Fri. Dec 6th, 2019

READ AND RIDE Melek Literasi Kaum Bikers by : Iwan Rasta

Sebagai bikers yang hidup di era tahun 2000-an, tentu haruslah dituntut untuk lebih cerdas dan peka dengan keadaan politik-sosial-budaya di sekitar kehidupan kita. Salah satu cara untuk mencerdaskan bikers adalah dengan membaca. Baik itu berupa majalah, buku, maupun surat kabar dan situs-situs on line.

Banyak sekali buku-buku tentang dinamika/sejarah bikers dari klub-klub besar dunia (umumnya kaum “one percenters”) yang dicetak dan diterbitkan oleh penerbit-penerbit di Amerika dan Australia.
Muncul pula penulis-penulis buku terkenal dan termasuk dalam kategori “best sellers” seperti : Yves Lavigne, Hunter S.Thompson, Kerrie Droban, Arthur Veno (The Mad Professor), Jay Dobins, Alex Caine, ataupun dari kalangan internal klub itu sendiri, misalnya : Sonny Barger, Chuck Zito (Hells Angels MC) dan Ruben ‘Doc’ Cavazos (Mongols MC).

Membaca buku-buku karangan mereka sangatlah menarik. Banyak pelajaran, pengetahuan dan pesan yang didapat dari buku-buku tersebut yang rata-rata tebalnya hampir 400 halaman.

Kebanyakan berisi tentang biografi klub, kisah perjalanan hidup si penulis, dan tentu saja fakta-fakta terpendam yang selama ini luput dari perhatian publik, dan hanya di kalangan internal mereka saja yang tahu.
Berbagai kisah tentang “camaraderie”, heroik, petriotik dan bahkan aib sebuah klub juga secara gamblang ditulis semuanya disana.

Ada cerita tentang klub yang bernyali gede (hanya seorang diri saja -dengan memakai colors kebanggaannya- berani menghadiri riungan klub rival mereka yang dihadiri oleh ratusan anggotanya), Surat yang ditulis oleh salah seorang petinggi klub yang ditujukan kepada Presiden Amerika Serikat tentang kesediaan dan kesiapan para life member mereka untuk maju ke medan perang demi membela bangsa dan negara, sampai kisah pembunuhan massal antar anggota/chapter salah satu klub di Kanada, juga infiltrasi/penyamaran polisi dan agen FBI yang masuk ke lingkaran paling dalam sebuah klub motor yang dicurigai sering melakukan aksi-aksi kriminal yang terorganisir.

Selalu saja ada hal-hal baik dan buruk yang harus kita ketahui tentang sebuah klub motor. Bagaimana sistim perekrutan anggota barunya, jenjang struktural klub, kode etik, dan cara menjalankan sebuah organisasi yang baik, rapi, sistematis dan sesuai dengan garis komando ala militer. Maklum saja, banyak sekali pendiri sebuah klub motor di Amerika adalah mantan tentara atau veteran perang Vietnam yang ingin berekspresi dengan bebas setelah purna tugas membela negara tercintanya.

Dari situlah kita mendapatkan pencerahan tentang sebuah klub motor dengan sisi positif dan negatifnya. Dan semua itu akhirnya berpulang kepada kita, kepada kecerdasan masing-masing individu bikers. Tidak ada yang salah dengan kita membaca buku, apalagi buku tersebut berbahasa asing. Akan sangat banyak manfaatnya.Lagipula, ada pepatah bijak yang mengatakan bahwa : “Buku adalah jendela dunia.”

Mari kita tingkatkan budaya membaca di kalangan bikers tanah air.
đź“š

Follow IG@ridingreads dan FB riding read

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: