Wed. Oct 27th, 2021

SERIKAT RAKYAT GOTONG ROYONG AJAK KOMUNITAS KREATIF

GALAKKAN SAMBUNG RASA DIANTARA KITA…. Isfandiari MD

…Pra launch Serikat Rakyat  Gotong Royong menghadirkan moment penting. Hadir komunitas kreatif dari kalangan bikers, seniman juga filmaker. Mereka saling bersinergi menuju masyarakat Indonesia yang lebih baik. “Dibutuhkan gerakan yang bisa menggalang kebersamaan…”-Gus Jazilul Fawaid…….

Gus Jazilul Fawaid

Rumah dinas Waka MPR RI di bilangan Kemang mendadak seru  saat hadir beberapa komunitas kreatif dari kalangan bikers, seniman dan filmmaker. Mereka enjoy memenuhi undangan Wakil Ketua MPR RI, brader Jazilul Fawaid yang akrab disapa Gus Jazil, Senin (20/9/21).

Selain hang out rileks informal, pertemuan ini juga menjadi moment penting yakni pra launch Serikat Rakyat Gotong Royong, kumpulan yang concern menggalang semangat bersinergi diantara insan-insan potensial. “Dibutuhkan sebuah gerakan yang bisa menggalang kebersamaan untuk melakukan hal-hal positif yang bermanfaat untuk masyarakat.

”Ekonomi kedepan akan sulit sehingga yang paling diperlukan adalah kesatupaduan. Tidak ada yang lain. Kita tidak akan mampu meningkatkan ekonomi dengan cepat. Karena itu, kita perlu meningkatkan, menguatkan barisan untuk menghadapi kondisi yang tidak cukup baik ini. Dan kuncinya adalah gotong royong untuk saling menguatkan,” ujar pejabat yang sangat menyukai kesenian ini. 

Dikatakan Gus Jazil, gotong royong dalam konteks hari ini disebut kolaborasi atau Kerjasama. Sebab, hari ini tidak ada kekuatan yang dominan sendiri. Kekuatan itu justru muncul melalui kolaborasi. “Sekarang ini tidak ada titik sentrum, tidak ada legend seperti zamannya Rhoma Irama, Elvi Sukaesih, Michael Jackson. Sekarang ini semua menjadi top di tempat masing-masing. Hal yang menguatkan namanya sinergi. Jadi, semua punya minat, semua punya arus, dan semua punya pekerjaan masing-masing,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Serikat Rakyat Gotong Royong akan diisi oleh orang-orang dari berbagai latarbelakang profesi, hobi, suku, ras agama dan keragaman lainnya. ”Kita harus memiliki visi kegotongroyongan. Artinya lintas agama, etnis, suku, hobi, gender dan umur. Gotong royong itu semangatnya universal. Prinsipnya dalam organisasi ini setara, bebas, kebersamaan, kesetaraan, dan persaudaraan. Itu yang menjadi prinsip utama dari Serikat Rakyat Gotong Royong,” paparnya.

Yuyun Arfah (Merajut Asa Nusantara-Padepokan Taring Babi-Marjinal) ikut meriahkan acara

Klub Motor MMC Outsiders Nationz chapter Jakarta, ikuut hadir

Rencananya, Serikat Rakyat Gotong Royong akan dideklarasikan di Bumi Sangkuriang, Kiputih, Kota Bangdung, Jawa Barat bersama sejumlah klub motor. ”Kita akan buat berbagai kegiatan yang sifatnya lebih ke masyarakat bawah. Misalnya santunan. Kegiatan yang terdekat karena Covid, kita pilih daerah yang kurang tersentuh pembangunan itu di wilayah Jawa bagian selatan. Kita mau buat Kirab Pantai Selatan,” lanjut Gus Jazil.

Dikatakan Gus Jazil, Serikat Rakyat Gotong Royong merupakan gagasan awal dalam membangun kerja sama dan bersinergi dengan berbagai lintas latarbelakang masyarakat. ”Ada dokter, pengusaha properti, seniman, penggemar motor, budayawan, kalangan pesantren, dan lainnya. Kita harus punya sambungan untuk menyalakan kembali semangat kegotongroyongan. Kalau bagi saya sendiri, urusan kiai, dunia pesantren, sudah biasa. Kalau sekarang saya diajak naik motor dan lainnya, itu lingkugan baru. Kita bangun kekuatan dari berbagai aspek melalui gerakan ini,” paparnya.

Dengan melibatkan berbagai kalangan, kata Gus Jazil, akan banyak ide, gagasan, dan hal-hal yang bisa dilakukan untuk membantu masyarakat lainnya. ”Covid ini membuat orang-orang kehilangan kegembiraan. Kita pelan-pelan akan membangun kegembiraan dan rasa optimisme masyarakat,” tuturnya.

          “Saya sangat bangga memenuhi undangan ini. Gerakan positif yang inshaa Allah bermanfaat,” haru Hary Novaro Rambing  dan Djumenk Nomads (Dewan Senior MMC Outsiders Nationz) yang hadir bersama head klub, kang Tangkil dan timnya, Adhi Bigman dan  Guntur. “Dalam pertemuan santai ini di sampaikan juga konsep acara ke  depan, sangat bermanfaat, terima kasih telah dilibatkan,” jelas Dwi Yabes, Mbah Anto dan Yul Batara, filmaker.

          Hadir juga aktor Joe P-Project  yang menyempatkan hadir langsung dari Bandung.”Terima kasih Gus Jazil atas undangannya. Moga saya bisa berkontribusi di kumpulan ini dan mengeratkan silaturahmi diantara kita. Jika berkenan saya ingin share-share ide untuk kegiatan ke depan,” tutur Kang Joe saat didaulat memberikan sepatah dua patah kata di acara ini.

          Makin afdal, hadir musisi-musisi beken yang sudah go-Internasional, yakni komunitas Taring Babi yang dikomandoi Mike Marjinal. Mereka menyumbangkan beberapa lagu yang tentu saja membuat acara ini semakin meriah.

          Support-respect Serikat Rakyat Gotong Royong. Sampai jumpa di soft lauch,  24 September  nanti di Bumi Sangkuriang Bandung. Godbless! 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: