Tue. Nov 12th, 2019

Nostalgia Journal Journey Vietnam, NEGRI SEPATRIOTIK INDONESIA….! By Isfandiari MD

Buat saya Vietnam adalah negeri yang sangat patriotik sama halnya dengan Indonesia. Paman Ho atau yang terhormat Ho Chi Minh sangat mengispirasi dan setara pemimpin kita Ir. Soekarno dalam memperjuangkan Vietnam dari Perancis.

Paman Ho juga juga terbilang hebat saat berjuang dengan rakyat berperang dengan Amerika serikat dan menjadi Negara sosialis kuat sampai saat itu. Atau kisah biksu Thich Quang Duc (1897-1963) yang rela membakar diri sebagai ujud protes atas penganiayan penganut Budha di era pemerintahan Ngo Dinh Diem. Beruntung saya menatap patungnya di kuil Bai Dinh, 2.5 jam dari kota Hanoi. Saya teringat tulisan sebagai kata-kata terakhirnya sebelum membakar diri:
Sebelum menutup mataku dan mendekatkan diriku kepada Buddha, dengan penuh rasa hormat aku meminta kepada Presiden Ngo Dinh Diem untuk menunjukkan sedikit rasa belas kasih kepada rakyat dan memberlakukan kesetaraan agama untuk mempertahankan kekuatan negeri ini selamanya. Aku juga memanggil mereka yang dimuliakan, mereka yang terhormat, anggota-anggota sangha, dan Buddhis awam untuk secara solider melakukan pengorbanan dalam rangka melindungi Buddhisme….

Bareng rekan dari Astra Honda Motor
seru!

Inilah penggalan pengalaman saya saat sowan ke Vietnam di 13-17 Desember lalu barengan tim Honda dalam ajang Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2016 di Vietnam (14-16/12). Banyak kesan yang didapat. Selain tim kita dapat juara 2 di perorangan dan beregu, kota Hanoi tempat gelaran juga terekam dalam ingatan. Lalu lintas Hanoi termasuk krodit bersaing dengan Jakarta. Motor listrik dan berbahan bakar besaing berebut jalana yang padat di hari sibuk. Helm? He..he..lebih bebas dari Indonesia. Di sini warga terbilang cuek, ada yang tanpa helm dan mayoritas helm cetok. Jarang sekali kita berpapasan dengan rider berhelm full face. Ya, ada sih beberapa, terutama mereka yang pakai moge berkecepatan tinggi membelah daerah gaul Hanoi.

Di Desember ini udara sudah sangat dingin. Di siang hari beberapa turis asing barengan tim kami turing ke daerah daerah wisata di sekitar Hanoi. Yang suka bernostalgia lihat motor jadul, disinilah tempatnya. Bule enjoy aja naik Astrea Star, Honda Win menembus dinginnya udara. Katanya bertahun lalu masih banyak motor rider item semisal Jawa (Janecek Wanderer-Buatan Checoslovakia). Tapi saat itu saya kurang beruntung berjumpa dengan varian klasik ini. Saat menuju objek wisata danau Tran An, saya banyak bertemu dengan turis yang riding menembus dingin pakai Astrea Star atau Honda Win.
Oh ya kapan-kapan brothers boleh jalan-jalan ke wilayah ini.harga-harga di sana relatif lebih murah dari kita. Dijamin enjoy deh!





Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: