September 29, 2022

KISAH HEROIK BIKERS…By Isfandiari MD

Sumbangsih  bikers tempo dulu nggak sedikit.Coba kita masuk ke era perebutan kemerdekaan dulu. 10 November di Surabaya! Kiai besar Hasyim Ashari memberikan  lampu hijau agar pemuda berjuang membela negrinya. Dari situ Bung Tomo lantas mengobarkan semangat melawan tentara Inggris. Perang besar pecah dan korbanpun berjatuhan. “Waktu itu saya bertugas menolong korban dari Badan Keamanan Rakyat ( BKR) dan Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP). Untuk menuju korban saya dibonceng salah seorang pejuang naik motor,” jelas ibunda Soelistina Soetomo, istri almarhum Bung Tomo, pahlawan nasional kita. Beliau dibonceng motor untuk mencari truk pengangkut korban yang cidera dan tewas. Di tilik dari era itu kemungkinan beliau dibonceng BSA M20 rigid cangkrang 1941, bisa juga HD WL. “Ada kemungkinan memakai

Keluarga BSA, M21, BSA M16 versi  militer. Ada juga NSU atau Norton versi militer N16 atau Exelsior. Buktinya ya..di rumah saya ini. Saya punya motor WL dump dari TNI, suratnya dikeluarkan mereka, otomatis ini sisa-sisa Belanda,” jelas Saulus D’Coil Lacaden, life member Harley Club Bandung yang juga anggota Vintage Harley Davidson Enthusiast Indonesia.
Moment Bandung Lautan Api juga menyisakan kisah. Pejuang membakar sendiri bangunan-bangunan agar tidak ditempati Belanda. Bandung terang benderang oleh api. Pejuang kita nggak cuma mengincar senjata Belanda. Motor-motor yang mereka semplak juga jadi bagian penting perjuangan ini. Kisah-kisah perampasan selalu jadi cerita heroik  senior-senior kita. Almarhum Rachmad Hidayat (presiden HDC Pertama), Letnan. Poniman (Alm),H.Bariji (Alm), Kang R.Amir (Alm), Brigjen Somali dan Haryoto Kunto  (Alm) seorang  planolog  kondang, sering bercerita ikhwal ini.  Salah satu buktinya, motor HD 750 Kang Ayi, tokoh HCB yang saat itu berusia 18 tahun. Kabarnya motor ini didapat dari rampasan gerombolan DI-TII saat menyerang kota kelahirannya Sumedang.

Hebatnya lagi bikers kita sangat kreatif di era itu. Misal bro Wiweko Soepono. Tahun 1948 beliau berhasil bikin pesawat terbang dengan mesin Harley-Davidson yang diberi tanda WEL-X beregister RI-X. Sayang projeknya berhenti karena negri kita disibukkan dengan agresi militer Belanda dan pemberontakan Madiun kala itu. Inilah kisah sejarah!

IKLAN

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: