Fri. Sep 20th, 2019

NGETRAIL ASYIK BARENG BAGJA TRAIL ADVENTURE MASUK JALUR..NIKMATI DATARAN TINGGI BANDUNG…ENJOY DAN HAPPY.. By Isfandiari MD

….”Punya hutang, stress kerjaan, banyak masalah, badan pegel, kurang fit dan banyak lagi , dijamin hilang kalau ikutan ngetrail sama kami. Nih  bonusnya, mendengarkan saya nyanyi puluhan lagu..ha..ha..ha.. -Sopi ‘Agan’ Sinarna (senior Bagja Trail Adventure)

Sang penyanyi jalur..Mang Agan

Walau suka becanda dan selalu happy, ocehannya benar 100 %. Sepanjang jalan, senior Bagja ini menghibur tim kecil kami yang dipimpin road captain Agus Joy salah satu legend trail-adventure Bandung Timur. “Seru khan? Kami memang suka sekali kegiatan ini. Semuanya happy dan enjoy, apalagi lansekap Bandung Timur layak dinikmati,” tambah Boy Hendraningrat yang juga tokoh trail. Dia yang ngajak ridingread.com bareng di tim ini (30 Juni 2019). Thanks kang!

Mang Oboy mengajak putra sulungnya.”Anak-anak bisa dibonceng pemandu profesional untuk menikmati jalur”

Ridingread.com with Bagja Trail Adventure.Thank’s all bro!

Start siang ba’da dzuhur, kami hang out ngopi sejenak di  club house Bagja Trail Adventure kedialan kang Agan, menunggu rekan-rekan lain. Menjelang sore kami sudah ngegas ke dataran tinggi Bandung Timur. Nggak Cuma jeje’el doang dong! Ada misi keren yang kami emban.  Bocoran gosip bolehlah! Bagja Trail Adventure diajak kerja bareng ridingread.com dan Bhakti  Bumi Nusantara bikin kegiatan keren memperkenalkan lansekap Bandung pada semua orang lewat paket perjalanan.”Nah, masuk jalur ini sekalian survey jalur, gambaran tingkat kesulitan, apa aja yang bisa diakomodir, fasilitas penginapan, camping ground dan banyak lagi,” jelas Boy Hendranigrat, kordinatornya.

Agus Joy..the road captain
Tempat rehat yang recommended…

Ok..ok..dari club house, kita langsung naik menuju bukit. Wah, warga Bandung memang dapat binus banyak dengan hadirnya lansekap kota mereka. Nggak perlu jauh-jauh, dari ‘peradaban’ padat kita langsung masuk hutan dan zona sepi nan tentram di ketinggian. Kami terus menelusiri jalan-jalan off road, menyelip diantara Gunung Manglayang dan Gunung Palasari. Sebelumya mampir dulu di bumi perkemahan Batu Kuda di kaki Gunung Manglayang.”Di sini plannya untuk makan siang mereka yang mau  nyoba jalur atau kemping,” reka Oboy, panggilan akrab Boy Hendraningrat. Nah, setelah menikmati hutan pinus, rombongan terus naik lagi menelusur perbukitan terjal untuk ada di lereng antara Manglayang dan Gunung Palasari. Udara sangat dingin, terlebih saat itu Bandung sedang alami kemarau Panjang jadi suhu sore menjelang malam menusuk tulang.

    Destinasi lain adalah masuk ke Kawasan pabrik Kina peninggalan jaman Belanda. “Ini lokasi bersejarah! Dan..jadi salah satu alasan pendatang Eropa menjajah Indonesia. Sumber daya pohon Kina berlimpah disini, diolah menjadi obat dan di sebar ke seluruh dunia. Nah, keberadaan pabrik ini belum banyak diketahui orang awam. Kita ingin memperkenalkannya sebagai objek wisata edukatis di wilauah Bukit Tunggul yang masuk Kawasan Bandung Barat,” jelas Oboy lagi.

    Sayang , saat sampai di sini, hari sudah malam. Tapi kebayang, pagi-siang-sore akan sangat indah karena suasananya masih asli dan klasik. Kita seperti diajak ke masa lalu saat Bandung dijuliki Preanger Planters (tempanya para mandor kebun nan kaya fraya) dan merasakan bagaimana julukan Paradise I  Exile (Surga di Pembuangan) ini terasa kembali.

    Moga planning dari Bagja Trail Adventure, ridingread.com dan Bhakti Bumi Nusantara tercapai. Support deh! Sukses kalian semua!

Follow IG:@ridingreads dan FB riding read

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: