Wed. Oct 27th, 2021
The Ol Skool Choppa

THE OL SKOOL CHOPPA! By Adhi Bigman

Throwback Project Bike Build Off karya Member JakChap 2014.

Sedikit cerita pembuatan Tangki Motor Custom Chopper beraliran Digger yg menjadi trend sekitar tahun 70an dengan Tangki yang berbentuk Diamond/ Berlian.

Pada proses awal pembuatan moulding/cetakan yang menggunakan karton tebal 2mm.

Terinspirasi ide zaman TK/SD yaitu teknik seni melipat kertas/origami tidaklah mudah dalam membuat moulding sempat 3 kali gagal.

Karena bentuk tangki yang banyak lekukan ukurannya harus benar-benar presisi agar sudut satu dengan yang lain simetris ketika disambungkan,

dan ketika tangki dipasangkan ke rangka motor bentuknya benar-benar proporsional dimensi-nya tidak kebesaran atau kekecilan, sehingga enak dipandang.

Setelah proses moulding selesai lanjut ke tahap proses pembuatan tangki dengan plat galvanis ketebalan sekitar 1,5mm.

Dalam proses ini plat bukannya dipotong-potong terus disambung-sambung satu dengan lainnya, tapi plat di pres/ditekuk-tekuk mengikuti sesuai moulding,

jadi tidak banyak sambungan, hasilnya lebih memuaskan dan menghindari potensi kebocoran pada tangki.

Setelah proses pembentukan Tangki Diamond Custom lanjut ke tahap finishing yaitu proses pengecatan Custom Paint.

Tangki didasari penuh dengan Metal Flake/ Glitter Silver lanjut dimotif grafis beraliran psychedelic yang juga trend di era Tahun 70an.

Perpaduan warna Hitam, Ungu, dan Emas Candy dengan menggunakan teknik Air Brush dan terakhir dilapisi dengan pernis glossy.

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: