Tue. Sep 29th, 2020

Seri Pabrikan Legendaris DKW, Dampf-Kraft-Wagen Atau Das Kleine Wunder, By Mangbro

Keduanya bisa dipakai buat   nama panjang DKW.  Yap, bagi bagi para penggemar motor klasik juga mobil, brand ini nggak asing lagi. Yuk kita Tarik sejarah kelahirannya. Awalnya DKW memang  diambil dari kata Dampf Kraft Wagen, perusahaan Jerman dari Zschopau  yang dibidani Danish  engineer  Jorgen Skafte Rasmussen tahun 1916. Bebuka kisah, mereka meproduksi   mobil uap panas , external combustion engine, beda dengan internal combustion engine seperti yang dikenal  sekarang. Mobil bermesin 2 tak ini lahir tahun 1919 dengan kalimat dagang yang masing nyambung dengan DKW yakni Des Knaben Wunsch atau impian anak-anak.

Sayang, mereka kurang sukses mengembangkan mesin  steam external combustion hingga berubah haluan memproduksi mesin motor 2 tak dengan ubahan isitilah Das Kleine Wunder alias si kecil ajaib. Nah, rupannya mereka lebih hoki memproduksi motor DKW dan di awal 1920-an, mereka berkembang pesat menjadi pabrik pembuat motor terbesar di dunia.

Tahun 1932 mereka merger dengan  Audi, Horch dan  Wanderer dari Auto Union.

Pecah perang dunia ke 2, mereka pindah ke wilayah Jerman Barat dengan bendera MZ dibawah Daimler –Benz tahun 1957 hingga akhirnnya beralih kepemilikan ke tangan Vokswagen 1964. Produk mobil terakhir mereka adalah  F102 yang diproduksi sampai 1966 lantas dilanjutkan ke F103 yang dipasarkan di bawah bendera Audi, anggota Auto Union. Monil-mo bil DKW kembali masuk pasaran dan  disambut antusias penggear roda 4 dunia. Varian terkenal dimulai dari F1 sampai F8 dan popular di Eropa Utara, F89, mesin 2 sillinder, F91 tiga silinder yang dibuat di Desseldorf dan Ingolstadt.

Motor-motor produksi mereka juga keren-keren dan jadi incaran kolektor ambisius. Das Kleine Wunder, alias si kecil ajaib memang terbukti. Varian DKW Hummel atau   RT125 masih sangat diincar sama halnnya collector item pabrikan lain semisal Birmingham Small Arm atau  Bavarian Motor Works.

INFO LITERASI

Ada buku keren nih! Outsiders Kisah Para Penunggang Motor dan Memoar Mahbub Djunaidi,  70K. For more details call wa/Isfandiari MD 087881452626

sampai di Universitas Hamburg
Launching dibuka mentri Pemuda dan Olah raga Bapak Imam Nahrawi

 

 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: