Thu. May 13th, 2021

Test Riding NEXII – Memang Performanya Mendukung Tampil Lebih Keren

NEX II lebih rileks, lebih ergonomis, posisi berkendara anti lelah dan lebih nyaman

by : Nandar Radjanolis

Suzuki Nex II resmi pasarkan di Indonesia untuk menambah pilihan konsumen di segmen entry level untuk kalangan anak mud. Alasannya, Suzuki Nex II diklaim menawarkan kebutuhan pengendaraan harian yang berbeda.

Sesuai dengan sasaran pasar konsumen anak muda, Suzuki Nex II dibekali lima pilihan warna trendi serta fitur menarik di varian Elegant seperti USB charger, lampu LED, cover muffler dan floorboard guard.

Dengan detail dan performa yang ditawaran dari NEX II, menarik minat ridingread.com untuk menguji dilintasan perkotaan sesuai karakternya.Keinginan awak redaksi ridingread.com direspon positif oleh PT.Suzuki Indonesia Sales ( SIS ) dengan  mengadakan test ride bersama media dengan rute Kemang – Pamulang – BSD Serpong – Alam Sutera dengan total jarak sejauh 50 km.

Desain atraktif bodi Suzuki Nex II sukses menggoda mata pengendara lain. Dibuat ramping, Nex II sangat cocok untuk dikendarai di area urban terutama kemacetan. Posisi pengendara tinggi 175 cm berat 65 kg ternyata benar tidak mentok ke dinding dek dibawah setang kemudi. Riding positionnya juga nyaman untuk jarak jauh berikut didukung desain joknya cukup nyaman bagi pengendara.

Rahasia lutut tidak mentok meski kaki pengendara lebih panjang dimensi Nex II bertambah dengan panjang 1.890 mm, lebar 675 mm dan tinggi 1.045 mm. Sehingga ukuran dek menjadi 413 mm (panjang) dan 168 mm (lebar). Meski dengan postur tinggi 175 -180 cm pun kaki anti mentok ke dinding dek, tapi NEX II cocok bagi pengendara dengan  rata rata punya tinggi 155-165cm..

Posisi pengendara lebih rileks berkat Posisi jok NEX II ini cukup rendah dan dek agak tinggi membuat posisi duduk lebih nyaman. Apalagi posisi setang hampir sejajar dengan pinggul, sehingga pengendara lebih rileks.

Ketika menghidupkan electric starter lebih halus dan suara aneh lebih teredam dibanding kompetitor sekelasnya. Kondisi ini berkat teknologi Suzuki Easy Start berfungsi lebih maksimal mengatur timing mesin dalam suhu ideal kapan siap untuk di runut gas lebih dalam.

Untuk tenaga awal dan putaran bawah, sepertinya NEX II menggunakan gearbox ratio lebih berat terasa dari tarikan awal lebih slow. Tenaganya lebih terasa ketika telah mencapai suhu idealnya. Istimewanya ketika mencapai suhu mesin ideal, putaraan tenaganya lebih powerfull dan mudah melibas tanjakan.

Dengan dimensi bodinya, dipastikan lincah bermanuver di kepadatan llaulintas perkotaan. Bersama NEX II dirasakan oleh ridingread.com selalu menyenangkan dalam setiap jengkal putaran grip gasnya.Hingga finish diSerpong, tidak menemukan gejala peranti cvt nya tersendat gregel ketika di geber gas lebih dalam. Sepertinya mesin NEX II ini lebih halus namun berperforma galak ketika mencapai suhu ideal dan rekomendasi untuk stop and go.

Dari catatan spesifikasinya mesin Suzuki Eco Performance (SEP) berkonfigurasi 1 silinder SOHC 113 cc dengan tenaga maksimal 8,9 dk pada 8.000 rpm dan torsi 8,5 Nm pada 6.000 rpm.  Akselerasi berperforma dengan power 9.1 ps.

Berikut ini kesimpulan dari test riding NEXII :

  1. Ergonomi

Suzuki NEX II dikemas dengan dimensi sangat pas buat postur orang Indonesia dalam beraktifitas sehari – hari alias commuter. Dengan tinggi jok 740 mm, bikin lebih lapang  namun mudah menapak ke tanah. Apalagi di bagian tengah dek, yang makin panjang dibanding NEX versi pendahulunya, posisi kaki pengendara lebih lapang dan tidak menyentuh dinding atas diawah setang kemudi.

Pada NEX II panjang bagian tengah floor desk lebih lapang dengan 168 mm dibanding NEX 125 mm. NEX II juga memiliki panjang antar ujung bagian luar 535 mm dibanding NEX dengan panjang 398 mm. Untuk bagian dalam floor desk NEX II lebih sempit 1 mm( 413 ) dibanding NEX 414 mm, alasannya untuk menyesuaikan dukungan ergonomic pada pijakan kaki pengendara. Rangkumannya dengan spek ergonomis ini, NEX II lebih membuat pengendara tidak mudah lelah dan lebih nyamana dibanding generasi sebelumnya.Jok pengendara juga mendukung ergonomis lebih lebar dan lebih panjang  yaitu 250 mm x 690 mm dibanding NEX terdahulu 240 mm x 620mm.

 

  1. Performa

Suzuki NEX II memang oleh Suzuki Indomobil Sales ( SIS ) sebagai skutik entry level dengan tawaran performa dan fitur lebih lengkap dibanding generasi sebelumnya ataupun pesaingnya di kelas 110 cc – 115 cc. Mesinnya mengusung mesin 4 tak 113 cc berpendingin udara dengan tenaga maksimal 6,7 kW/8.000 rpm diklaim lebih padat menghasilkan power lebih mumpuni.

Apalagi didukung besar torsinya yaitu  mencapai 8,5 Nm/6.000 rpm NEX II ini mampu memberikan dorongan tenaga handal saat akselerasi mendadak maupun di tanjakan meski dibebani beban lebih berat.

  1. Handling

Soal handling, Suzuki NEX II masih mempertahankan khas Suzuki yaitu lebih lugas dan singkat radius putaran dalam momen apapun. Jarak menekuk setang kemudi lebih ringkas sehingga menjamin lebih cepat berakselerasi di jalur padat dan sempit. Pada sektor perangkat rem, terpasang  diameter rem cakram depan yang lebih lebar 340 mm dengan daya rem menjamin lebih mumpuni mneghentikan laju di berbagai tingkat kecepatan.

Dibanding dengan generasi Nex sebelummnya, NEXII banyak perubahan dan pengembangan dalam setiiap jengkal detailnya. Hasilnya memang berasumsi berkendara dengan NEX II lebih rileks, lebih ergonomis, posisi berkendara anti lelah / tidak bosan dan lebih nyaman.

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: