Sat. Oct 31st, 2020

Perlu Tahu Nih

DAHYAT…Rantai Motor MotoGP Kuat Menanggung Beban Empat Ton

By Nandar Haydell

Rider kadang berimajinasi…misal perasaan ngeri gimana jika ujug- ujug rantai motoGP putus dan terselip diantara gir belakang saat melaju di 300-an km per jam? Busyet pasti fatal kan? Jadi penasaran juga nih menyimak serba serbi rantau motogp. Yuk ah!

Lets start! Keseruan soal MotoGP mulai dari ban, perangkat elektronik, suspensi dan sasis hingga fans dan kelakuan rider sudah biasa ter ekspos. Padahal ada satu perangkat komponen terbilang vital menentukan motor sekencang apapun di MotoGP tanpa dia tidak akan bisa start dan berlari. Seluruh peserta MotoGP total menggunakan rantai sebagai penerus power mesin ke roda belakang, sama halnya dengan motor harian yang bertransmisi semi otomatis dan manual.

Tentunya porsi rantai untuk pacuan MotoGP harus sanggup menanggung beban tenaga mesin spesifikasi MotoGP rata-rata minimal 220 hp. Portal ini menyimak artikel jurnalis senior Motorcycle.com bernama Neil Spalding.

Pebalap sekaliber Valentino Rossi biasa mempercayakan Yamaha M1 nya menggunakan rantai DID jenis ERV3  ukuran 520 – 525 dengan jarak antar pin 5/8 inchi dan lebar bagian dalam ¼ atau 5/16 inchi. Rantai tersebut dipasangkan dengan sprocket gear terbuat dari Titanium dengan masa penggantian setiap 500 km.Sprocket Titanium memang diciptakan khusu untuk balap MotoGP, Superbike dan kejuaraan dengan spesifikasi mesin mendekati 220 hp. Untuk pasar umum jangan harap mendapatkan jenis sprocket titanium yang kabarnya dibuat secara khusus dengan pengerjaan home made.

Sproket dan rantai memperoleh tekanan dan tarikan paling besar adalah saat launch control atau pada saat start. Tingkat tekanan dari power mesin MotoGP kepada sprocket dan rantai mempunyai beban lebih ketika start, keluar tikungan dan trek lurus atau street.

Mengapa mengawinkan jenis rantai DID ERV3 dengan sprocket titanium, selain ringan jauh lebih kuat dari alumunium. Tingkat presisi materialnya lebih padat dengan kontur serat lebih kokoh dan fleksibel. DID ERV3 sendiri punyai kekuatan dan durabilitas diangka pengukuran  8.660 Pounds Tensile Strength  setara kuat mennaggung beban empat ton.

Kekuatan spesifikasi material DID ERV3 8.660 Pounds Tensile Strength dalam ilustrasinya mampu mengangkat dan menggantung dua unit jenis mobil dengan berat kendaraan2000 kg.  Rantai dengan berat total  3,3 pon  atau 1,5 kg  per 100 mata rantai adalah jenis rantai yang menggunakan jenis X ring. Mengapa dipilih jenis Xring, karena pabrikan rantai menjamin kekkuatan, tingkat durabilitas dan pelumasannya dua kali lebih hebat dari jenis rantai O ring. Untuk pelumasan rantai X ring setial 300 mil dengan cairan khusus sesuai spek rantai. Tingkat stress rantai dan sprocket begitu tinggi meladeni power mesin motor MotoGP, sama streesnya mencari sprocket titanium untuk dipakai harian. MM

Sumber : Motorcycle.com

 

 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: