Tue. May 21st, 2019

TIPS PATEN DARI MPM HONDA JAWA TIMUR NGEGAS AMAN DAN NYAMAN SAAT HUJAN By Isfandiari MD

Baru saja, ridingread.com bareng kang Deddy Raksawardana juga Anton Magaski, riding Jawa Barat-Timur, bolak balik selesaikan film dokumenter berjuluk Tersesat Dalam Surga. Sepanjang jalan, kami disuguhi berbagai kondisi cuaca. Banyak ditimpa hujan, terutama di daerah Pekalongan, Jawa Tengah, menuju Batu Jawa Timur juga zona Ranu Pane, Semeru. Riding kondisi hujan tentunya perlu tips dan trik khusus. Sipnya, PT Mitra Pinasthika Mulia, memberikan tips dan trik dari instruktur mereka. Penting untuk disimak!

Instruktur Safety Riding MPM, Hari Setiawan memberikan beberapa tips berkendara saat musim hujan. Yang pertama cek kondisi motor. Sangat penting pada saat musim hujan kita harus mengecek kondisi motor seperti Lampu kendaraan, Klakson, Lampu Sein, Rem depan dan belakang, Ban depan dan belakang, Cob busi serta kelistrikan

Berikutnya bawalah perlengkapan berkendara seperti jas hujan , saat kita berkendara dalam kondisi hujan agar tetap menggunakan perlengkapan berkendara,  tidak hanya untuk melindungi tubuh dari hawa dingin karena  air hujan tetapi juga apabila kita terjatuh. Selain jas hujan ,pelerlengkapan lainnya yang  wajib digunakan antara lain helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu. Pemilihan jas hujan juga mempengaruhi pada waktu berkendara. Jas hujan yang tepat yaitu modelnya seperti jaket  dan  celana, berwarna cerah, berbahan tebal, serta sesuai dengan ukuran. Pemilhan warna pada jas hujan bertujuan agar pengendara lain mudah melihat kita.

Selanjutnya hindari daerah banjir. Buatlah road plan perjalanan terlebih dahulu.  Perlunya banyak rute saat kita berkendara sangatlah penting untuk menghindari area mana yang sering terjadi nya banjir. Dan pastikan tubuh kita dalam kondisi fit dan Prima. Untuk boncenger agar tetap menggunakan perlengkapan berkendara seperti helm , jas hujan , jaket dan sepatu  dikarenakan resiko bocengers sangat tinggi terjadinya kecelakaan. “ Pemilihan perlengkapan berkendara bisa membuat lebih fleksibel pada saat berkendara. Jaga jarak aman dengan pengendara lain karena pandangan terbatas. Serta lebih fokus dan sigap terhadap kondisi jalan. Misalnya jalan berlubang dan tergenang air. Meskipun kondisi  hujan tetap Cari_Aman pada waktu berkendara “ Kata Hari Setiawan .

Thank’s berbagi ilmunya!

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: