February 2, 2023

KISAH DE ROMLI EPISODE 1-3

WEB SERIES GEN Z, ROAD TO HARLAH 1 ABAD NAHDLATUL ULAMA By Isfandiari MD

….. “Entah energi mana yang merasuki mereka…, ujug-ujug tiga Gen-Z ini bertekad menjadi ROMLI alias ROMbongan LIar di perhelatan harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama. Ini karsa spontan dari mereka yang penasaran dengan tema poro Kyai dan Nyai NU : ..MERAWAT JAGAT MEMBANGUN PERADABAN.

              Tanpa persiapan njelimet, tiga peturing ini bergegass menuju Timur dari ‘habitat’ asli mereka, zona Tengah Jawa, tepatnya Jogjakarta.   ROMLI 1 si Caca, cewek tomboy yang  sok tahu dan grasa grusu. Dia  resmi didaulat menjadi provokator lelaku turing unik ini. Bermodal kesukaannya pada isi  lirik lagu Yalal Wathon, Si Caca berhasil membujuk dua rekannya terjebak dalam turing Road To  Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama……

              ROMLI 2, lumayan relevan! Dia itu Jadmika alias Mika, santri kalong dari Pesantren Kebudayaan Kaliopak Jogja asuhan Ki Jadul Maula. Mika lah yang paling mudah di provokasi caca dan langsung didaulat jadi road captain turing karena riding skillnya paling mumpuni. Adanya Mika mem buat turing ini nggak terlalu berantakan. Dia bisa ngasih map ala kadarnya, kemana harus riding dan berkunjung ke destinasi wisata religius mana saja…..

              ROMLI 3 , biasa dipanggil Jefrey atau kadang disapa JEJE! Dia bisa dibilang korban ambisi kedua rekannya! Jefrey seroang nasrani tulen, walau gak begitu alim dia serius merasakan indahnya toleransi sebagai minoritas. Jefrey atau si Jeje cukup well inform kalau NU selalu getol alias intens menjaga keberagaman dan kedamaian antar umat beragama. Makanya saat diajak  jadi ROMLI ke -3, di dalam hatinya sumringah… dia punya banyak kesempatan jadi saksi langsung bertemu Ustad, Kiai, Nyai atau masuk dalam lelaku ziarah makam khasnya Nahdiyin…….

              Tapi  dari semua itu, mereka bertiga punya satu kesamaan..dan memegang 1  prinsip : ITS A JOURNEY..NOT A DESTINATION……”

Begitulah voice over yang direncanakan para filmaker dari  web series kisah ROMLI alias Rombonga Liar Gen Z menuju Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama yang mencapai  mencapai puncaknya di 7 Februari 2023, Stadion Delta Sidoarjo. Sebuah karya independent yang disuport  juga oleh main dealer Honda Jatim dan Nusa Tenggara Timur,  PT Mitra Pinasthika Mulia.

Sesi shooting dengan sahabat Disabilitas dan Yayasan Stroke Indonesia berfoto di Oemah Mbanciro, dekat Stadion Mandala Krida
Shooting di homestay keren, Oemah Mbanciro, milik Mas Budi ISHD Jogja

Film yang ditulis  dan di produseri Isfandiari MD dan disutradari Cepi Rahmat mungkin layak menjadi aternatif tontonan yang mendidik. Dikisahkan tentang 3 anak gen-z yang penasaran akan tema harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama yakni Merawat Jagat Membangun Peradaban. “Dari tema itulah mereka penasaran dan melakukan lelaku turing dari Jawa Tengah ke zona Timur, tepatnya finish di stadiun Delta Sidoarjo. Masih setengah jalan prosesnya!” buka penulis kisah. “Sengaja kami bagi 2 term, pertama shoot episode 1-3 di Jateng, alhamdulillah beres. Untuk kedua nanti di Jatim, rute Lasem, Jombang, Surabaya sampai Sidoarjo,” tambah Cepi Rahmat.

Talent keren, Mbak Yuni dari komunitas Disabel Indonesia. Walau serba terbatas, tetap semangat jualan jamu

Shooting seminggu penuh, kisah bermula dari di tanggal 10 Januari 2023 saat ROMLI 1  si Caca, diperankan Aiesha Rengganis, hang out dengan dua temannya Mika dan Jefry. Keduanya diperankan oleh Mathori Brilyan sebagai Mika dan Kidung Gracio sebagai Jefry.  Saat hang out, Caca dan Mika iseng melantunkan lagu Yalal wathon  diiringi gitar Jefry.  Dari situlah kisah bermula mereka nge-gas ke Timur ditemani Honda CBR 150 dan PCX.

Sesi shooting di makam Sunan Pandanaran Klaten
Diberi arahan dan infomrasi tentang Islam Nusantara oleh Ki Jadul Maula, ketua Umum Lesbumi
Iseng menyanyikan lagu Yalal Wathon, jadinya lelaku turing ke Sidoarjo

Di episode awal ini, ketiganya riding silaturahmi kemarkas Brigade Umar Bin Khotob diasuh Kyai Sulis Klaten. Sosok Kyai yang dulunya preman ini menarik disimak. Mbah Sulis adalah biker senior dan  peturing senior. Kini dia lebih konsen berdakwah dan menebarkan Islam yang damai dan sejuk. Santrinya ribuan dan rata-rata mantan preman yang bertaubat.

              Beres dari situ mereka lanjut ziarah makam Sunan Pandanaran, mantan Bupati Semarang yang mejadi santri setia Sunan Kalijogo.  Tak sampai di sana, mereka juga bergaul erat dengan sahabat-sahabat difabel yang selalu bersemangat dan memberikan pelajaran berharga pentingnya bersyukur. Waduh..kok dibocorin semua kisanya.., he .he..jangan ah, mending nanti tonton filmnya ya, dijamin seru. Tingkah ketiga ROMLI ini kadang unik dan menarik. Mereka bisa manjadi contoh inspiratif gen-z yang peduli dan respect pada leluhurnya.

              Silakan menyimak, Its a journey no a destination! Salam bikers, salam kaum die harder!

Kru film berpose sejenak di gerbang tangga menuju Makam Sunan Pandanaran
Mika, Caca dan Jefry, trio Romli Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

DE ROMLI- ROAD TO HARLAH 1 ABAD NAHDLATUL ULAMA-

Crew and talent

A Film By Isfandiari MD

Sutradara : Cepi Rahmat
Producer :Isfandiari MD
DoP : Muhammad Fendi Riyadi
Astrada : Aziz
Unit Manager :
Music Design : Memet Chairul Slamet
Editor :

Administration: Tantin Octavia W
Artistik : Aziz
Sosmed : Rosyid
Wardrobe : Yanti

Transportation: Muhammad Ivan

Pemain:

Mathori Brilyan sebagai Mika

Kidung Gracio sebagai Jefry

Aiesha Rengganis sebagai Caca

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: