pendopo berbentuk Joglo. Sungguh bangunan yang megah! Ia memiliki 3 lapis tiang penyangga. Di luar ada 22 tiang, tengah 12 tiang dilengkapi 4 tiang berukir yang menurut penjaga rumah adalah perlambang sifat manusia. Benar-benar turing wisata sejarah yang berkesan! Di dalam bangunan itu terdapat naskah-naskah penting karya Ibu Kartini, termasuk lembaran Al-qur’an hasil tulisan tangan Kyai Soleh Darat, guru agama ibu Kartini.

Benda-benda pribadi termasuk bak mandi ala Eropa juga masih terawatt apik, bahkan kami diperbolehkan selfie dan berfoto bersama di kaca rias asli milik beliau. Tak ada salahnya kami memberi masukan sedikit ikhwal museum Ibu Kartini ini. Banyak benda yang dipajang kurang dilengkapi keterangan lebih detail. Padahal ini sungguh koleksi berharga dan menggambarkan sosok ibu bangsa ini. Saat em-plus ke sana, masih banyak benda-benda lain yang tersimpan di gudang dan belum di display rapid an apik. Kami khawatir jika didiamkan terlalu lama, benda-benda ini akan rusak termakan cuaca dan usia. Moga keberadaan peninggalan ibunda lebih dirawat lagi. Ia bukanlah wanita sembarangan tapi punya andil besar dan jasanya kita nikmati hari ini dan esok. Alfatihah buat ibu Kartini, jasamu akan kami kenang dan hargai selalu…

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: