Tue. Sep 29th, 2020

Scooter Owners Group Rescue Team

SUMBANGSIH MULIA DARI SKUTERIS

By Isfandiari MD

SOG tak hentinya menjadi inspirasi. Selain klub solid dan mampu meraksasa sebagai klub skuter terbesar di dunia, mereka juga serius bikin kegiatan sosial yang bermanfaat buat masyarakat banyak. Salah satunya, tim yang diberi label SOG Rescue Indonesia. ”Bukti kepedulian kami kepada masyarakat. Bagian SOG ini akan terjun dalam kejadian bencana di Indonesia. Mereka dibina dan bekerjasama dengan BPBD atau Badan Penanggulangan Bencana daerah propinsi Jawa Barat. Kami sudah mendirikannya sejak dua tahun lalu,” bangga Boy Januar Ariska mewakili founder klub ini.

Bagi SOG pendiriannya bukan tak berdasar. Sadar memiliki potensi dan massa yang besar, mereka memantapkan niat. “Dasarnya adalah dorongan kemanusiaan, tanggap bencana di Jawa Barat khususnya dan Indonesia umumnya. Sebagai organisasi kemasyarakatan, kegiatan ini memang menjadi pengabdian,” jelas mereka lagi. Untuk intern SOG sendiri, kegiatan rescue memiliki arti penting buat life member. Para skuteris ini terbiasa pada tanggung jawab sosial, kepribadian, meningkatkan disiplin dan solidaritas.
Dalam prakteknya tak mudah bagi life member menjadi bagian dari tim ini. “Semuanya harus teruji. Mereka direkrut dari cabang SOG seluruh Indonesia dan harus mengikuti pelatihan dasar penanggulangan bencana yang digelar BPBD Jawa barat, Scout Rescue Kwarda Jabar, Sat Brimob Polda Jabar, Lanal Bandung, Basarnas Pos Bandung dan Rescue 88, H. Dadang Ronda, dan H. Denny Biskat keduanya adalah Dewan Pembina SOG.

Sampai saat ini anggota SOG Rescue ada 37 personel. Disebut sebagai angkatan pertama dan perintis. Selain Dadang dan Denny, ada juga Erwin Yulizar (Ketua Umum SOG Indonesia 2014-1018), Komandan Rescue bro Boy Januar, AA Rady, Abah Iman dan Tono S sebagai bagian dari para pendiri SOG.
Lewat kordinasi mereka, para skuteris terlatih akan terjun langsung di titik-titik bencana. “Mereka sudah dibekali ilmu yang memadai dalam penanggulangan bencana itu. Moga tim rescue ini punya manfaat besar buat korban,” harap Boy.
Bagi bikers khususnya anak-anak klub, gebrakan SOG tentunya sangat menginpirasi. Mereka bisa jadi contoh yang baik bagi klub-klub lain. Tak hanya peduli dan melakukan kegiatan sosial tapi memiliki skill untuk terjun langsung membantu masyarakat.
Salute buat SOG!

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: