Sun. Sep 27th, 2020

KANKER PAYUDARA

 Kemoterapi Hanya Sekedar Mitos?

by : Iwan Rasta

Bulan Oktober adalah diperingati sebagai Bulan Kanker Payudara Internasional. Oleh karena itu, teman-teman dari Yayasan CISC (Cancer Information and Support Centre) mengadakan diskusi dan launching buku “Mengupas Fakta & Mitos Seputar Kanker Payudara” pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017 yang bertempat di Jl.Imam Bonjol no.51 Jakarta Pusat, yang merupakan rumah kediaman pribadi Bapak AA.Baramuli.

Pengunjung yang hadir 98% wanita dan sisanya 2% adalah pria yang juga ingin mendapatkan ilmu tentang kanker payudara yang menurut jurnal kedokteran bisa juga menyerang kaum laki-laki.

Acara dibuka oleh Ibu Yanti AA.Baramuli, yang merupakan Ketua dan Founder CISC, dilanjutkan dengan perform tarian daerah yang dibawakan oleh beberapa wanita survivor breast cancer.

Pada sesi pemaparan, Dr.Farida Briani Sobri, Sp.B(K)Onk menjelaskan bahwa ilmu kedokteran di dunia ini sangat berkembang pesat. Setelah beliau mengikuti seminar di Swiss, ternyata didapat sebuah temuan bahwa kemoterapi bukanlah “dewa penyembuh” bagi penyakit kanker.

Ada beberapa pertimbangan seorang dokter sebelum melakukan tindakan kepada seorang pasien kanker payudara :

– Sifat biologi kanker

– Kondisi pasien (usia, psikologis)

– Stadium

Karena setiap pasien mempunyai sifat keunikan yang berbeda-beda. Jadi, saat ini tidak semua pasien kanker diwajibkan menjalani kemoterapi, karena wajib dilihat pula pada hasil pemeriksaan pasien tersebut.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan lanjut makan siang bersama.

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: