Tue. Jul 14th, 2020

Trend Modifikasi Motor 2019 ESTETIKA OL SKOOL TEKNOLOGI NEW SCHOOL… By Isfandiari MD

Bulldog style (besar di depan) kemungkinan kurang peminat di tahun 2019

Desain custom motor tentu sangat individual dan sesuai taste masing-masing. Susah untuk memisahkan sebuah desain dalam suatu era tertentu. Buktinya jelas, penikmat choppers atau mungkin bobbers, misalnya..walau lahir tahun 50-60-an, tetap saja diminati two wheeler era 2018-san. Fakta memang  bicara! Rider generasi milenial, masih saja gandrung bentukan motor tahun 60-an bahkan  desain tahun 30-an seperti boardtrack style. Makin bikin bingung, generasi baru ada yang  tetap doyan desain choppers tahun 70-an denggan setang apa hengar, sissybar tinggi, jok berundak bahkan painting gara psychedelic. Itu bukti kalau estetika custom mirip dunia fashion, bisa berputar dan kembali lagi.

Futuristik bulldog style, ada peminatnya di 2019 tapi sangat terbatas
Sang Trendsetter, David Beckham. Kesukaannya pada motor ol skool style menular ke two wheeler seluruh dunia

 

CAFÉ RACER: Sesuai sejarahnya, café racer memang desain sport jalanan jadul. Dulu para pembalap jalanan suka banget balap dan hang out angtar café di Eropa dan Amerika sana. Motor mereka bukan murni speedjunkie sirkuit tapi motor-motor hang out. Keunikan bentukan ini ada pada simplisitasnya. Yap, nggak banyak ornament da nada dalam pakem khusus! Setang jepit  dan  buntut tawon. Riding position dibuat siaga , nunduk apa pembalap, tidak nyaman dan durability rendah khusus untuk short distance riding. Ha..ha..ada juga yang maksa turing jauh paka bentukan ini, hasilnya pinggang pegal dan kurang bagus buat kesehatan. Oh ya, karena desainnya klasik, pilihan ban juga mengikuti. Khas sport klasik.

            Dari gambaran ini jelas, café racer tak banyak berubah dari tahun ke tahun. Ia tetap mempertankan ol skool style dan prediksi di 2019, bentukannya  nggak banyak berubah tapi tentunya performa makin ciamik karena teknologi  yang makin canggih.

Fulldressed motorsport tetap digandrungi pencinta new school style
winshield minimalism single seat-streetfighter x-treem memiliki penggemar abadi

 

SCRAMBLERS: Motor pendaki alias trail diprediksi ‘senasib’ dengan café racer karena dasar desain scrablers juga trail vintage. Ia sangat simpel dan ergonomi jauh lebih nyaman dibanding café racer. Kembangan ban trail atau semi trail, dual purpose dan knalpot melengkung ke tengah khasnya motor trail jadul. Di 2019, trendnya nggak banyak berubah. Ia terbilang abadi dari tahun ke tahun.

Nih..tampilan Royald Enfield konsep KX838 V-Twin di EICMA Motorcycle Show 2018 MIlan Italia. Pastinya bentukannya terispirasi RE KX 1140 tahun 1938. BUkti bahwa desain vintage ol skool tetap dgandrungi
Sosok Royal Enfielad KX 1140 1938

CHOPPERS: Choppers bisa dibilang lelaku custom sejati. Para builders yang nggak puas desain pabrikan, langsung nge-chop (memotong) motor jadi lebih ringkas-simpal dan bobotnya jauh berkurang. Dulu, Harley-Davidson (awal sejarah choppers) dianggal HOG (Babi Hutan) yyang ‘berat’ dan gendut. Ia juga dijuluki garbage wagon (Gerobak Sampah) karena bentuknya yang kompleks. Maka lahirnya choppers-mania, dimulai dari kalangan outlawas (antihukum), geng jalanan. Mereka memotorng-motor motor pabrikan malah bikin sasis sendiri. Ditambah adanya film Easy Riders dan sejenisnya..budaya choppers merebak mulai dari Amerika sampai seuruh dunia. Ia jadi peradaban baru dan jadi virus modifikasi dunia. Dari tahu ke tahun terus berkembang dan muncul berbaggai istilah. Katakanlah New York Choppers dengann desain serbarapat, rake dan trial tidak centang, demi kepentingan lalu linttas new York yang padat. Bentukan ini diprakarsai almarhum Indian Larry (Gasolike Alley). Lalu ada taste kaum Sinner, ada juga Skandinavian Chop dan banyak lagi. Kesimpulannhya, desain choppers sangat berkembang dan sesuai taste  buildernya. Malah di Jepang, lahir juga Jap’s Style yang sebenarnya ada hubungannya dengan ol skool choppers Amerika atau gaya-gaya motor pabrikan Inggris tahun 40-50-an. Sampai masuk 2019, choppers tetap eksis. Malah dari pengamatan ridingread,com, ada grafik kenaikan penikmat choppers ol skool di kalangan motoris.”Banyak yang suka lagi..sasis hardtail, tangki teardrops, peanuts atau  mustang,” tutur Abah Akung dari Pipir Custom. “Pemakaian fenders struts-sissybar tinggi ban 21” dan 16” juga ada kenaikan. Jadi choppers klasik akan diminati lagi,” tambah Harry Novaro Rambing, spesialis pembuat sasis hardtail asal Cijantung Jakarta Timur. Oh ya jika  bicara choppers, jangan lupakan juga bobbers. Banyak riders salah paham dan menganggap  jika ban depan-belakang sama dan gendut itulah  bobbers. Padahal nggak ada hubungannya! Bobber adalah era sebelum choppers. Sasisnya masihh asli pabrikan dan belum banyak ubahan sepertihalnya choppers. Khasnya bobbers, yang lahir di era 40-50-an ada pada pemaiakan drum brake, kick start disamping sasis asli pabrikan. Ia hanya nge-bob (motong) sedikit saja. Jadi simpelnya bobbers adalah awal lelaku choppers.

            Nah, gaya bobbers ini pastinya masih diminati di tahun 2019 nanti mengingat  penyuka vintage-klasik masih sanggat banyak.

Pro Street New School. tetap ngetrend di 2019
Hubless-Orbital Wheel sepertinya kurang peminat di tahun depan
2019, style ini justru diminati rider cc kecil, choppy cub ataupun back-bone cc kecil-menengah
Modifikasi fungsional, riding position nyaman, cocok dipakai short distance maupun turing jauh, akan tetap jadi acuan modifikasi di 2019

FLAT  TRACK: Yang keren dari Flat Track ada pada simplisitasnya. Gaya ini lebih ‘memenangkan’ mesin ketimbang tangki. Artinya, tangki dibuat kecil agar mesin kelihatan  menonjol dan lebih terlihat gede. Buntut juga dibuat runcing, sporty jadul dengn ban tahu mendekati scramblers. Dari sisi sejarah memang kental sport untuk arena balap di Amerika sana. Ia  menggabungkan lintasan tanah dan sirkuit dasar. Flat track juga dekat dengan desainn boardtrack. Estetika simpelnya menarik perhatian para builder. Jadi nggak heran Flat Track –Boardtrack tetap diminati. Banyak custom motor cc menengah seperti Honda Tiger, Yamaha Scorpio atau Suzuki Thunder, suka desain ini. Yah.mirip-miri HD XR750 gaya Eivel Kneivel jaman dulu. Dan…di tahun 2019, desain ini tetap digandrungi.

Scrablers, desain jadul, jeroan canggih
HD XR 750, tetap jadi inspirasi builder 2019
Poser mewah tapi bernuansa vintage, bakal jadi primadona motor kontes di 2019
BIsa jadi..speedway style yang serba cingrang bakal jadi trend modif 2019

           

 

 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: