Sat. May 15th, 2021

Keliling Lasem nikmati warisan budaya adiluhung

Tips Turing Jauh KUNCINYA…PERSIAPAN FISIK DAN MENTAL By Isfandiari MD

Harry Novaro Rambing

Share ilmu antar  bikers tentunya sangat beraanfat. Misal waktu ridingread.com hang out ke kediaman bro Harry Novaro Rambing. Doi ini road captain touring heritage Jakarta-Lasem yang disuport penuh Adira Finance dan Viar Motor Indonesia baru lalu. Dalam  bincang-bincang santai ia  membagi tips penting saat turing jauh, sekitar 1000 kilometer pergi-pulang dalam  formasi 10 rider.

  1. Kesamaan waktu makan dan tidur. “Ini penting, saat turing jauh ritme ini wajib dilakoni. Banyak kasus petering dalam kelompok, suka-suka dia aja saat makan dan tidur. Saat ada beberapa rider makan, ini alah asyik ngobrol. Nah saat sedang riding, salah satu peserta minta berhenti makan, jelas menganggu ritme turing. Begitu jjuga waktu tidur! Di saat sebagian peserta tidur misalnya, ada yang asyik main ponsel atau ngobrol sesamanya, begadang! Nah pas start kantuk mennyerang, dia tak tahan dan minta berhenti di pom bensin atau warung. Ini juga sangat menganggu.
  2. Pintar pintar memilih makanan dan minuman. Dianjurkan, menkonsumsi makanan dan minuman yang tidak bikin lemas dan ngantuk. “Jangan pilih minuman yang banyak mengandung gula, tapi dianjurkan air mineral yang mengandung oksigen. Ini membuat suplai oksigen ke otak banyak dan kita tetap fresh. Makanan juga jangan yang bisa sebabkan kantuk. Nasi misalnya, tinggi kadar glikemik dan merangsang produksi hormon melatonin dan triptofan. Apalagi ditambah lauk semisal sawi, tuna telur rebus atau udang, dijamin bikin ngantuk,” jelas Rambing. Susu, keju, yoghurt juga mengandung triptofan, walau bisa membuat rileks dan menghindari stress tapi menyebabkan ngantuk. “Batasi juga makana nmengandung gula tinggi atau karbohidrat sederhana semisal nasi putih, permen soft drink, makana dari tepung terigu seperti roti. Utamakan pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah. Imbangi makana berserat tinggi, protein kaya vitamin dan mineral. Makanan berlemak diperlukan untuk tubuh mencerna vitamin yang tak larut dalam air.
  3. Berhenti setiap 1.5 jam atau 2 jam sekali dan langsung melakukan olahraga ringan, stretching untuk melancarkan kembali peredaran darah dan tubuh menjadi fit kembali.
  4. Jangan lupa juga cek kesiapan motor. Check semua perangkat, kondisi ban, rantai, lampu, tekanan angina dan keseluruhan detail lainnya. Semua peserta riding serentak memeriksa semua kondisi ini di bawah komando road captain.
  5. Tentukan check point yang pasti saat breefing sebelum start. “Kondisi di jalan memang tidak menentu ada  kemungkinan tercecer, kita harus sepakati check point dari awal hingga memudahkan tim sweeper atau road captain berkordinasi,” jelasnya.
  6. Berikan breefing saat isitirahat untuk selalu waspada di jalan dan membangun mental positif dan tidak stress selama perjalanan jauh. “Selalu memberi spirit positif, semangat dalam suasana enjoy dan gembira. Suasana happy sangat penting dalam turing jauh . Ini membuat rider selalu enjoy dan tidak terasa berat saat riding,” kata Rambing. Ia menambahkan, salah satu trik menghindari stress dan tetap enjoy adalah membangun pola pikir ‘jangka pendek’ dalam turing. “Misal waktu itu start dari mabes Polri Jakarta. Tujuannya bukan ke Lasem tapi check point pertama yakni Karawang. Nah dari Kawarang tujuannya tetap ‘jangka pendek’ yakni menuju Bandung..lantas Sumedang-Kuningan-Pekalongan dan seterusnya. Jadi rider tetap enjoy karena walaupun turing jauh Jakarta-Lasem tapi pola pikirnya terbagi dalam turing pendek per- check point,” tuturnya lagi.
  7. .dan harusnya memang dalam setiap aktivitas sebelum start adalah jangan lupa berdoa kepada Tuhan untuk keselamatan bersama.

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: