Thu. Oct 1st, 2020

Nyiksa Honda ADV 150 Bandung – Batu karas by Satryo

Sabtu-Minggu (14-15) kemarin RR beruntung bisa nyobain langsung sensasi skutik adventure pertama di indonesia Honda ADV 150 yang di support oleh main dealer DAM ,start Sabtu pagi dari kawasan pasteur bandung menuju garut via by pass menuju Nagrek .

Belum lama riding RR sudah di suguhkan lampu merah dan kemacetan khas kota bandung ,untuk seukuran motor gambot si ADV ini mudah di kendalikan berkat stang lebar yang khas motor penjelajah ini. Terbukti tujuan AHM meluncurkan motor ini agar konsumen dapat menikmati kondisi beragam jalan yang ada di Indonesia dengan berkendara yang menyenangkan,jadi kondisi sepadat apa pun masih bisa selap selip .

Lanjut selepas Cicalengka, Nagrek sampai masuk Garut kota kondisi lalu lintasnya menanjak dan banyak stop and go, pikiran RR pasti motor se besar ini bakal lemot di ajak berakselerasi , tapi berkat mesin 150cc, berpendingin cairan, eSP dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI, tenaga dari putaran bawah ke atas terisi terus makin enak betot gas terus.

Kalo betot gas terus boros dong ? eits nanti dulu …ini dia kelebihan Honda Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda ECE R40 EURO 3, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 46,6 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak hingga 373 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Jadi walau pun full geber tetep irit dan gak usah bulak balik isi bensin.

Jalur garut singaparna RR bisa merasakan asik nya ini motor ,di ajak nikung nurut banget , sempet khawatir sih karna ban bawaan nya yang model dual purpose takut licin di aspal tapi ternyata engga, gak ada gejala sleding sedikit pun, lanjut dari Singaparna belok kanan arah Cikatomas via Salopa jalan yang di dominasi jalan desa ber aspal dan sebagian beton serta ada beberapa bagian jalan ancur, karna jalanan nya mulus dan sepi RR sempet nyobain gas pol sampe tembus 110 km/jam tapi gak lama karna jalannya yang tiba tiba belok panic juga, pencet tuas rem dua duanya dan motor berhenti langsung, ini berkat di pasangnya cakram model wavy disc brake sebesar 240mm pada roda depan dan sebesar 220 mm pada roda belakang memberikan kestabilan dalam melakukan pengereman dan tampil an nya pun makin sporty ,oh ya ada yang keren lagi nih Honda ADV150 telah dilengkapi pula dengan fitur ESS (Emergency Stop Signal) pada tipe ABS.

Dimana ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak, sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan tabrak belakang .
Setelah menempuh jarak -+ 200 km akhirnya sampe juga di batu karas ,tapi perjalanan sejauh itu ga kerasa capenya ..mungkin karena sokbreker belakang type twin subtank rear suspension jadi memberikan kenyamanan dan kestabilan yang optimal pada saat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan. Penggunaan tapered handle bar dan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 – 14 (depan) serta 130/70 – 13 (belakang) semakin memberikan kesan gagah dan tampil beda ..bersambung …

Follow FB dan IG @ridingread

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: