Tue. Jan 21st, 2020

Jurnal Journey Pura Madhara Giri, pura paling dituakan oleh umat Hindu Nusantara by Lutfi hermansyah

Journey kali ini ridingread.com ke kota yang kerap disebut dengan kota pisang. Banyak pisang! sudah pasti. Tapi serasa kayak di Bali. Bagaimana mana tidak, ada destinasi menarik yang kami temui.

What is that?? Yaps…Pura Mandhara Giri. Pura yang gaya, komponen-komponen, dan arsitekturnya mengikuti style pura-pura yang ada di Bali. Nuansa tradisional Bali dan sekaligus balutan arsitektur zaman kerajaan Majapahit nampak begitu indah dan artistik.

Ok, langsung aja bagi yang belum tahu, Pura Mandhara Giri Semeru adalah tempat beribadah umat Hindu yang terletak di Desa Manduro, kecamatan Manduro, kabupaten Lumajang – Jawa Timur. Konon, ini adalah pura yang paling dituakan dan dikenal sebagai tempat sakral oleh kerajaan – kerajaan Hindu Bali. Meskipun baru dibangun tahun 1986, keberadaanya menjadi perhatian umat Hindu dari berbagai tempat, khususnya penganut Hindu Bali. Makanya, tidak heran kalau tempat ini setiap tahunnya menyedot perhatian puluhan ribu orang yang datang untuk melakukan upacara – upacara keagamaan dan sekaligus melakukan kunjungan wisata ritual.

Dari sisi pemilihan lokasi pun tidak sembarangan. pura ini di kaki Gunung Semeru berkaitan dengan mite pemindahan puncak Gunung Mahameru dari India ke Jawa dengan maksud agar Pulau Jawa tidak jungkat-jungkit, sebagaimana dikisahkan dalam naskah Tantu Panggelaran. Dengan demikian Gunung Semeru dianggap suci oleh masyarakat Jawa sejak dahulu.

Bersyukur ridingread.com bisa menapakkan kaki di tempat ini. Meski tidak Banyak fakta sejarah tentang pura Agung Mandhara Giri yang bisa kami dapatkan, kerana seksi humas Pura sedang ada acara. Jadi kami tidak bisa masuk di area utama pura. Yang bisa masuk dalam area pun hanya orang-orang tertentu atau yang mau bersembahyang. Selain itu boleh, asal izin dulu.

Selain umat Hindu lumajang, pura ini sering dikunjungi dari luar daerah Jawa Timur, termasuk bali. Terlebih saat ada upacara keagamaan atau piodalan ( ulang tahun pura) yang jatuh dibulan Juli. Tak hanya umut hindu saja, umat muslim pun sering berkunjung walau hanya sekadar berswa foto. Hehehe…

Pura Mandara Giri Semeru sebagai objek wisata religi dengan arsitektur khas umat Hindu yang sangat kuat menampilkan keagungan yang menambah keunikan Kabupaten Lumajang, hingga patut untuk dikunjungi dan dipelajari. Kehadiran pura ini juga menunjukkan adanya kerukunan umat beragama yang patut dicontoh, bahwa komunitas Hindu dapat diterima baik di Jawa Timur yang terkenal sebagai daerah dengan komunitas muslim yang cukup kuat di Pulau Jawa.

Ok brother jika all brothers sedang riding ke lumajang, jangan lupa mampir ke pura Mandhara Giri ya….

follow Ig@ridingreads dan FB riding read

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: