Fri. Apr 19th, 2019

Lebih Ayo Peduli Kanker Payudara BUAT BIKERS…JANGAN CUMA SIMAK KONDISI MOTORNYA YA……By Isfandiari MD

 Iya khan? Kebanyakan brothers lebih concern memperhatikan kondisi motor. Brebet dikit, periksa ke bengkel atau ngutak-ngatik di rumah yang hobi ngebengkel. Padahal ada lagi tuh yang lebih penting.  Gimana ngecek pasangannya apa tetap dalam kondisi fit? “…….

Ini perbincangan nggak biasa tapi sanggat menarik. Faktanya memang banyak yang belum paham. Padahal kanker payudara sangat mengancam kita semua.” Tingkat stres yang tinggi, konsumsi junk food dan banyak lagi memicu hadirnya penyakit ini. Banyak yang nggak sadar, tiba-tiba sudah stadium 3. Jenjang umur yang terserang juga  makin muda. Ada yang belasan tahun sudah terkena,” wanti Iwan Rasta Pemerhati masalah kanker payudara.

Iwan Rasta

 Nah, ini harus diwaspadai kita semua tho? Padahal deteksi dininya mudah dan praktis sekali, hanya sosialisasinya yang belum gencar. Sipnnya, kang Iwan dan mereka yan peduli selalu gencar mengkampanyekan kesaradan ini lewat berbagai acara. Misalnya membarikan informasi agar para lady bikers menjalankan keiatan bernama SADARI atau Paling familiar gerakan berjuluk Periksa Payudara Sendiri. Ini langkah praktis, Para cewek  silakan memeriksa payudaranya , jika ada benjolan yang mencurigakan cepat periksakan diri ke dokter. Deteksi yang lebih awal sangat membantu penyembuhannya.

            Beberapa bikers sebenarnya sudah concern ihwa hal ini. Beberapa teman-teman sering bikin kampannye kepedulian soal kanker payudara, menggalang dana membuat konser musik, sosialisasi dan banyak lagi,. Sebagian besar pasien kanker payudara saya tidak pernah memeriksakan payudaranya sendiri waktu sehat. Padahal tinggal cari saja caranya di internet sudah banyak,” kata Prof. Dr. dr. Aru Wicaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, Ketua Yayasan Kanker Indonesia dan Perhimpunan Onkologi Indonesia yang dilansir banya media. Tuh..ayo peduli!

BOKS

CARA PRAKTIS DETEKSI DINI

Buat para ladies, pasangan brothers, klub Women Wheel, lady bikers  independen, silakan simak cara praktis deteksi kanker payudara ini. Silakan berdiri lurus di depan cermin dengan bahu lurus dan tangan di pinggul. Perhatikan apakah ada yang aneh dengan payudara Anda atau tidak. Angkat lengan Anda dan kemudian lihatlah puting payudara Anda. Apakah bentuknya tidak wajar atau mengalami perubahan warna yang aneh. Masih dengan posisi yang sama, rabalah payudara Anda mulai dari puting hingga ke area di dekat ketiak. Apakah Anda merasakan ada benjolan atau tidak? Apabila benjolan tersebut keras dan menyakitkan, ada baiknya segera periksakan ke dokter.

            Ayo peduli ikhwal pennyakit ini.  Ingat,makin awal dideteksi makin mudah penyembuhannya.

SHARE INFO IKHWAL KANKER PAYUDARA

            Kanker itu sendiri merupakan jenis tumor yang ganas, yang dapat menyebar kebagian tubuh lain (metastesa) dimana hal ini dapat terjadi melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening.

            Gejala dari kanker payudara pada wanita dapat dideteksi dari adanya benjolan permanen di salah satu atau kedua payudara, tetapi sebagian besar benjolan belum tentu kanker. Tetapi tidak semua benjolan mengindikasikan terbentuknya kanker, contoh gejala yang umum yang dapat diketahui yaitu sakit pada payudara dan ketiak yang tidak ada hubungannya dengan siklus menstruasi. Beberapa gejala lain yaitu perubahan ukuran pada salah satu atau kedua payudara, perubahan bentuk puting serta kulit yang mengkerut. Sel-sel dalam tubuh biasanya berkembang biak secara teratur. Sel-sel baru hanya terbentuk apabila dibutuhkan. Tetapi proses dalam tubuh penderita kanker tidak demikian. Jika dideteksi dari stadium awal, kanker payudara dapat diobati sebelum menyebar kebagian tubuh lainnya.

            Disamping itu, kanker payudara bisa terjadi akibat dari makanan yang kita konsumsi, kebanyakan zaman yang serba praktis ini pun banyak bertebaran makanan junk food atau fast food yang notabenya kurang baik untuk kesehatan, terlebih kandungan dari makanan itu yang dapat memicu terbentuknya Kista dan lama-kelamaan menjadi tumor. Tumor ini yang sebagai pemula pembentukannnya kanker itu sendiri. Apabila ladies bikers merasa ada kelainan pada bagian tersebut, dapat langsung dikonsultasikan ke dokter yang sudah biasa menangani penyakit tersebut.

            Kanker juga terbagi dalam beberapa jenis, pertama yaitu Kanker payudara duktal invasive yang berkembang pada sel-sel pembentuk saluran payudara. Kata Invasif berarti kanker ini dapat menyebar diluar payudara. Jenis kanker yang kedua yakni Kanker non-invasif yang biasanya ditemukan melalui mamografi karena jarang ditemukan bonjolan. Jenis kanker payudara ini bersifat jinak dan ditemukan di saluran (duktus) payudara, serta belum menyebar.

            Pemeriksaan dan genetika dianjurkan untuk wanita dengan kemungkinan terkena kanker payudara melebihi rata-rata. Resiko terkena kanker meningkat seiring usia, maka wanita berusia 50-70 tahun dianjurkan memeriksakan dirinya setiap 3 (tiga) tahun sekali. Wanita berusia diatas 70 tahun juga dianjurkan memeriksakan dirinya dan alangkah lebih baik berkonsultasi dengan dokter spesilis.

            Kanker payudara dapat diobati dengan kombinasi operasi, kemoterapi, dan radioterapi. Beberapa kasus kanker payudara juga dapat ditangani melalui terapi hormon dan biologis. Selama pemulihan dari penyakit, dukungan keluarga dan sahabat dekat sangat penting diperlukan untuk mensupport kesembuhan sang penderita. Tetap waspada untuk para ladies biker dan tetep hidup sehat seperti menjaga pola makan dan dianjurkan olahraga yang teratur agar dapat terhindar dari penyakit ini. Keep Healty sist.

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: