Sat. May 15th, 2021

TRAIL ADVENTURE GUNDALA 3 PANGANDARAN – SAVE DUDULURAN! By Isfandiari MD, foto Isfandiari MD

 

Hadir 2126 scramblers!

Beruntung, kami sempat menikmati pesta bikers bernuansa adventure-off road, scramblers di ajang Gundala 3, Save Duduluran (8 September 2018), Sabtu di pantai Pangandaran. Tema kuat, save duduluran, memang terasa.”Itu sudah jadi komitment kami! Semua saling bantu, support dan enjoy. Coba perhatikan, warga Pangandaran, panitia, peserta tak berjarak. Semua menikmati. Pedagang juga bebas mencari rejeki di sini. Pantitia misalnya, nggak menyiapkan catering, tapi semua pake kupon makanan bisa ditukar ke pedagang yang wara-wiri di sekitar venue,” buka Dede Ecenk, tokoh Panggandaran Adventure Lifestyle (PALS)), salah satu penggagas event  mewakili ketua Pals kang Trisnadi  Kholik dan ketua pelaksana event, Tata Suryana.

Bener memang nuansanya duduluran. Saat ridingread.com ada di tengah-tengah gelaran, ujug-ujug ada ‘instruksi’ dari off orader.”Kang..fotoin kami ya!” Mereka lantas mejeng dan berpose. Ha..ha..dikiranya kita tukang foto keliling, he he. Tapi it’s okey, enjoy aja. Venue juga sangat ‘pecah’ lewat hiburan DJ, sexy dancer, booth berbagai pajangan juga kuliner khas Pangandaran. “Saling support memang yang jadi utama. Kami dari Traps (Trail Pangandaran Sport), adalah sama-sama komunitas trail di sini. Saat PALS bikin acara, kami juga turun bantu. Mereka punya Gundala 3, sedang kami punya Pangandaran Samudra Adventure Trail (PSAT) yang sudaha menggelar kali kedua. Rekan PALS lebih condong bikin jalur di wilayah Barat sedang kami ke Timur,”  beber mang Deni Herdiana, tokoh trail Pangandarann, ketua TRAPS (2015-2018). Support itu  fakta dan bukan basa-basi. Selain life member Traps juga ikut bantu, mang Deni sendiri yang sejatinya life member MACI Indonesia, berkorban nggak ikutan Jambore MACI di Blitar di waktu yang sama.” Duh, saya apresiasi sekali, Mang Deni rela nggak ke MACI demi mendukung kami di PALS. Kalau nggak ada kang Deni, agak repot juga,” puji Dede Ecenk, Spesial buat ridingread,co, mang Deni ini menjamu kami dengan penginapan cozy miliknya, Nusawiru persis di sisi pantai dan pinjaman ‘the legend’ TS 125 kesayangannya untuk masuk jalur. Thank’s kang!

MC Vanhaw sedang sibuk instruksi

Lanjut ke acara. Evennya dahyat bro! Terhitung 2126 starter hadir dan bikin berisik seisi pantai. Makin seru, MC acara, duet maut  Rachmat ‘Guru Gokil’ OS, dan Mr the cool Vanhaw yang supernyeleneh!Sudah kebayang khan, hebohnya suasana Gundala 3 ini.

Ini memang moment yang sip! Untuk masuk jalur, ridingread.com tentu kebingungan mencari lokasi yang pas. Maklum, kami nggak bisa full masuk ke seluruh jalur demi kepentingan liputan. Syukurlan, hadir juga tokoh penting dunia adventure, kang Awen Wirawan, salah satu legend Trabas (Trail Adventure Bandung Association). Doi teman lama kami dan kami bernostalgia masuk jalur di event Gundala 3 ini. “Jalur yang keren, masuk hutam jati, perkampungan penduduk dan masukk jalur pantai,” nilai Awen. “Paling menantang tentunya tanjakan Lies DNJ, sebagai ikon Gundala 3. Tanjakan ini pastinya bakal menguras energi dan menaikkan adrenalin scramblers!” jelas panitia.

Puncak acara, tentunya pelepasan para peserta yang dibagi dalam beberapa kloter. Alunan usik khas Sunda dan woro-woro MC ‘The cool’ Vanhaw bikin heboh. Tentunya hal ini sangat membanggakan warga terlebih hadir Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata,  wakil bupati Pangandaran kang H. Adang Hadari, kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso juga wakil IMI kang Asep Nugraha. Sebagai bentuk dukungan terhadap event gundala Bupati memberi hadiah satu motor trail  demikian juga wakil Bupati, menghadiahi satu motor trail.

Oh ya, entertain panggung juga mengakomodir selera milenial. Selain kesenian khas sunda di lokasi start, panggung dimeriahkan oleh DJ performace yang menghentak plus cewek-cewek sexy yang enjoy mamanaskan memanaskan panggung dan bergoyang. Uang registrasi 200k tentunya worthed.

Saat pembukaan doa bersama. Dede Ecenk menyuapi Abah Guru. Duhh..mesranya!

 

Budaya lokal tetap dilestarikan

Saat masuk jalur, ribuan peserta tentunya berharap mendapatkan keberuntungan dengan hadiah-hadiah dahyat yang ditawarkan. “Disediakan 7 unit motor. Dua motor  trail VIAR gres 150 cc, 5 motor VIAR Matic dan 2 sepeda gunung. Tak sampai disitu lo, mereka yang beruntung diganjar DP  5 rumah masing-asing 10 juta, hingga total Dp menjadi 50 juta untuk 5 rumah di perumahan Graha  Budiasih Asri dari PT Karya Utama Kurnia Abadi,” jelas panitia. “Alhamdulillah saya dapat sepeda gunung, thanks Gundala 3,” sahut H. Iwan Setiawan, bos Binjay 165 printing Sublimation dari Jl, Pesantren Barat Pamerkaran Soreang, kabupaten Bandung.

 

CATATAN YANG PERLU DIGARISBAWAHI

Seringkali obrolan sambil ngopi di sela-sela event bukanlah perkara remeh. Banyak perkara menjadi penting dan bisa jadi bahan kajian selanjutnya. Misalnya  opini yang datang dari kang Deni, tokoh Traps , mang Uus ‘Hawex’ Usnaeni, pengusaha penikmat trail asal Ciamis dan Yeyep rekan sesama jurnalis “Istilah gaspol, harusnya dikritisi kembali. Kata-kata itu memicu adrenalin naik dan scramblers seperti kebut-kebutan di jalur,” buka Hawex yang sedang menggeber sebuah event akbar skala nasional bertajuk Rantai Bumi ini.” Yap! Ini melahirkan ketidaksukaan warga. Banyak insiden terjadi di jalur belakangan ini dan syukurlah tidak terjadi di event Gundala 3,” tutur Yeyep. “Idealnya ajang adventure melahirkan silaturahmi harmonis dengan warga. Antara trailmania dan penduduk menjadi akrab, hiburan yang segar da nada pemasukan desa. Ini tentu yang diharapkan panitia juga pecinta adventure,” timpal Uus.

Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata

 

“Sejatinya ajang ini sangat penting mendongkrak pariwisata di Pangandaran. Pendapatan asli daerah pasti meningkat. Tamu hotel naik dan warga mendapatkan manfaatnya. Mereka bisa lebih menikmati kearifan lokal tak hanya pemandangan indah semata,” beber Deni.

Di ajang ini misalnnya, panitia tak hentinya memberi imbauan positif melalui brosur, pamflet dan peraga lain agar peserta tidak gaspol dan ngegas-gas terutama saat memasuki perkampungan penduduk. Tapi kenyataan memang masih ada saja yang balapan di kampung alias gaspol.

Di sisi lain, prilaku nyampah memang masih terjadi. Dalam event tentunya kita nggak bisa menggeneralisir, apakah peserta, pedagang atau tamu awam. Tapi kenyataannya event masih kotor denga sampah. Padahal panitia Gundala 3 menyiapkan titik-titik kantong sampah. Warga Pangandaran juga mengggelar baliho-baliho besar kampanye anti-nyampah dengan kata-kata imbauan yang menarik. “Tapi itulah.., masih ada saja walau sudah banyak berkurang,” kesan Deni.

 

Moga makin ke depan, peserta makin sadar untuk lebih enjoy di jalur, hepi dan beradab etika. Kalau sudah begitu, inshaa Allah, dunia adventur bakal lebih maju lagi. Aamiin.

Awen, tokoh Trabas bareng ridingread masuk jalur

Proman, serasa circus culture Amerika tahun 30-an…
Tim Binjay, dapat sepeda Gunung

 

 

Padat!
Oiii..ridingread! Fotoin kita dong!..SIAAPPPPP
Maaf ..masih suka nyampah….
Diundang SuzukiTS Owners sehabis acara di Twin Hill Campground di acara Meet and Greet

 

Yeaaahh..we’re party-holic!

 

Enjoy di jalur, Gundala..Gunung..Darat..Laut

 

And the winner goes to…

RIDINGREAD DISAMPANGI PEMUDA PMII PANGANDARAN

Thank’s Gundala 3! Karena moment ini, ridingread.com punya kesempatan bertemu adik-adik dari PMII Komisariat  Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama (STITNU) AL Farabi Parigi. Mereka adalah Soleh hidayat ketua komisariat, Yusup sidik, wakil ketua III, Muhammad Dafa Cisyara (kader), Adi Tri Fauzi Muslim (Kader), Taopik Hidayat (sekretaris), Rima Malida (sekretaris 2) dan Farida Adawiah (bendahara kopri). Mereka diantar kang Ahmad Muhafid, mantan katua Pergerakan Mahasiswa Islam (PMII) kota Banjar. Kami berdiskusi dan tentang banyak hal, terutama keinginan mahasiswa ini untuk ikut juga andil dalam kegiatan komunitas sepertihalnya Gundala 3.

Hadiah-hadiah menarik termasuk DP rumah

Kapan-kapan ya, adventure barengan mahasiswa dan membuat kegiatan positif di kampung-kampung. Tuh…ditunggu sinergi antara mereka dan para adventurer!

 

Ridingread disambangi PMII Pangandaran. Ayo Adik-adik bikin event bareng komunitas!

1 thought on “TRAIL ADVENTURE GUNDALA 3 PANGANDARAN – SAVE DUDULURAN! By Isfandiari MD, foto Isfandiari MD

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: