Wed. Nov 20th, 2019

Ride For Tiger

BIKERS JAMBI PEDULI HARIMAU SUMATERA

 

Jambi, Kembali MMC Outsider’s Indonesia Jambi Chapter berkolaborasi dengan Lembaga Zoological Society Of London atau sering disebut  ZSL mengadakan hajatan Global Tiger Day 2017. Kegiatan yang dilaksanakan dihalaman air mancur kantor Gubernur Jambi itu berlangsung meriah (30/07). Pasalnya kegiatan yang Berbarengan dengan Anniversary yang ke 2 MMC Outsider’s Indonesia Jambi Chapter. Dihadiri dari berbagai komunitas dan klub motor yang ada di provinsi Jambi.

Tujuan diadakannya kegiatan ini agar masyarakat umum dan khususnya para pembesut motor ini menjadi panutan dan ujung tombak dalam hal pelestarian dan penyelamatan satwa langka dari perdagangan dan perburuan liar,  yang saat ini hanya tersisa sekitar 400 ekor. Indonesia sendiri sebenarnya memiliki tiga subspesies atau ras harimau, yang pertaman harimau Jawa (Phanthera Tigris Sondaica) diyatakan punah pada tahun 1970, yang kedua harimau Bali (Phantera Tigris Balice) diyatakan punah pada tahun 1937 dan yang terakhir harimau Sumatera (Phanthera Tigris Sumatrae). Dari ketiga jenis atau ras harimau tersebut hanya tersisa harimau Sumatera saja saat ini. Sangat disayangkan apabila harimau Sumatera ini ikut punah juga, siapa lagi jika bukan kita yang memulainya untuk tindakan pelestarian dan penyelamatan harimau tersebut. Yang mana sudah jelas ini harimau khas dari Sumatera terutama Jambi yang masih memiliki kawasan hutan yang masih di huni oleh harimau tersebut.

Kenapa Harimau Sumatera harus dilindungi? Ada beberapa aspek yang melatarbelakanginya,

  1. Aspek Ekologi

Regulasi Biologi

Sebagai puncak rantai makanan yang mampu mengontrol populasi satwa mangsa dengan interaksi pemangsa.

Indikator Biologi

Sebagai indikator habitat (sistem penyangga kehidupan) untuk menjamin fungsi hutan.

  1. Aspek Ilmu Pengetahuan
  • Dapat mengetahui populasi, sebaran dan prilakunya dialam liar
  • Dapat mendeteksi satwa lain yang sulit di jumpai, seperti tapir, kucing dampak dll.
  1. Aspek Sosial Budaya
  • Dibeberapa daerah, harimau Sumatera sangat dihormati, ditanah Batak harimau disebut ompung, sedang di Padang dan di Jambi disebut Datuak dll.
  • Diceritakan sebagai pemeran utama dalam berbagai kisah bijak dan cerita rakyat.
  1. Aspek Ekonomi
  • Berperan dalam menjaga hutan yang merupakan paru-paru dunia
  • Pengontrol keneradaan populasi babi hutan ( satwa pemangsa) sekaligus hama bagi masyarakat sekitar karena dapat merusak lahan pertanian.
  1. Aspek Hukum

Nasional

  • UU No. 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya.
  • UU No. 41 Tahun 1999 tentang kehutanan
  • UU No.13 Tahun 2014 tentang pencegahan dan penanggulangan kerusakan hutan
  • Peraturan Menteri

Internasional

  • Convention International Trade in Endongered Species of Wild Fauna and Flora (CITIES)
  • Convention on Biological Diversity (CBD)
  • World Heritage Convention – UNESCO
  • ASEAN Agreement on the Conservation of Nature and Natural Resources 1985
  • Kerjasama bilateral Indonesia dengan beberapa negara sahabat terkait konservasi satwa liar

Terang Fenilia.S.Pdl selaku Panitia Pelaksana dan perwakilan dari Lembaga ZSL Jambi.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan Walk For Tiger, yang mana di buka oleh Asisten 2 Gubernur Jambi Bpk. Ir. Agus Suharyo dan di ikuti dari kalangan aktivis dan penggiat pelestarian harimau Sumatera serta masyarakat umum. Penyebaran brosur yang berisikan tentang edukasi dan pelestarian harimau Sumatera. Lomba Face Painting dan Pembagian doorprice perserta Walk For Tiger dan acara hiburan. Pada pukul 14.00wib dilanjutkan dengan kegiatan Ride For Tiger dan Ceremony Aniversary 2nd MMC Outsider’s Jambi Chapter, kegiatan ini diikuti kurang lebih 250 Rider dari berbagai komunitas dan klub motor yang ada di Jambi. Rolling thunder start dari halaman gedung senam kota baru Jambi, melintasi jalan protokol Thehok dan kawasan pasar kota Jambi setelah itu finish menuju halama parkir RRI di depan kantor gubernur Jambi.

Setelah kegiatan Ride For Tiger selesai, peserta di arahkan menuju pusat kegiatan di halaman air mancur depan kantor Gubernur Jambi sembari disuguhi welcome drink dan snack dari panitia. Atusias peserta rolling thunder yang ramai-ramai foto bersama dan menandatangani spanduk dukungan akan pelestarian dan penyelamatan harimau Sumatera. Ini merupakan wujud support biker Jambi akan pentingnya pelestarian satwa langka dan dilindungi. “Meskipun baru dimulai diatas spanduk, akan tetapi efeknya dari edukasi yang singkat ini mudah-mudahan bisa menyebar luas,” tutup Zein Gaharock selaku Head MMC.Outsider’s Jambi Chapter.

Bravooo… met milad yang ke 2 tahun MMC Outsider’s Jambi Chapter semoga semakin solid dan tetap pada komitment selalu peduli akan lingkungan dan alam sekitar.

Alamat Sekretariat MMC. Outsider’s Jambi Chapter

Sarang 1: Jl. Dr.Purwadi Lorong Serumpun No 21 Kelurahan Kenali Besar Kec. Alam Barajo Kota Jambi

Sarang 2: Jl. Nusa Indah II No 34 RT.31 Kelurahan Simpang IV Sipin Kecamatn Telanaipura Kota Jambi

Contac Person:

Hp/WA 0852-6692-1388 Arief (Wings Guard),

Hp/WA 0813-7769-1066 Zein Gaharock (Head Jambi)

 

By: Jhon Deer

 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: