Sat. May 15th, 2021

PEMBULUH DARAH TEPI, Penyakit Rentan Serang Bikers, By Isfandiari MD

Istilahnya  Trombo Angitis Obliterans dan bahaya buat bikers.  Pembuluh-pembuluh darah di tepi menyempit hingga sirkulasi darah kita terganggu. “Akibatnya pembuluh darah balik yang menuju ke jantung akan terganggu dan bukan tak mungkin rider akan mengalami gangguan kesehatan bahkan stroke,” wanti dr. Aviandy Sukarto, Msc. SpKP.

Makin parah buat bikers yang doyan minum alkohol. Zat ini bikin  fungsi hati menurun atau sering disubuh hepatitis alkoholik. Pembuluh darah juga menjadi kaku.”Normalnya saat tekanan darah naik pembuluh darah akan melebar dan sebaliknya, tekanan darah turun pembuluh darah menyempit. Nah pembuluh darah para alkoholik  tidak fleksibel belum lagi kesadaran yang kurang,” jelasnya lagi.

Untuk itu kita wajib waspada. Supaya peredaran darah lancar, waspadai riding gear kita. Di bagian bawah, pilihan sepatu yang terlalu sempit atau kaos kaki yang menjepit terlalu kencang bisa berbahaya. “Apalagi di tangan! Pembuluh darah tepi di pergelangan sangat rentan terhambat jika memakai kaos tangan yang menjepit sekitar nadi. Contoh para chopperis yang sarung tangannya pendek tak menjepit nadi. Nah itulah yang baik,” jelasnya.

Gejala terjepit bisa dirasakan.”Beberapa mengeluhkan ujung jari mati rasa atau kesemutan saat riding jauh. Rider harus berhenti sejenak, membuka sepatu utuk menginjak-injak bebatuan, menghangatkan ujung-ujung tangan dan lain sebagainya,” katanya. Helm jangan kesempitan apalagi terlalu berat.Kesempitan sirkulasi darah ke otak akan terganggu. “Jika terasa menekan, berarti helmnya memang tak ideal dan jangan dipakai lagi,” wantinya. Helm berat  akan dirasakan tulang leher. Rider akan meras nyeri, leher kaku sampai krepitasi (berbunyi gemeretak saat digerakkan. Ada juga saat bangun tidur linu sampai tidak bisa nengok. “Pas dirontgen bisa terjadi pengapuran arthrosis cervicalis,” ulasnya. Tuh!

IKLAN

Penikmat Literasi silakan mambaca buku ini…

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: