Thu. Oct 1st, 2020

Makna dibalik Colors MMC Outsiders Nationz

“MMC Outsiders itu nyeleneh, punya simbol perlawanan! Isinya kumpulan anak motor yang kaya akan ide, kretif,dan berfikir maju, mereka punya pandangan hidup yang berlawanan tak seperti pada umumya”

Tulisan ini, lahir dari rasa penasaran. Apa sih kerennya colors Club motor yang punya semboyan “Mama On The Top” itu? bagaimana sejarah adanya lambang club itu ? Kok Dengan PeDenya mereka pamerin di rompi kebanggaannya.

Ooks….Mendirikan Club Motor layaknya MMC Outsiders tak semudah menepuk jidad. Kisah Sejarah panjang Club ini dimulai pada tahun 1988. Dimana ada empat sekawan yang mempunyai motor bermerk sama, Binter Merzy. Mereka adalah Isfandiari (Lion), Gingin Kurnia, Adjie Jamhoer, dan Almarhum Widi. Kini, dalam club mereka menjabat sebagi Mastermind (Pendiri) atau biasa disebut DS (Dewan Senior). Mereka sepekat, jika club mereka kala itu diberi nama Merzy Motorcyle Club (MMC).

Baru di tahun 1989 MMC mempunyai logo Kang Isfan menyebut, dulu memakai logo bergambar Tengkorak dan sempat juga memakai Kepala Jin. Nah, apaan coba maksutnya ? Filosofinya apa? Hubungan dengan motor ? Monggo dibayangin Kapala Jin dijadin Logo club motor. Dasar kelawat kreatif! Hahaha peace.

Pada suatu ketika, menurut cerita kang gingin, sekitar tahun 1990-1991-an mereka bertukar pikiran di Wisma Purwosari. Saat itu, mereka menemukan dua ide colors, burung Kondor dan Matahari. Untuk burung Kondor sempat mendapat dukungan dari Bro Indra Bluse Mann, salah satu sesepuh modifikator handal. Sedangkan, alasan ide colors matahari, karena Binter Merzy merupakan produk jepang.

Dari kedua ide tersebut, akhirnya terjadilah sebuah sejarah besar, dimana para anggota club menyepakati Burung kondors dijadikan colors club motor mereka pada tahun 1992. Sempat terjadi mengenai tempat momen sakral itu digelar. Awalnya Versi Mang Gingin memberikan keterangan terjadi di Pantai Pangandaran, sedangkan versi Mang Oboy salah satu sesepuh Dewan Senior (DS) terjadi di Pantai Pameungpeuk. Namun pada akhirnya, mereka sepakat, peristiwa penting itu terjadi di Pantai Pameungpeuk. dengan dihadiri seluruh anggota club se Bandung. Waktu itu belum ada chapter. Akhirnya, colors itu didesign ulang oleh Kang Jefrey Kareem.

Nah disini, kang Jefrey Karem memberikan pendapat berbeda, ia menjelasakan, kalau di Pangadaran penetapan logo, sedangkan di Pantai Pameungpeuk merupakan tempat disepakatinya nama Outsider.

Pertamakalinya, burung kondor didesign seluruh badan. Yang kemudian didesign ulang menjadi kepalanya saja dan ditetapkan pada tahun 2005. Berbarengan dengan diresmikannya kembali setelah terjadi MMC Outsiders Reborn pada tahun 2001.

Perlu diketahui, club ini sempat mengalami kevakuman. Terjadi Reborn pada tahun 2001. Resmi berevolusi tagun 2005 menjadi MMC Outsiders dari yang semula singkatan dari Merzy Motorcycle Club menjadi Modified Motorcycle Club. Dari perubahan ini, club MMC Outsiders bisa menerima berwarna merk motor, asal sudah dimodif. Bahasa kerennya Custom Culture.

Kembali ke kondor. Lantas, apa hubungan burung kondor dengan club motor yang mereka dirikan ?. Apalagi, yang dipilih adalah burung Kondors. Gimana ceritanya? Kenapa kok bukan garuda, kelalawar atau perkutut gitu.

Begini, “…….Kondor adalah burung pemakan bangkai, artinya penyabar dan tidak mau memakan makhluk hidup”, jelas Iwan Rasta The First Presiden Of Jakarta Chapter (2007-2009). Sudah barang pasti para Mastermind mereka tak sembarangan memilih colors.

Pertama, Kondor adalah spesies burung Amerika Selatan dalam famili Cathartidae Hering Dunia Baru dan satu-satunya anggota genus vultur. Condor lebih suka berpesta hewan besar, satwa liar ataupun binatang ternak. Pada saat sedang berpesta bangkai, mereka sudah melakukan fungsi penting sebagai petugas kebersihan alami. Kedua, burung kondor mampu terbang sendiri atau secara kelompok. Ketiga, mampu hidup disegala macam cuaca baik panas atau dingin.

Nah itu artinya, tersimpan harapan besar dari colors itu, seperti, anggota MMC Outsiders mampu menjadi pribadi penyabar, tidak saling menjatuhkan antar sesama artinya tidak boleh menyakiti orang lain, saling berbagi antar sesama, mampu berdiri tegak baik sendiri ataupun berkelompok, maklumlah biasanya anak motor hobi main motor bareng, dan mampu hidup disegala kondisi.

Motor tua itu bisa dikatakan bangkai motor. Nah dari bangkai motor itu lahirlah ide-ide kreatif mereka. Tak heran jika mereka memilih burung kondor si pemakan bangkai. Karena kondor bisa memanfaatkan bangkai untuk dijadikan makanan bersama kawananya.

Belum selesei pada burung kondor. Di kepala burung kondor yang terpampang pada rompi ala budaya club motor america itu, terdapat ikat kepala berwarna merah. Apalagi nih maksutnya? Aneh-aneh aja.

Ikat kepala berwarna itu bermakna pemberani. Weeeeeiitzz….Namun, tetap kepala dingin jika mengahadapi masalah. Misalnya, pada peristiwa di Purwakarta tahun 2019, Back Patch MMC Outsiders dijiplak oleh club Rayap Aspal. Insiden tersebut berakhir manis, karena sebuah tindakan gantle man diperagakan bikers puwarkarta. Hal itu menjadi maklum, katanya bikers Rayap Aspal tidak mengetahui hukum dan kesakralan back patch. Nah, kejadian itu menunjukkan bahwa MMC Outsiders adalah pemberani dan memilih menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Respect brothers! Salut.

Masih ada lagi bro. Ini nyeleneh, masak ada burung dikasih cerutu. Katanya sih, itu merupakan simbol keeleganan. Ada-ada saja. Hahahah…..

Sekarang beralih ke makna lingkaran, pada lingkaran itu juga terdapat dua lancip, kanan dan kiri. Maknanya adalah keseimbangan, kesuksesan, dan kemapanan.

Dan yang terakhir, kalau ada yang bilang club ini berkiblat pada club motor amerika itu salah. “Kita nggak punya kiblat brooo….” seru Kang Gingin. Sebab ada perbadaan dari segi nama dan orientasi. Yang menjadi pembeda antara Outsiders dengan club motor lainnya adalah Kebanyakan club motor menggunakan singkatan “MC” (Motor Club), akan tetapi tidak dengan Outsider, mereka menggunakan “MMC” singkatan dari Modified Motorcycle Club”. Di awal berdirinya, club ini memang hanya sekumpulan penunggang Binter Merzy, yang kemudian berevolusi menerima motor merk lain, asal sudah dimodifikasi atau custom culture.

Perlu di catat! Pada rompi MMC Outsiders terdapat bendera merah putih, yang mencerminkan jiwa nasionalisme melekat dihatinya.

Dari sisi itu semua, menunjukkan bahwa MMC Outsider adalah club motor anti mainstream,selalu out of the box, dan different than outhers.

Sekilas padangan Brain Kang One Japs tentang club motor yang ia pimpinnya saat ini. Baginya, MMC Outsiders tak sekadar club motor, akan tetapi didalam Outsider tercipta pola pemikiran pembaharuan. Yang paling menonjol, anggotanya tidak mau diatur-atur orang lain, oleh sebab itu pandangan hidup di MMC Outsiders benar-benar aneh, “kita ingin membangun hidup dengan cara yang tidak umum” celotehnya. Semua orang bebas memilih cara menyalurkan hobinya, bebas melakukan kemerdekaan dan kebahagiannya, asal tidak mengganggu orang lain.

Lebih dari 31 tahun berdiri, MMC Outsiders sudah berkali-kali berganti Brain, ini urutannya :

  1. Ferry black
  2. Omen
  3. Isfan
  4. Hardi abo – iwan fei (wakil)
  5. Omen
  6. Oboy
  7. Jeff kareem
  8. Weeman
  9. Ones japs

Saya yakin, Apa-apa yang sudah dicetuskan oleh Mastermind MMC Outsiders, pastinya akan diijaga anggota mereka. Nilai, budaya, kesolidan melakat dihatinya. Meski ada anggota yang sudah tua, tapi percayalah, semangatnya masih berapi-api, seperti Qoutes dari Kang Gingin, “Kita bukan generasi menolak tua, Tetapi kita adalah generasi menolak rentan, harus tetap semangat!”.

You are The Best Brothers ! O.F.FO !

“Sejarah ditulis tak sekedar untuk dikenang, malainkan untuk meluruskan fakta sejarah. Generasi tua adalah pelaku sejarah, sedangkan generasi muda adalah penjaga dan pelurus sejarah”

3 thoughts on “Makna dibalik Colors MMC Outsiders Nationz

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: