Wed. Apr 8th, 2020

JALANAN LICIN? RODA TAKUT SELIP? INI SOLUSINYA: ADA DI ALL NEW HONDA PCX,CBR150R, YAMAHA NMAX… BY LUTFI HERMANSYAH

…Rider yang skillfull suka memberi tips jurus set up and squeeze sebagai trik ABS manual agar roda nggak   ngunci. Tapi jaman sudah modern nih! Teknologi ABS yang dulu Cuma ada di motor 250 cc ke atas, kini dimiliki varian cc kecil modern. Riding makin safety khan?…

Jalanan licin berpotensi pengguna jalan tergelincir saat mengendarai motor. Apalagi kalau kita mengerem secara mendadak. Kita pasti khawatir terjadinya meliuk-liuk tak beraturan pada motor yang disebabkan oleh sistem pengereman yang kurang optimal.

Tapi jangan khawatir bro, seiring kemajuan teknologi, saat ini sudah banyak motor yang sudah dengan lengkapi ABS singkatan dari Anti-Lock Breaking System. Fitur ABS sekarang sudah bisa kita jumpai pada motor 150cc seperti All New Honda PCX, Yamaha Nmax, Honda CBR150R, dan masih banyak lagi lainnya. Dulu fitur ini hanya bisa kita temukan pada motor berkapasitas 250 cc keatas.

By the way, apakah kalian sudah tahu fungsi rem ABS ?

Pada dasarnya, ABS berguna untuk mencegah potensi roda terkunci saat pengereman. Misalnya, ketika kalian mengedarai motor dengan kecepatan tinggi sekitar 20-30 km per jam ,lalu kalian tiba-tiba mengerem secara mendadak, nah pada saat itu akan berpotensi terjadi selip pada ban, apalagi kalau jalanan licin.

Nah, jika motor sudah menggunakan ABS, ABS akan mendeteksi roda terkunci dan secara otimatis akan mengirimkan sinyal ke modulator. Selanjutnya sinyal yang diterima modulator akan memerintahkan piston untuk mengendurkan tekanan rem. Momen ini berlangsung sangat cepat sekitar 15-50 kali perdetik. Hasilnya, tidak terjadi penguncian terhadap roda. berkendara tetap aman dan nyaman broo…

Maklum jika motor sudah ada ABS nya dibandrol lebih mahal, karena dilengkapi sensor teknologi canggih berguna mendeteksi roda mengunci.  Walaupun fitur memilik kelebihan bukan berarti tidak punya kekurangan.

Fitur ABS kerjanya kurang optimal jika dipakai di Jalan berkerikil atau jalan tidak rata dan juga saat rem basah terken air. Hati-hati yaa…

Kesimpulannya, motor dengan fitur ABS lebih aman dan nyaman saat melakukan pengereman secara mendadak dan jalanan licin, dibanding motor tanpa ABS.

Ingat brothers, Keselamatan dan keamanan berkendara itu penting..  Jangan sampai karena kesalahan rem kita nggak bisa touring lagi.Waspadai ya!

Btw, mau touring kemana hari ini?

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: