Tue. Oct 27th, 2020

KOPI *”KESEMPURNAAN CINTA”* BERSAMA *ABIE MAHRY*

by Isfandiari

*”Kesempurnaan Manusia”*

 

Sejauh manakah kita *mencintai & menerima diri kita sendiri ?*, ini terkait dgn adanya 3 konsep.

 

*Pertama* ;

DIRI IDEAL,  yaitu adlh, *”segenap KUALITAS FISIK & PSIKIS yg diharapkan oleh sese-org”.* Misalnya,

*”Aku kepingin banget hidungku mancung kayak si anu (fisik)”.*  atau *”si anu itu PEDE banget ya, pengen banget deh ich gue kayak dia (pikis)”.*

 

*Kedua* ;

Citra Diri, yaitu adlh *”Bgmn sese-org MEMANDANG DIRINYA SENDIRI, baik secara PSIKIS maupun FISIK.”* Misal,

*”Muke gue kok jelek yaa? (fisik)”* atau

*”Wajah gue cantik banget khan (fisik)”* atau

*”Gue ini minderan ich !! (psikis)”*  atau

*”Gue optimis loh org nya (psikis)”.*

 

*Ketiga* ;

Harga Diri, yaitu adlh, *”Bgmn TIMBANGAN antara DIRI IDEAL dgn CITRA DIRI”.* Kalo TIMBANGAN, antara Diri Ideal dgn Citra Diri SAMA BOBOTnya, maka *sese-org akan pede & mencintai dirinya sendiri.*

Kalo BOBOT DIRI, melebihi Citra Diri, maka *sese-org akan minderan, tdk pede & rendah diri.* Namun kalo CITRA DIRI bobotnya jauh melebihi DIRI IDEAL Ideal maka, *org ini biasaya jd kepedean banget, bahkan songong.*

Nah, Org yg tdk pede, minderan, rendah diri, akan *SULIT MENERIMA DIRInya SENDIRI APA ADAnya*, itu terjadi krn dia membandingkan *”apa yg ia liat tentang dirinya”,* dgn *diri ideal (segenap kualitas kesempurnaan) yg ada di d)m angan2 nya.*

Kadang, diri ideal, terliat ada pd diri org lain, Sehingga beberapa org, *”kepingin jd ORANG LAIN*”, dan tdk mau *”mnjd DIRInya sendiri”.* Maka solusinya antara dua ini, yaitu ;

*1)* Menurunkan bobot Diri Idealnya.

Kriteria sosok sempurna yg diharapkan ada pd diri sendiri, jgn dipersulit. *”SADARI, tdk ada manusia yg sempurna. Dan dgn ADAnya ke TIDAK SEMPURNAAN pd SETIAP ORANG itulah, yg justru merupakan KESEMPURNAAN MANUSIA.”*

 

*2)* Menaikkan bobot Citra Dirinya. Yaitu, *”memandang diri sendiri lbh positif. Jgn focus pd kekurangan diri, focus lah pd kelebihan & keunikan yg ada pd diri sendiri.*

Pecayalah, se-hebat2-nya Celine Dion menyanyi, dan se-hebat2-nya Christian Ronaldo bermain bola, bs jd mrk berdua *SANGAT BODOH* dlm hal membuat nasi goreng. Sese-org nampak sedemikian sempurna, krn kita tdk meliat ke tdk sempurnaannya.

*Stop Comparing!!* *Start Accepting!!* And *Be My Better Self!!*

*@abiemahry*

*getarkan rasamu*

#eling.kesempurnaan.manusia.adlh mahluk.paling.sempurna#im.sorry#i.thx.u#i.lv.u.all.soul#please.forgive.me#

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: