Wed. Feb 19th, 2020

JAMBORE NASIONAL TS KE-4 PANGANDARAN FIESTA 2020 -Part 1 Lebaran Trailmania Yang Terus Membesar by Isfandiari MD

Moment ini bukanlah kisah singkat! Bebuka kisah saat para pengagagas memulainya di Panaruban Subang sebagai Jambore Ts pertama,hasil obrolan serius di beberapa tempat di sudut Bandung termasuk cafe Progo.

Salut untuk para pelopor semisal kang Dadang Munajat,Mang Dena,Patrik,Ayah Trabas,Jack,Agang,almarhum Dedy Black,Ibu Jeani,Awit Potek ,Wawan Sitress,Apih Stone Sumedang dan banyak tokoh lagi.Start dari Gor Citra Arena Cikutra dikepas Wagub Deddy Mizwar,langsung menuju venue di Panaruban subang,jalur , besadiracik tokoh scramber Nanang Sale-Apih Sumedang dan tokoh-tokoh lainnya….

Waktupun berjalan sampai hadirnya moment ke 4 ini di 24-25 januari 2020 Pangandaran.”Acara ini adalah bentuk sinergi apik dari tuan rumah Suzuki Ts Owners Pangandaran (STOP) kolaborasi banyak pihak semisal dari TRAPS (Trail Adventure Pangandandarah Sport ,PALs(Pangandaran Adventure Life style),KADAL (Komunitas adventure Alam Liar), MAP dan banyak lagi“ buka kang Sulyanati founder Stops yang juga tokoh pariwisata pemilikresort keren di sudut pantai eksotis Pangandaran berjuluk Karapyak Glamping.

Buatnya,moment ini menjadi sumbangsih komunitas hobbies kepada warga dan pemerintah Pangandaran.Di ajang ini ada 12 propinsi hadir,mereka menjadi duta informasi yang potensial mengenalkan Pangandaran di daerahnya masing-masing.Wajar jika di masa depan kami ingin acara acara yang kami kemas menjadi bagian integral agenda pariwisata Pangandaran support penuh pemerintah setempat,” harapnya.

”Kita dipercaya oleh TS Jabar ngahiji dan TS Indonesia sebagai penyelenggara atau tuan rumah Jambore Ts ke 4 ini,” tambah Dede Ecenk sebagai tokoh trail Pangandaran.” Kami bangga menjadi tuan rumah” bangga Mayor Ikeu ketua IOF didampingi ketua pelaksana Deden Putra saat opening pemotongan tumpeng di Jumat Pagi yang didampingi beberapa tokoh lain termasuk kang Toto Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat juga tamu yang sudah hadir dari berbagai daerah termasuk abah Agoek Malang,Jawa Timur sebagai ketua Ts Indonesia. “Rekan-rekan di Pangandaran sudah terbiasa membuat event event besar di wilayah ini.Jadi kami sajikan yanh terbaik bagi mereka yanh datang dan memiliki faedah yang besar untuk warga dan pemerintah Pangandaran,”tambah Deni sesepuh Traps yang juga life members Bikers Brotherhood 1% Mc.

Hari pertama di jumat sudah seru.Tenda-tenda disediakan khusus panitia untuk propinsi propinsi yang hadir.”Kita ingin menyajikan yang terbaik sebagai tuar rumah. Venue hang full entertainment dan jalur menantang yang moga menjadi kesan indah bagi mereka yang hadir,” tutur Deden. “Ha..ha moga pas dijajal besok,menjadi jalur balas dendam saat kami dijamu di Jambore ke 3 Lampung tahun lalu,”seloroh MC gelaran Uncle Boeng yang bareng perform Arya Pati dan Nanang Ijasikap.

Moment hari pertama ini sudah disesaki banyak kegiatan.Modifikasi khusus TS dalam 3 kelas utama (Original-Restorasi dan X-Treem) mulai berbenah.Builder dan owners sudah start mempersiapkan motor untuk dinilai esok hari oleh 3 juri yang ditunjuk (Ridingread.com,Beni BCL dan Sutan Pertamax). Mereka tentu wajib jeli menyimak motor-motor di display,tingkat original,kerja keras restorasi,detailing,finishing,sinergi antarkomponen,airflow dan rohnya scramblers yakni DFF alias design follow function.Yap,ini jadi inti penilaian mengingat scramblers sejati wajib fungsional di medan alias jalur yang x treem dan nggak ramah.Soal ini,kita bahas detail di part 2.

Beres shalat Jumat,its enduro race time!Persis di belakang venue disediakan sirkuit enduro yang mengasah skill ,stamina dan kesabaran. Animonya dahyat!Only Ts allowed, hadir 80 starter yang siap ‘silatuahmi sirkuit’dengan handicap beragam. Kelas dan rules disusun rapi. Mereka menghadirkan kelas modifikasi,kelas lokal,rider lansiran 45 tahun ke atas,kelas boncengan.Opsional kelas lady bikers sesuai quota.”Rules-nya sok depan belakang standar,karbu maksimal ukuran 28,peranti rem teromol standar,magnet standar hanya knalpot boleh diganti,” jelas Zaki Adam panitia inti. sekaligus Sekretaris umum.

Ups saat beraksi ,sajian enduro ini jadi magnet gelaran di Jumat hari pertama.Persaingan antar tracker lumayan ngotot.”Seru banget ini! Makanya kami dokumentasikan,”antusias Uus ‘Hawex’Usnaeni dan tim yang melepas drone mengikuti gelaran ini. And the winners goes to?Sabar ya bakal disajikan di artikel part 2 sekalian dengan hasil lomba modifikasi. Oh ya,ajang ini juga disuport beberapa pihak diantaranya produk minuman Proman juga baterei Yuasa.”Event ini baik sebagai ajang sosialisasi produk,”puji Ady Rasdy Kepala Penjualan
PT. BATERINDO SUKSES MANDIRI ( Distributor Yuasa Wilayah Jawa Barat ).

SARESEHAN YANG MONUMENTAL

Jumat malam,tokoh scramblers nasional berkumpul di depan panggung.Mereka bernostagia sekalian evaluasi.Oleh sesepuh dibeberkan sejarah Jambore,dinamika TS Indonesia,perjuangan gigih mereka yang berjasa sekalian evaluasi ke depan.”Alhamdulillah kumpulan kita berkembang pesat dan menyajikan antusias besar dari penikmat TS di Indonesia.Kita harus bergiat membangun networking yang padu dan rapi untuk kepentingan kumpulan ini.Banyak penggemar Ts yang berjasa membesarkan kita semua,salah satunya di dunia maya,”jelas Ayah Trabas.”Kedepan saya optimis lahir TS Owners seluruh indonesia dikordinasi admind?” optimis Apih Sumedang didampingi senior lain,kang Wawan.”Bayangkan masuk 605 peserta yang ikut partisipasi di ajang ini .Sebuah pencapaian yang luar biasa,”bangga Sulya.

Kang Sulya founder Suzuki Ts Owners Pangandaran .”Event komunitas trail harus jadi bagian integral agenda wisata Pangandaran bareng pemerintah setempat”

Agenda terpenting dan ditunggu semua adalah kesepakatan dimana Jambore Ts di 2021? Dua kandidat kuat presentasi dalam semangat kekeluargaan.Satu rekan dari Malang dan Bali.Untuk moment ini,rekan trailmania Bali mengajukan konsep hang out seru Jambore dalam balutan family gathering di zona Kintamani.Ibu anak jalan jalan shooping dan seru seruan di Bali,sedang sang ayah masuk jalur yang sudah disiapkan,” jelas Made mempresentasikan konsep perwakilan Bali.Nah,paparannya disambut antusias dengan satu teriakan spontan,”2021 kita ke Bali!” Dan begitulah,disepakati pulau dewata yang terpilih. Jossss!

Catatan terpenting di hari pertama adalah:Silaturahmi hangat yang sangat berkesan.Ini suasana Indonesia dalam skup kecil.Perbedaan latar belakang,profesi dan adat budaya,melebur dalam semangat persaudaraan.Sapaan ramah,canda tawa dan berbagi kisah menjadi menu paling dominan di ajang ini.Setiap sudut hanyalah kegembiraan yang langsung terlihat dari raut wajah dan gesture tubuh mereka.Mungkin inilah yang selalu bikin kangen para trailmania hingga rela hadir dari tempat-tempat jauh. Trailmania khususnya TS memberi kita sebuah pencerahan,betapa berharganya sebuah kebersamaan demi Indonesia yang lebih baik. Bagaimana menurut all bro?

Noted:Simak keseruan hari kedua,sebagai puncak Acara Jambore TS Indonesia ke-4 hanya di ridingread.com

Follow Ig @ridingread

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: