Mon. Oct 21st, 2019

Motor Legendaris

Gelar Legendaris, Dari Zaman Perang Hingga Dekade 90an

By; Fuad

 

Sejak 1903, ketika Arthur Davidson dan William Harley memutuskan untuk memproduksi secara massal hasil karya mereka, yaitu Harley Davidson. Hal ini menjadi tonggak awal kebangkitan industri otomotif khususnya sepeda motor di Dunia. Seabad berlalu, sepeda motor menjadi tren alat transportasi yang paling diminati oleh masyarakat modern.

Banyak sepeda motor yang sampai hari ini telah mendapat kangelar ‘legendaris’ dari para bikers. Contohnya sebagai berikut:

 

  1. YAMAHA XS 650 TWIN

Diperkenalkan  pada tahun 1968, kenapa Yamaha XS 650 Twin sebegitu legendaris dan menjadi incaran para bikers? Karena XS 650 saat itu digadang sebagai motor bermesin canggih dikelasnya dengan Twin Parallel besutannya. Bentuk mesin dan gearbox XS 650 bermodel split horizontal yang bertujuan untuk memudahkan perakitan. Sementara, motor ini pun beroperasi dengan katup Single Overhead Camshaft (SOHC) yang berbeda dari kebanyakan motor pada zamannya yang masih mengandalkan pushrod.

Diproduksi di Eropa dan Amerika sampai tahun 1985, lebih dari satujuta XS 650 dengan 40 varian yang terjual antara tahun 1970 sampai 1985. Bahkan diAmerika, XS 650 Twin berkembang menjadi sebuah kultur karena berbagai alasan tertentu. Apalagi, zaman sekarang para pecinta motor ini sampai membuat forum dengan media website untuk sekedar mengumpulkan dan bertukar pikiran seputar Yamaha XS 650.

Di Indonesia sendiri, Yamaha XS 650 ditenarkan lewat cover majalah Aktuil terbitan awaltahun 70an  yang memuat foto Gito Rollies sedang berpose  diatas tunggangannya, yaitu Yamaha XS 650 yang sudah dimodifikasi chopper.

 

  1. Kawasaki BinterMerzy

Ingatkah anda dengan film Warkop DKI yang berjudul Chipstahun 1982? Di situ kalian bisa melihat para aktor utamaDono, Kasino, Indro, mengendarai Kawasaki KZ 200 yang sudah dimodif bak motor polisi.

Kawasaki KZ 200 atau di Indonesia terkenal dengan istilah Binter Merzy. Sebelumnya, apa itu Binter? Binter merupakan singkatan dari ATPM PT.Bintang Terang yang bekerjasama dengan Kawasaki Jepang untuk memasarkan produknya di Indonesia.

Pada tahun 1980, motor yang berkapasitas 200cc ini pertamakali diperkenalkan dan sekaligus motor dengan kapasitas mesin terbesar.Karena saat itu pemerintah menetapkan regulasi bahwa hanya motor yang berkapasitas 200cc lah yang diperbolehkan untuk diproduksi secara massal di Indonesia. Namun, sayangnya sang legendaris harus diberhentikan produksinya ketika umurnya genap enam tahun mengaspal di jalanan Indonesia.

Pada awal produksinya,Binter Merzy masih menggunakan sistem pengapian konvensional yang disebut platina. Sampai tahun 1983, Binter Merzymengeluarkan seri terbaru dengan menggunakan pengapian CDI.

Para pencintanya terus menjaga keberadaan motor berbasis touring cruiser ini dari ancaman kepunahan dengan membuat suatu forum ataupun komunitas pencinta Binter Merzy, seperti Black Hawk Batavia, Jakarta Merzy Club Indonesia, Road Eagle Motorcycle, Mad Elephant, dan lain-lain yang tersebar di seluruh Nusantara.

  1. Harley Davidson Bigtwin

-Knucklehead Engine

Mesin Harley Davidson Bigtwin tipe Knucklehead diperkenalkan ke publik pada tahun 1936-1947, sebelum keluar tipe baru yaitu panhead. Selain desain yang klasik dan unik menjadikan power mesin ini sangat luar biasa. Mesin ini bergerak melalui dua silinder dengan posisi 45 derajat dan digerakkanoleh pushrod melalui katup overhead. Mesin tipe ini menjadi legendaris karena peredarannya yang tidak begitu banyak dan termasuk greatest ever motorcycle.

-PanheadEngine

Tipe mesin yang diporoduksi antara tahun 1948 sampai 1965 ini bentuknya hampir sama dengan tipe Knucklehead. Namun yang membedakan adalah dari segi tenaga yang dihasilkan lebih besar, yakni 50 sampai 55 dk. Generasi mesin panhead masih sangat dihormati di kalangan bikers penunggang kuda besi asal Amerika ini.

-Shovelhead Engine

Mesin tipe ini merupakan generasi terakhir tipe oldskool sebelum hadirnya evolution engine besutan Harley Davidson. 19 tahun beredar antara tahun 1966 sampai 1985, tipe ini berkapasitas 74 ci (1200cc) yang menghasilkan tenaga hingga 60 dk.

 

  1. Honda CB

Akhir-akhir ini Honda CBbanyak diburu oleh para bikers untuk dimodifikasi ataupun dikoleksi. Namun apakah kita mengetahui sejarah perjalanan sang legenda ini? Honda CB mulai dipublikasikan di Indonesia pada tahun 1971 dengan kode Honda CB 100 K1. PT. Federal Motorsaat itu ditunjuk sebagai ATPM yang bertujuan untuk merakitnya karena seluruh komponen yang diimport dari Jepang berbentuk completely knock down atau selurub komponennya masih terpisah dan selanjutnya akan dilakukan perakitan di dalam negeri.

Tersediaempat varian dengan tipe mesin berbeda diantaranya 100cc, 125cc, 175cc, dan, 200cc. Sepak terjang motor ini dalam kurun waktu 10 tahunantaratahun 1971 hingga 1981, berhasil menjual hingga 600 ribu unit. Dari segi model memang Honda CB ini tidak lekang oleh waktu atau timeless, buktinya masih banyak kolektor yang mencari bahkan sampai membentuk komunitas untuk sekedar bertukar pikiran atau menjaga agar motor ini tidak punah mengaspal di jalanan Indonesia.

 

  1. Suzuki TS

Motor segala medan pabrikan Suzuki ini memiliki satu silinder dengan kapasitas mesin 125cc. Tahun 1993, Suzuki TS masuk ke Indonesia melalui PT. Suzuki Indomobil Sales dengan tipe Suzuki TS 125 ER dan diberhentikan produksinya pada tahun 2005. Jadi, jika ditotal umur Suzuki TS ini hanya 12 tahun mengaspal di Indonesia.

Dari segi desain, TS 125 ER yang banyak dijual di Indonesia ini merupakan versi penyempurnaan dari pendahulunya, yaitu Suzuki TS Duster. Tipe ini telah mengadopsisok depan yang lebih tinggi dan suspensi belakang monosok.  Swing arm menggunakan bahan aluminum, sehingga ringan dan kokoh untuk menerobos segala medan.

Di sektor mesin, TS 125 ER telah dibekali dengan reed valve atau yang lebih dikenal dengan katup buluh. Berbeda dengan versi sebelumnya yang masih menggunakan tipe rotary valve. Selain itu, sistem transmisi juga sudsh 6-speed yang membuat tenaga lebih merata di setiap putaran mesin.

Beberapa tahunbelakanganini, Suzuki TS kembali harum namanya di kancah perburuan dan penjualan motor tua. Harganya pun terus bergerak naik dan terjadi lonjakan yang begitu dahsyat. Kenapa motor ini  masih banyak dicari? Bisa jadi, motor ini enak untuk diajak melumpur ataupun mengaspal karena memiliki sasis dan kaki-kaki yang ringan sekaligus kuat.

 

 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: