Fri. Oct 23rd, 2020

“SIDOEL REBORN”

Wujud Konsistensi Rano Karno

Oleh : Iwan Rasta

 

Diawal tahun 1990 an, ada sinetron keluarga Betawi yang mempunyai rating sangat bagus saat itu. Penontonnya beragam usia, tokoh utamanya adalah Si Doel, yang diperankan oleh Rano Karno, Anak Betawi totok yang akhirnya berhasil menjadi “tukang insinyur”, sebuah hal yang tidak lazim kala itu.

Kini, sinetron yang bertahan sampai 18 tahun lamanya tayang di tivi itu, akan diangkat ke layar lebar dengan judul “Si Doel Reborn”.

“Saya sempat vakum di dunia film ketika menjadi Gubernur Banten. Tapi saya kira sekarang lah saat yang tepat untuk menghadirkan lagi tokoh Si Doel dan kawan-kawannya dalam layar lebar. Banyak pecinta Doel di tivi yang menagih ke saya tentang kelanjutan cerita antara Sarah dan Si Doel. Semua akan saya beberkan di film itu nanti.” demikian kata Rano Karno di depan puluhan anggota Motor Literasi (MOLI) yang rela turing dari kota Serang Banten, ke kawasan Lebak Bulus di Jakarta Selatan.
Diskusi yang dipandu oleh Firman Venayaksa, tokoh pegiat literasi dan dosen di UNTIRTA, sangat akrab dan cair diselingi dengan acara sarapan bersama di Warung Si Doel yang menyajikan menu-menu kuliner dengan nama tokoh-tokoh dalam sinetron Si Doel.

“Bahasa yang saya pahami adalah konsisten. Dan saya sudah mulai membaca buku Si Doel Anak Jakarta sejak kantor penerbit Balai Pustaka ada di jalan Gunung Sahari, Jakarta. Tiap pulang sekolah, saya selalu mampir ke Balai Pustaka untuk membaca buku-buku Mark Twain (Oliver Twist), Karl May (Winnetou). Dan berkah dari buku pula lah, saya diajak syuting oleh almarhum Bung Syumanjaya pada tahun 1971.” tambah Rano Karno dalam diskusi tersebut.

Ketika ada seorang peserta diskusi menanyakan sedikit bocoran film Si Doel Reborn, Rano hanya berkomentar singkat ; “Syuting nanti mulai tanggal 12 Maret 2018. 70% lokasi syuting ada di Belanda. Kenapa di Belanda? Ya, karena Si Doel mempunyai anak yang kini berusia 15 tahun dari Sarah. Dah gitu, aja. Jangan banyak-banyak bocorannya! Hehehe….”

Acara ditutup dengan foto bersama dengan background oplet butut warisan Babenya Si Doel.

 

 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: