Sun. Jul 5th, 2020

NEW NORMAL MMC OUTSIDERS BOGOR-JAKARTA GUNUNG BUNDER DAN PRASASTI BATU TULIS CIAREUTEUN-OTOKRITIK PEMERINTAH BOGOR ATAS PENANGANAN SITUS SEJARAH By Isfandiari MD

……. vikkrantasy avanip ateh
^rimatah purnnavarmmanah
tarumanagarendrasya
vishnoriva  padadvayam
 
“(Bekas) dua kaki yang seperti kaki Wisnu itu adalah kaki Yang Mulia Sang Purnawarman, raja di negeri Tarumanegara, raja yang gagah berani di dunia “…….

Apa boleh buat, new normal yang bau saja dialami Sebagian wilayah disambut antusias die harder, termasuk MMC Outsiders Indonesia,  Bogor dan Jakarta Chapter. Lewat prakarsa Hary Novaro Rambing dewan senior mereka ising gas tipis menuju Chapter Bogor dan disambut antusias head (presiden chapter) mang Wahyudi alias Bonar dan life membersnya. “Hadir juga mastermind mang Lion dan head Jakarta kang Bagoes  memboyong life members Jakarta lainnya, mang Jawir, Glen, Tangkil dan banyak lagi,” jelas Rambing.

Riding dekat-dekat ini bukanlah moment format klub secara structural,”Hanya kangen ngegas aja, ditebar di WA..siapa yang mau ikut hayukkk,” enteng Bonar.  Memang seru dan ngangenin! Nggak ada prosesi resmi opening dan lainnya, mengalir natural aja, ngegas seru..hang out ..enjoy dan saling menikmati desain motor brothersnya (Sabtu/6 Juni 2020).

Oh ya, zona Gunung sudah rameee banget! Sipnya petugas tetap mewajibkan semua yang bertandang memakai masker pas masuk dan beli tiket. Di sana mereka bisa menikmati beberapa objek wisata alam Air terjun (Curug) Cilember, Sigamea, Cihurang, ngumpet, Luhur, Seribu dan banyak lagi. Kaki gunung Halimun  Salak ini memang kaya dengan air terjun dan sumber air panas yang bikin kangen.

Enjoy hang out life members bergeser lokasi. Sebagian anjangsana ke kediaman head Bogor..sebagian mampir ke rumah head Jakarta di Pamulang, dan ada juga yang lanjut wisata sejarah nggak jauh dari sana, Prasasti Batu Tulis Ciareuteun,..sebuah situs sejarah penting kerajaan Tarumanagara.

    Sebuah otokritik pantas disampaikan kepada pemerintah Bogor. Prasasti penting ini kurang dikelola dengan baik . Petunjuk menuju lokasi minim, tempatnya terpencil masuk ke gang sempit rumah penduduk dengan prasarana ala kadarnya. Padahal, peninggalan sejarah ini sangat penting! Batu bertulis ini adalah momentum penobatan raja Purnawarman, penguasa tertua di Jawa Barat dengan angka tahun 395 masehi. Buat warga Jabar, ini adalah bukti kuat eksistensi kerajaan Tarumanagara selain Prasasti Kebo Kopi, Prasasti Jambu, Prasasti Cidangiang, dan Prasasti Tugu. Kerajaan ini adalah kerjaan Hindu tertua di Nusantara.

Buat brothers yang concer dan tertarik, monggo mampir ke lokasi ini dan merasakan sendiri  bagaimana lokasi yang begitu penting ini tidak ideal dalam pemeliharaaannya. Di sana terdapat sebongkah batu endesit  Tinggi: 151 cm, Diameter atas: 72 cm, Diameter bawah: 134 cm. Goresan berupa sepasang tapak kaki dan lukisan laba-laba yang dipahatkan di atas huruf. Tulisan terdiri dari 4 baris dituliskan dalam bentuk puisi India dengan irama anus tubuh. Dalam prasasti ini terdapat 2 telapak kaki yang yang disamakan dengan dengan tapak kaki Dewa Wisnu.
Berdasarkan isi prasasti dapat diketahui tiga hal yaitu: nama kerajaan Tarumanagara, nama raja Purnawarman dan (mungkin) dewa yang di-pujanya Wisnu. Tidak ada tanda-tanda yang menunjuk lokasi keraton. Hanya saja dapat dipastikan, daerah tempat ditemukannya tentu termasuk kawasan Tarumanagara. Prasasti ini tidak memuat pertanggalan dan dari bentuk tulisan diperkirakan dibuat pada abad ke-5 M.

    Serunya, ada  misteri yang ada dalam prasasti ini. Ukiran huruf ikal yang unik dan ada lambing Laba-Labadi depan jejak kaki. Muncul berbagai teori.., , ada yang menduga sebagai labah-labah lambang kekuasaan yang menguasai raja-raja daerah dengan “jaring-jaring benangnya”; ada yang menduganya sebagai lambang “matahari kembar”, atau lambang persatuan “surya-candra’ (matahari dan bulan). Tegasnya “huruf ikal” dan tanda “labah-labah” itu masih diliputi rahasia masa silam.

    Ayo all bikers kita sama-sama peduli dengan  eksistensi Prasasti ini, kunjungi dan hayati kejayaan masa silam sebagai tolok ukur, peradaban maju kita di masa kini dan mendatang. Salam bikers…Keep Safety dan healthy….!

Follow IG ridingreads dan FB Riding Read

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: