Sat. Jul 11th, 2020
Journey Jakarta-Malang-Tangerang part 2

Journey Jakarta-Malang-Tangerang part 2 Insan Nusantara Pertama Yang Masuk Islam by Isfandiari MD

..Syekh Fadil Al Djaelani,tokoh muslim Turki datang ke Nusantara 3 Tahun yang lalu.Beliau sengaja datang ke Panjalu,untuk ziarah ke Bumi Alit,museum tenpat barang-barang Pusaka Prabu Borosngora,terutama pedang hadiah Saiyidina Ali R.a.

Menurut beliau,di Turki terdapat dokumen penting tulisan Saiyida Ali langsung yang menyatakan bahwa di Jamannya ada orang nusantara yang sengaja ke Mekkah untuk menuntuk ilmu dan memeluk agama Islam….

Informasi pentingi inilah yang kami dapatkan saat riding etape 2,Bandung-Panjalu (4/3) dalan formasi lengkap:Isfandiari,Deddy Raksawardana dan Anton Magaski.


“Gus Dur juga menguatkan argumen ini dan menerangkan bahwa orang Indonesia pertama yang naik haji ya Prabu Borosngora,” jelas kang Agus ‘Aus’Gusnawan,kuncen museum Bumi Alit persis di belakang Alun-Alun Panjalu.

Pengalaman di zona ini memang sangat mengesankan.Pukul 2 dini hari kami baru sampai dan langsung sowan ke rumab famili,keluarga pak Kosdim di Kestrasrana Cibeureum.

Syukurlah kami menginap rumah putranya A.Edi Hamidjaya yang keren dan artistik.Mmmm ,pagi-pagi sudah disiapkan sarapan pepes ayam dan ikan goreng, enaakk!

Kembali ke topik!Beres di Bumi Alit lanjut ke pulau penuh sejarah,patilasan putra Borosngora, waliyullah Hariang Kencana yang sangat berpengaruh di zamannya.

Lansekap daerah ini sangat recommended untuk bagi peturing.Dari Bandung langsung ke Timur dan berbelok dari Ciawi Tasikmalaya untuk masuk ke areal ini.Tipografi tatar priangan yang memukau dan unik karena ada danau di atas gunung.Belum lagi eksotisme Nusa Gede ,tempat makam Prabu Hariang Kencana yang penuh kelelawat pemakan buah.

Silakan riding ke areal ini.Kami sudah jalan lagi menuju Pekalongan untuk menikmati lagi daerah bersejarah Islam Nusantara sekaligus keindahan alamnya.

Sampai ditulis,Kawasaki Estrella dan W175 masih kondisi ok.
Wish us luck!

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: