Sat. Aug 8th, 2020

KISAH SEJARAH HONDA By Isfandiari MD

     Jarang ada insan di dunia ini yang punya berbagai talenta dan mampu meramunya menjadi suatu peradaban! Toz bro pada Soichiro Honda, seorang racer, pebisnis sekaligus industrialis sekaligus. Oh ya, tak kalah penting ia juga seorang pemimpi alias dreamer. Tuh…, makanya jangan pernah  berhenti bermimpi karena mimpi adalah awal dari ambisi.

     Shocking moment Honda bermula di kota kecil Hamamatsu.

Di situ lahir Soichiro Honda, putra seorang pandai besi miskin. Beranjak dewasa, dia pergi ke Tokyo dan bekerja di bengkel reparasi mobil. Lewat kejeniusannya, dia mampu mendirikan institut penelitian teknik atas namanya sendiri. Dari  keuntungan yang didapat, Soichiro membeli 500 mesin bekas perang yang nantinya dirakitnya jadi sebuah motor sederhana.

Honda CB 77 Superhawk Ulah Adigung-nya Pembalap legendaris Tommy Manoch

Rentang tahun  1948-51 Institut Teknik Honda membangun Honda Motor Co.Ltd dan membuat Honda yang pertama berjuluk Dream (impian). Ini motor sukses besar di pasaran hingga nongol varian-varian lain semisal Dream tipe E 146 cc.  Soichiro harus berterimakasih para partnernya, Mr. Takeo Fujikawa yang kuat di soal fulus. Bersama dialah kerajaan Honda bermula dengan mengeluarkan mesin 90 cc hasi modifikasi Tipe A yang disebutnya Tipe B pada 1948. Setahun berselang keluarlah tipe D yang disebut motor sejati karena bukan lagi dari sasis sepeda. “D” bagi Soichiro adalah singkatan dari dreams (mimpi).

Antara 1952-58 ia bernafsu membuat Honda tipe F berbasis sepeda kumbang. Kapasitas mesin cuma 50 cc dan punya tenaga 0,5 dk. Cuma lima tahun setelah berdiri, mereka sudah mampu mengekpor produknya ke luar negeri selain keperluan domestik. Tak lama berselang, motor-motor model Benly J (A,B,C) dan Dream (6E SB,SA) sudah membanjiri pasar domestik Jepang.

     Untuk menjaga kualitas, mereka juga membentuk Devisi Penelitian dan Pengembangan tahun 1957 berpusat di daerah Shirako (sekarang Saitama). Lembaga ini giat manjalankan riset agar mesin Honda semakin oakley!

Sejarah mencatat kalau varian Benly jadi yang terpenting dalam sepak terjang mereka. Buktinya, mereka ikutan balap motor di Ingris, Tourist Trophy (TT) atau Isle Of Man. Disana dikebut tipe RC 142 yang berbasis Benly. Di balapan TT itu,  mereka mampu mengondol hadiah beregu tahun 1959, sebagai bebuka keperkasaan Honda di kancah balap.

     Rentang 1959-60  dibukakan ‘pintu’ dunia lewat lahirnya anak perusahaan Honda di Amerika (American Honda Motor Co.inc, 1959). Debut ini sukses besar hingga mereka kudu membuat pabrik superbesar di Suzuka Jepang guna memenuhi kebutuhan pasar sekaligus membangun sirkuit balap Suzuka barengan pemerintah Jepang (1962). Lihat tuh! Untuk varian Super Cub aje, terjual 15 juta unit (angka statistik Desember 1983)..

     Nggak puas, antara 1961-65 berdiri lagi European Honda (sekarang jadi Honda Deutschland G.M.B.H) tahun 1961 bersamaan dengan Honda Belgium (Honda Benelux N.V) tahun 1962 yang banyak membuat moped. Dari dua perusahaan ini, bikers Perancis dan Inggris kebanjiran produk mereka. Tak aneh kalau total keuntungan mereka tahun 1965 mencapai 100 miliar Yen.

     Puas main-main di motor, ‘kekuatan kuning’ ini gatel bikin mobil tahun 1962. Debut awalnya pick-up ringan T360 dan mobil sport S360. Tahun 1964 mereka sudah bikin mobil cepat S600 yang disambut hangat penikmatnya.

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: