December 9, 2021

?

NGK Berpesan Jangan Lupakan Kondisi Busi

 

 

bikers jangan lagi lupakan kondisi busi

Pahami Fungsi Busi dan Perawatannya

teks-poto by nandar radjanolis

RidingRead – Fungsi Busi atau spark plug sebagai sumber percikan api pada ruang bakar hasil perbandingan bahan bakar dengan udara yang diatur oleh sistem. Hasil dari pengaturan pada sistem pengapian diteruskan oleh busi NGK dalam menghasilkan percikan dan loncatan api sempurna dan cenderung stabil. Percikannya tersebar  secara merata dengan jarak yang sama, sehingga pembakaran lebih maksimal.

NGK adalah legenda busi di dunia yang telah melampaui berbagai masa teknologi. Hingga kini, busi NGK lebih mnyempurnakan untuk bersinergi dn berkualitas tinggi dengan teknologi mesin terkini. Artinya semua jenis kendaraan dengan basis teknologi apapun  cocok menggunakan busi  NGK sesuai tipenya.

Kini NGK telah memasarkan jenis produk Iridium baik untuk aktifitas kendaraan harian dan kompetisi. Tipe iridium ini selain berumur lebih panjang juga lebih maksimal meredam tingkat temperatur mesin kendaraan. Artinya, maksimal menghasilkan percikan api lebih stabil dalam membakar habis campuran bahan bakardengan udara. Busi NGK di desain dengan jarak titik api lebih presisi berikut dukungan material iridium, platinum dan lainnya.

NGK telah menyiapkan produknya dengan perhitungan matang berbagai kebutuhan kendaraan. Tentunya harus di imbangi dengan pengetahuan dalam memperlakukan busi. Ada dua faktor menjadi patokan dalam mengganti busi yaitu jarak tempuh ( kilo meter ) penggunaan dan faktor kerusakan.

Ternyata anjuran agar percikan api tetap stabil dan presisi, busi wajib di ganti ketika mencapai jarak tempuh 20.000 km untuk mobil dan 6.000 km untuk sepeda motor. Atau alternatif untuk menjadi rujukan mengganti busi sesudah dua kali ganti oli mesin.” Busi idealnya wajib diganti dengan jarak tempuh ideal sesuai standar NGK karena telah titik jarak tempuh yang berbarengan dengan performa busi yang mulai berkurang di jarak tersebut. Meskipun fungsi busi masih bisa dipakai, namun soal performa yang menurun dan jika dibiarkan akan menggangu sistem kelistrikan dan tentunya menggangu kenyamanan berkendara, “ jelas Diko Oktaviano Technical Support NGK Busi Indonesia.

Seiring usia pemakaian busi yang indetik dengan titik awal busi tentunya akan mengalami erupsi atau merenggangnya celah busi atau gap nya. Dengan jarak pemakaianakan berpengaruh daya percikan ke proses pembakaran. Apa jadinya jika busi sudah kurang layak digunakan tetap dipakai tentunya akan menemui permasalahan seperti ini : Idle mesin yang tidak stabil, akslerasi menurun, sangat sulit di starter dan konsumsi BBM semakin boros.

Sebaiknya dalam hal perawatan busi, wajib memahami celah busi. Jika celah busi di abaikan  mengakibatkan efek krusial pada mesin. Kerugian lainnya adalah menggangu komponen dan battery. “ NGK informasikan Selain jarak tempuh, busi perlu diganti jika celah antar elektrode busi telah bertambah 0,2 mm dari standarnya. Misalkan celah busi sesuai rekomendasi adalah 0,8 mm, jika celah elektrodenya menjadi 1,0 mm atau bahkan lebih, artinya busi perlu segera diganti. Karena semakin jauh jarak antar elektroda dan menuntut suplai tegangan listrik ke koil lebih besar dari biasanya. Kemudian efek lainnya yang lebih krusial memaksa kinerja dinamo ampere tidak ada jeda atau bekerja terus menerus. Akibatnya beban mesin semakin semakin berat dan menyebabkan boros bahan bakar.

Sebaiknya jangan menunggu mesin brebet dan kurang performanya baru mnegganti busi. Lakukan secara berkala, agar performa speda motor tetap terjaga dan tidak menggangu aktifitas. NGK juga berpesan Setiap dua kali ganti oli, idealnya pemilik kendaraan harus sekali mengganti businya. Kapan sebaiknya dilakukan penggantian berkala tersebut, bisa dicek di buku manual kendaraan.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: