December 9, 2021

Tips Ban – Memeriksa dan Merawat Ban

Siapkan Waktu Untuk Perhatikan Perawatan Ban

teks – poto by : nandar radjanolis

RidingRead – Di dunia sepeda motor penggunaan ban dalam masih sangat umum, ban tubeless memang sudah ada tapi belum merata disemua ukuran ban.  Ban dengan ban dalam memang tidak sepraktis ban tubeless.  Salah satu contohnya, bila tertusuk paku ban akan langsung kempes lain dengan ban tubeless.  Tapi ada yang sering luput dari perhatian, ban dalam sering timbul gesekan antara ban dalam dan ban luar yang berakibat ban dalam menjadi mudah pecah.

Gesekan ban dalam dan ban luar bisa dilihat, saat ban dibuka akan terdapat serbuk hitam.   Bisa dirasakan langsung bahwa di antara ban luar dan ban dalam ada serpihan karet.   Ini bisa terjadi oleh dua hal, pertama akibat ban sering kurang angin dan kedua akibat mutu ban dalam yang jelek.   Bila ini terjadi maka ban dalam akan mengalami erosi, semakin hari menjadi semakin tipis dan akhirnya pecah.   Ban tipis bila bocor tidak mungkin lagi bisa ditambal, harus ganti baru.

Agar aman pergunakan ban dalam berkualitas baik dan jangan lupa secara berkala memeriksa tekanan angin ban.  Bila ingin menyemir ban, pergunakan semir berbahan dasar air.  Semir berminyak akan mempercepat keausan ban.

Mengisi angin yang benar:

  1. Buka tutup pentilnya dan tekan pentilnya agar angin keluar dari lubang pengisian. Ini berfungsi untuk membuang debu atau kotoran yang ada disekitar pentil.
  2. Pompa ban, ingat angin yang masuk ke ban sebaiknya tidak mengandung uap air Caranya, buang secara berkala air yang ada di tabung kompresor. Lebih mudahnya bisa diisi dengan gas Nitrogen.
  3. Ukur tekanannya sesuai standar. Cara mengukur dan alat yang dipergunalan harus benar.  Jangan ada kebocoran angin saat mengukur dan usahakan mempergunakan pengukur model dial, bukan model batang agar pengukuran lebih akurat.
  4. Setelah selesai periksa dengan air sabun apakah tidak terjadi kebocoran pada pentilnya. Terakhir tutup pentilnya, jangan biarkan pentil tidak berpenutup.

Menambal/mengganti ban:

  1. Bibir pelek dan pemukaan bead ban harus bersih. Kebersihan bagian tersebut sangat diperlukan untuk ban tubeless. Untuk pemasangan ban tubeless jangan pergunakan minyak untuk melumasi pelek agar mudah dipasangkan.  Bisa dipergunakan pelumas khusus, bila tidak ada bisa dengan air sabun yang bersih.
  2. Bersihkan juga bagian dalam ban dan pelek. Bila ada karat di pelek harus dibersihkan. Untuk ban dengan ban dalam kebersihan mutlak perlu, kotoran bisa membuat ban dalam robek.  Bila semua pengerjaan dilakukan di tukang tambal ban, perhatikan kebersihan saat pemasangan, katakan bahwa itu penting.

 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: