Thu. May 13th, 2021

LINGGAJATI NAN ELOK By Isfandiari MD

Untuk peturing sejati jalanan menuju Linggajati mungkin menjadi pengalaman tak tergantikan. Mau coba jalur kami? Dari Renggas Dengklok menuju Pantura, berbelok ke Cikampek arau Purwakarta lantas naik ke atas menuju Subang. Dari jalan Cagak Subang, menuju jalan aternatif, bukannya ke arah Bandung tapi lewat belakang deretan danau Purba Bandung  ke arah Sumedang. Kondisi jalanan mulus dan dinamis. Mulai perkebunan teh Subang sampai lereng-lereng gunung yang berbatasan antara Subang dan Sumedang. Jika sempat, silakan istirahat dulu dan menimati Nanas Satimadu khas Subang yang manis layaknya madu.

Dari kota Sumedang, kita menuruni lembah memasuki wilayah Tomo Majalengka. Rekomendasinya jangan ke arah Cirebon tapi berbelok melewati kota Majalengka menuju wilayah Kuningan lewat Raja Galuh. Sebagai Brothers bisa saja lanjut menuju Maja-Panjalu-Ciamis-Tasik. Tapi kali ini BIKERS tak menuju ke arah sana tetepi masuk Kuningan menuju Linggajati. Lepas Majalengka menuju Raja Galuh, brothers bakal disuguhi gunung batu yang asyik untuk disimak. Ini adalah daerah Lengkong, Gunung Kuda Majalengka. Setelah puas bolehlah masuk ke wilayah Linggajati yang sepanjang perjalanannya akan ‘ditemani’ Gunung Ciremai yang legendaris itu. Catatan khususnya, wilayah ini tak hanya indah tapi masyarakat di sini sangat menjaga kebersihan lingkungannya. Salut!

Primadona wilayah ini tentunya rumah  ibu Jasitem istri mandor gula Belanda yang dijualnya pada  Van Oos Dome tahun 1921. Rumah indah dan luas ini  punya cerita panjang.  Jaman Belanda pernah beralih fungsi menjadi hotel berjuluk Rustoord lantas menjadi Hokai Ryokai saat diduduki Jepang. Di jaman perjuangan, rumah ini pernah menjadi markas BKR dan diubah namanya jadi Hotel Merdeka. Nah, tahun 1946 lokasi ini mencatat sejarah penting karena dipakai untuk perundingan antara RI-Belanda yang dikenal sebagai perjanjian Linggajati.

Saat BIKERS berkunjung, foto-foto  dan benda-benda bersejarah tersimpan apik. Diorama yang menggambarkan perundingan juga ada. Tampak delegasi Indonesia  yang dipimpin Perdana Menteri Sutan Sjahrir  dengan anggota  Mohammad Roem, Susanto Tirtoprodjo dan AK Gani, berunding a lot dengan pihak Belanda dipimpin Prof Ir. Schermeron dan beranggotakan Max Van Poll, F de Boer and H.J Van Mook. Dari perundingan yang dimoderatori Lord Kilearn dari Inggris ini lahir kesepakatan: Terbentuknya suatu negara federasi yang dinamakan Indonesia Serikat, Terbentuknya Uni Indonesia-Belanda dan Belanda mengakui kedualatan Indonesia terhadap wilayah Jawa, Sumatera dan Madura.

Beres bernostalgia di Linggajati, kami  temasya ke pemandian alam Cibulan yang hanya 10 menit dari lokasi ini. Para riders pastinya enjoy berlama-lama di lokasi ini, selain airnya jernih kita bisa bercengrama dengan ikan Kancra Bodas yang bernama latin labeobarbus dournesis yang dipercaya sebagai ikan keramat. Ikan ini jinak Bro, mereka nyaman berdekatan dengan manusia. Tuh, asyik khan?

IKLAN

Bikers penggemar literasi, monggo nikmati dua buku ini. Tentang klub motor dan memoar tokoh. Wa ridingread.com /isfandiari 087881452626

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: