Sat. May 15th, 2021

RIDING… TERAPI SEHAT PALING BAIK NEVER GET OLD DAN LEBIH NIKMATI HIDUP By Isfandiari MD

Masukan berarti nih! Umur itu rupanya bisa ditinjaudari 2 segi. Pertama umur kronologis dan kedua umur biologis. Keduanya beda bro! Kronologsi artinya kapan dia dilahirkan dihitunglah. Misal, lansiran 1971, berarti usianya  sudah 47 tahun. Gampang khan? Nah umur  biologis beda lagi. Ini tergantung spare part alias jeroan sampeyan sendiri. Bisa jadi, lansiran 1971 bisa lebih muda ketimbang yang lahir tahun 1980. Lha..mana bisa? Yap..kalau jeroannya lebih sip, lebih sehah dan lebih gres. Jantung masih prima, ginjal ok, paru-paru ciamik. Nah..dia dihitung secara biologis lebih muda dong!

Nah gimana caranya supaya umur biologis  jadi patokan? Tentu kita wajib bergaya hidup sehat dan selalu berolah raga. Nah, ada satu hal yang jadi angin  segar para brothers semua. Penelitian menujukkan,  lelaku riding alias naik motor bakal membuat kita selalu sehat. Artinya, bikers akan selalu muda dan bahagia. Applaus buat bikers…plok..plok..plo.. chee’rs!

 

“Memang benar! Naik motor membuat kita sehat selalu,” buka Jeffrey Polnaja, petering dunia, program Ride For Peace yang sudah menempuh jarak 420.000 km lebih. Ia nyemplak BMW GS 1150 lansiran 2004 melewati sejumlah negara Asia seperti Malaysia, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, China, Nepal, Butan, Banglades, India, Pakistan, dan Afganistan. Dari situ aku menuju Timur Tengah, Iran, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Arab Saudi, Jordania, Lebanon, Mesir, Libya, Tunisia, Algeria, Maroko, dan daratan Eropa seperti Spanyol, Portugal, Perancis, Monako, Swiss, Hongaria, Yugoslavia, dan Yunani. Dari Yunani aku meneruskan perjalanan ke Vatikan, San Marino, Slovenia, Austria, dan  terus ke belahan dunia lain sampai 97 negara. Total jarak tempuh yag tercatat, 420.000 km. Salut!

Jeffrey Polnaja, “Turing membuat kita sehat, awet muda dan bahagia..”

Yuk  kita simak bareng, keuntungan menjadi bikers  buat tubuh kita!

  1. Riding Lebih Melatih Otak Dan Kemampuan Motorik Dibanding Naik Mobil (apalagi pake supir)

Ketika menyetir mobil, kita cenderung berada diposisi yang selalu sama setiap saat. Sementara mengendarai motor itu lebih melatih fisik dan otak kaarena posisi badan akan berubah-ubah untuk menyeimbangkan roda dua. Tak heran jika mengendarai motor melatih konsentrasi lebih baik.

Sebuah penelitian dilakukan University of Tokyo, berjudul “Hubungan antara mengendarai motor dan perkembangan otak manusia”. Studi yang melibatkan 50 orang ini, dibagi menjadi dua kelompok antara yang rutin mengendarai motor dan yang tidak. Masing-masing diuji fungsi otaknya dan fungsi kognitifnya.

Setelah dua bulan riset tersebut dilakukan, ditemukan bahwa kelompok yang rutin menggunakan motor fungsi kognitifnya lebih baik. Selain itu ketika diuji dengan menghapal sejumlah angka, mereka yang menggunakan motor memiliki hasil 50 persen lebih tinggi.

 

  1. Touring Motor Menghilangkan Stres Dan Meningkatkan Kesehatan Jiwa

Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa melakukan perjalanan dengan motor jarak jauh dapat membuat seseorang lebih bahagia dan tingkat stresnya menurun. Hal ini terjadi karena adrenaline ketika melakukan touring cenderung meningkat yang mendorong dihasilkannya endorphin dalam tubuh. Seperti diketahui zat ini merupakan pemicu rasa senang.

Selain itu terpaan sinar matahari ketika melakukan touring meningkatkan produksi vitamin D. Sementara vitamin tersebut dapat membuat mood seseorang jauh lebih baik.

 

3, Ketika Touring, Sedikitnya 300 Kalori Terbakar Setiap Jamnya

Kalori yang dibakar ketika naik motor setara dengan melakukan jalan cepat, yaitu sekitar 200-300 kalori. Bahkan ketika berkendara dalam kecepatan menengah dan cepat seperti ketika touring keluar kota, kalori yang terbakar bisa mencapai 600 kalori. Selain kalori yang terbakar, tubuh juga akan “dipaksa” untuk melakukan latihan pembentuk otot. Karena badan harus tak henti menyeimbangkan motor dan mengendalikan kemudi yang berhubungan langsung dengan ban. Berbeda dengan menyetir mobil yang menggunakan kolom kemudi.

 

  1. Mengenal Tempat Baru Yang Seru, Agar Hidupmu Tak Bosan

Pastinya inilah dialami lansung bro Jeffrey Polnaja lewat petualangannya! Hidup tentunya tak akan seru kalau menemui hal yang itu-itu saja. Rasa bosan inilah yang bisa terhapus ketika kamu melakukan touring motor. Bayangkan kita sedang seru naik motor. Tiba-tiba di depan mata disajikan pemandangan macam ini. Dari ketinggian kita bisa melihat pantai dan lautan yang membentang. Ketika cuaca cerah, situasi macam ini sulit ditandingi di daerah lain.

Nikmati kehidupan ini… SELAMAT TOURING

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: