Thu. May 13th, 2021

Motogp Brno Ceko – Lorenzo Ganti Gaya Balap,Marques Salah Fokus Akhirnya Dovioso Raih Podium Tertinggi

Antara Kuncian Power akselerasi dan Pemilihan Ban

By : Nandar Radjanolis

Trio pebalap papan atas ini menjadi perhatian seru paska Valentino Rossi memimpin terdepan dalam beberapa lap. Adalah Andrea Dovioso, Jorge Lorenzo dan Marq Marquest memberikan tontonan atraktif dalam jarak antar motor yang rapat. Marquest dari awal memang fokus mengintai ketat Dovioso, tiba – tiba terpecah dengan kehadiran Lorenzo yang terus merangsek atau menyodok posisinya.

Apa sih yang membuat Ducati bernomot start #99 ini begitu agresif bermanuver tidak seperti biasanya pacuan motor balap Ducati. Penyebabnya selain power dan handling Ducati yang memang sedang top performance untuk musim MotoGP 2018 dan juga pemilihan ban depan dan belakang dua – duanya tipe hard compound.

Kunciannya perubahan karakter Ducati tercatat dari gaya balap Lorenzo bersama Ducati disaat seri Brno begitu lugas berkelok diluar kebiasaan motor Ducati. Tekanan dari Lorenzo terbilang halus dan menjadi perhatian publik penonton di sirkuit maupun layar kaca. Dengan gaya soft moving nya, killer insting Lorenzo lebih terlihat.

Dovioso dalam komentarnya juga menyebutkan keberhasilannya bersama Ducati di Brno adalah fokus pada power akselerasi yang disingkronkan dengan kecepatan dan lebih los meluncur. Tim Mekanik Ducati juga jeli memasang strategi menggunakan ban tipe kompon keras untuk lebih lugas mendukung setingan akselerasi yang di fokuskan untuk menjegal aksi Marques.

Lorenzo adalah bintang entertainment seri Brno membuka mengapa dia merubah gaya balapnya. Lorenzo bilang kalau dia memutuskan berlomba dengan strategi baru untuk mendukung hemat kompon ban dengan setingan power akselerasi besutannya. Lorenzo mengambil keputusan merubah gaya balap ketika mengetahui bagian ban depan sisi kanan lebih banyak tergerus aus. Aksi terbaru Lorenzo ini selain menghemat ban juga dia akui untuk menghemat energy dengan dibiarkan Ducati besutannya lebih bebas meluncur . Lorenzo juga mengakui perubahan gaya balapnya juga di kombinasikan pandangan untuk memanfaatkan moment untuk tetap menjaga posisi paling terburuk di jajaran ketiga.

Agresifnya Lorenzo dengan gaya balap barunya ini membuat fokus Marques  terpecah. Apalagi Dovioso tampil tenang dan rapat mempertahankan racing linenya.  Soal Rossi yang terlempar di posiis ke empat penyebabnya kurang pas memilih kompon ban, akibat disaat sesi latihan tidak mencoba kombinasi hard compound untuk depan dan belakan dari pengamatnan pakar ban, Brno Circuit memnag lebih cocok menggunakan ban hard compound. Hasil akhir ketenangan Dovioso membuahkan hasil meredam dominasi Marques dan akhirnya Dovi meraih podium pertama di sirkuit yang selalu menghasilkan juara baru dalam setiap serinya.

Picture by : motogp.com & crashnet

 

 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: