Mon. Sep 28th, 2020

Sumbangsih Klub Pada Suku Anak Dalam

LELAKU YANG INSPIRATIF

By Jhon Deer

Salut dan inspiratif sekali two wheeler MMC Outsiders Indonesia chapter Jambi.Mereka sinergi dengan Lembaga SSS Pundi Sumatra dalam
Pemberdayaan masyarakat komunitas suku anak dalam jambi melalui peningkatan kapasitas kemampuan diri.Keren! Keduanya menelurkan gagasan berupa peningkatan kapasitas kemampuan diri masyarakat komunitas suku anak dalam jambi melalui kegiatan training lifeskill. Kegiatan tersebut bertempat di SPA Desa Pauh Menang Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin Provinsi Jambi dan dilaksanakan selama 10 hari danberahir pada tanggal 25 Februari 2018, Materi yang diberikan mengenai dasar-dasar Otomotif, dasar-dasar kelistrikan dan dasar-dasar komputer bagi anak-anak SAD.


Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar kebutuhan dari hasil diskusi Bersama-sama dengan Komunitas Suku Anak Dalam Jambi itu sendiri, mengingat mereka sudah menggunakan kendaraan sepeda motor untuk digunakan sebagai sarana transportasi berburu dan belanja kepasar untuk kebutuhan sehari-hari. Mengingat komplek tempat tinggal mereka jauh dari fasilitas pasar dan pemukiman masyarakat desa.

Sedangkan materi dasar-dasar kelistrikan merupakan kebutuhan akan pengetahuan mengenai instalasi listrik rumah tangga yang mereka sendiri notabene sudah mendapatkan bantuan mesin diesel guna penerangan pemukimannya. Untuk materi dasar-dasar komputer sangat dibutuhkan oleh anak-anak SAD yang sekolah formal, dan mereka sudah menginjak masa-masa Ujian Nasional Berbasis Komputer. Terang Dewi Yunita Widiarti selaku Manager Program Sudung Lembaga SSS. Pundi Sumatera.


Zein Gahoarock selaku pemateri dan Head dari MMC.Outsiders Indonesia -Jambi Chapter menjelaskan bahwa beliau dan tim awalnya mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi, mengingat perbedaan Bahasa dan nama benda. Namun langsung bisa ditangani mengingat ada Mbak Arma, Bang Edd dan Bang Dian selaku pendamping SAD dari Lembaga SSS. Pundi Sumatera yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Alhamdulillah… pesertanya komunikatif dan antusias karena memang materi yang kami sampaikan merupakan kebutuhan teman-teman Komunitas Suku Anak Dalam Jambi.


Harapannya setelah kegiatan ini mereka bisa lebih mandiri untuk mengatasi masalah-masalah seputar kerusakan ringan pada kendaraan bermotornya sendiri dan juga bisa lebih baik dan sesuai standar pemasangan instalasi listrik rumah tangga pada pemukiman tempat tinggalnya. Bahkan nanti jika memungkinkan pihak Lembaga SSS. Pundi Sumatera dan MMC.Outsiders Indonesia -Jambi Chapter akan melakkukan training tingkat lanjutan dan menambahkan beberapa materi lain guna peningkatan ekonomi alternatif bagi masyarakat komunitas suku anak dalam jambi.

Bravooo….
Semangat terus dan pantang kendor ya….!!!

 

2 thoughts on “Sumbangsih Klub Pada Suku Anak Dalam

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: