Fri. Nov 27th, 2020

TIPS RIDING

AWAS KURANG OKSIGEN

By Isfandiari MD

Ada share berharga dari kang Jeffrey Polnaja, peturing asal Bandung terjauh kedua di dunia. Ia bicara soal oksigen!

“Kadang tak disadari kalau kita lupa bernapas,” singkat JJ. Topik yang diangkatnya kadang kurang diperhatikan bikers.  Saking asyiknya riding dia nggak sadar kalau sirkulasi udara di helm kurang. Konsentrasi penuh bisa juga menyebabkan Bro menahan napas saat menghadapi ketegangan rebah atau ngebut.

“Topik yang diangkatnya kadang kurang diperhatikan bikers”

Pakar medis seperti DR. Aviandy Sukarto Msc. SpKP sekilas menerangkan hal ini. Menurutnya, bikers harus menyadari gejala kekurangan oksigen ini. “Misal terserang Vertigo yakni Pusing sebelah dan rasa sakit pada kepala. Serangan ini akibat gangguan sirkulasi pembuluh darah ke otak dan kurangnya sirkulasi udara.”Makanya, doi menekankan pentingnya kenyamanan helm, jangan sampai menjepit hingga terasa sakit.”

Tentu saja tak cuma itu. Kurangnya pasokan oksigen membuat fisik drop, penat, menurunkan daya konsentrasi dan reflek.

Baik Aviandy maupun kang JJ sepakat, langkah terbaik dari rider adalah bertistirahat dan mengembalikan kebugaran tubuh. Paling ideal berhenti di tempat yang aman dan sejuk, lepas helm dan jaket yang penat agar peredaran darah dan pasokan udara kembali normal. Strecthing alias senam ringan juga dianjurkan agar kondisi kembali normal. Safe ride dude!

 

 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: