Sun. Jul 5th, 2020

Yamaha V-Max

LEGEND OF THE BATTLE BETWEEN YAMAHA V-MAX & HONDA GOLDWING GL1500 By Isfandiari MD

Perbicangan abadi para bikers tulen adalah membandingkan kehebatan Yamaha V-Max dan Honda Goldwing GL 1500.

Kedua motor ini cukup melekat di hati penikmat motor baik sisi desain maupun performa mesin masing-masing. Keduanya punya fans berat masing-masing dan mereka saling diunggulkan satu sama lain. Paling kredibel tentunya suara dari dua legenda balap Eddie Lawson dan Freddie Spencer. Eddie pembalap Yamaha dengan 4 juara dunia GP 500. Ialah satu-satunya orang Amerika yang mampu melakukannya. Sedang Freddie menunggangi Honda dan merajai GP 500 taon 80-an. Ia memenangkan 7 dari 11 kejuaran dunia yang diikutinya dan 9 kali memecahkan rekor kecepatan.
Eddie yang ada di kubu garputala benar-benar jatuh hati pada Yamaha V-Max. “Inilah setan jalanan sesungguhnya. Jika brother nggak jadi pembalap di sirkuit, Yamaha V-Max bisa jadi tunggangan andalan di jalanan.” semangatnya.

V-Max memang ideal. Bodi kokoh dengan tampilan muscle bike sejati. Motor ini didesain oleh insinyur Inggris, John Reed. Doi lama tinggal di California A.S, hingga tak heran, bentukan V-Max terpengaruh juga dengan filosofi biker Amerika yang suka motor berotot. Ia sendiri mengistilahkannya dengan mechanical look. Motor berpendingin air ini menganut kapasitas 1198 cc, kekuatan 145 dk, berat 270 kg dan kecepatan wuzzzz, sampai 230 km/jam. Mesin menganut V4 berbasis motor Venture turing dan kali pertama diproduksi taon 1985. Uniknya, V-Max sempat dilarang di Inggris. Akhirnya daya kudanya dikurangi menjadi cuma 95 dk. Sekarang varian V-Max terus dikembangkan, paling gres kapasitasnya naik jadi 1.679 cc dengan daya kuda sampai 197 dk. Terus terang aja, Honda yang mengusung produk X-4 sebagai penantang masih belum bisa menandingi V-Max ini, secara kapasitas maupun daya kuda yang dihasilkan.

Keluarga Goldwing punya kisahnya sendiri. Lihat dari desain bodinya, ia kadang disindir sebagai garbage wagon, motor kulkas atau ejekan lainnya. Tapi ini semua disasar demi kenyamanan. Jika semuanya dicopot, motor ini punya tampilan motorsport sejati dengan sejarah yang panjang.

Honda Gold Wing

Taon 1975, GL1000 dibuat. Motor ini bisa dibilang motor terhebat di kelasnya. Disc brake depan udah dobel, belakang juga menganut cakram. Inilah cikal bakal Golwing GL 1200, 4 silinder dan GL1500, 6 silinder.
Kapasitas tepat GL 1500 adalah 1520 cc, kekuatan 100 dk dalam 5.200 rpm. Berat totalnya 368 kg dengan kecepatan maksimal 187 km/jam. Ergonomi bodi dirancang senyaman mungkin. Di tangki terdapat panel untuk menghidupkan tape dan radio. Boncenger dibuatkan headrest yang adjustable. Malah winshield-nya sendiri bisa disetel sesuai keinginan rider-nya. Makin canggih, pengereman menganut LBS (Linked Brake System). Jadi penunggang cukup menginjak pedal rem di kaki dan secara otomatis roda depan dan belakang akan mengerem sesuai standar keamanan. Malah untuk Goldwing teranyar kapasitasnya terdongkrak jadi 1.832 cc didesain canggih termasuk peranti Tire Pressure Monitoring System (TPMS), GPS untuk navigasi, ABS termasuk airbags khusus motor untuk keamanan.

Tuh masuk akal khan perbicangan antar V-Max dan Goldwing tak pernah habis?

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: