Mon. Oct 19th, 2020
Harley Davidson Club Prague klub HD tertua

KLUB HARLEY DAVIDSON TERTUA DUNIA LAHIR DARI CINTA BY M0R4

Klub Harley Davidson Praha melekat dengan pembalap legendaris Bohumil Josef Turek.

Pembalap Ceko yang lahir 26 Mei 1901 di kota Dvůr Králové nad Labem. Kota yang terletak di lembah, yang merupakan hulu sungai Elbe di Republik Ceko. Republik Ceko memiliki cukup banyak daerah berbukit. Cocok sekali untuk menggasak ketangguhan tenaga Harley Davidson.

Kecintaan Bohumil Turek kepada Harley Davidson tidak terlepas dari posisinya sebagai pembalap, test driver sekaligus sebagai salah satu direktur pada perusahaan Tesarek yang mengimpor motor Harley Davidson ke Cekosloakia, mulai tahun 1925.

Beberapa prestasi dicatat Turek bersama Tesarek-Harley Davidson. Diantaranya kejuaraan Ecce Homo Sternberk Czekoslovakia juara pertama tahun 1925, dan juara kedua tahun 1926. Tahun 1926 juga Turek menjadi juara kedua balapan menuju bukit Zbraslav-Jíloviště. Juara kedua balapan Knovíz-Olšany. Juara pertama Schörber Hill Race. Serta juara ketiga pada Grand Prix of Czechoslovakia. Tahun 1927 menjadi juara pertama di Grand Prix of Czechoslovakia.

Kekasih Bohumil Turek tidak asing untuk dengan dunia two wheelers. Cewek ini adalah salah satu pembalap wanita Czechoslovakia. Penggeber Harley Davidson, Růžena Nedvědová. Mereka bertemu sekitar tahun 1924. Ketika sama-sama menjadi pembalap dari pabrikan motor Walter. Turek beberapa kali menjadi jawara menggunakan Walter M922. Cinta makin bersemi, bahkan beberapa kali ikut balapan berdua. Diantaranya tahun 1926 Růžena sebagai pembalap dan Bohumil Turek sebagai asisten ikut di sespan.

Kisah cinta Turek dan Růžena lanjut ke pernikahan tanggal 30 Juli 1927 di gereja St Nicholas Praha. Prosesi acara cukup spektakuler dan menginspirasi pasangan lainnya, karena secara khusus 60 bikers Harley Davidson mengiringi mereka ke gereja. Pendamping pengantin pria adalah bos Turek di Tesarek, Rudolf Tesarek.

Pada saat resepsi di Steimar pavilion – Černošice, tercetus ide dari para bikers pecinta Harley Davidson ini untuk bisa rutin kopdar. Buah cinta Turek dan Růžena melahirkan Harley Davidson Club Praha. Meskipun sudah berdiri sejak tahun 1927, Klub ini baru resmi didaftarkan di kemendagri sana tanggal 25 Februari 1928 dan menjadi klub Harley Davidson tertua di dunia.

Perayaan dunia 115 tahun Harley Davidson bertepatan dengan 100 tahun Republik Ceko. 90 tahun Harley Davidson Club Praha. 55 tahun Harley Davidson Club Brno. 35 tahun Harley Owners Group, diselenggarakan di Praha, tanggal 5 – 8 Juli 2018. Acara di hadiri lebih dari 110 ribu bikers Harley, dari 77 negara, menggeber 67.500 Harley Davidson dan dijajal oleh 50 band ngetop dunia.

Sejak acara wedding Turek dan Růžena, hari ini Harley Davidson Club Praha memasuki 93 tahun…Mantap!

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: