Tue. Jan 21st, 2020

Jalanan Banjir, awasi mesinmu By Lutfi

Saat yang paling menyebalkan bagi pengendara motor adalah ketika hujan, karena harus repot-repot berhenti dan menggunakan jas hujan.

Tetapi ada satu lagi yang paling tidak disukai yaitu banjir, kalau tidak hati-hati mesin motor bisa mati bahkan sampai macet karena terendam air.

Nah, bagaimana cara mengaspal di saat banjir ?nih ridingread.com akan memberikan tips melewati banjir bagi pengendara roda dua.

Simak info penting ini brothers…

  1. Pastikan genangan air di jalan tidak sampai melebihi knalpot
    • Selalu periksa apakah genangan air di jalan yang kamu lewati melebihi knalpot atau tidak. Kalau terlihat melebihi knalpot, lebih baik mencari jalur lain daripada nekat menerabasnya. Sebab ada kemungkinan air bisa masuk dalam knalpot. Kalau air sudah masuk hingga ke ruang pembakaran, maka fatal akibatnya. Yakni meyebabkan piston  macet dan mau tidak mau harus turun mesin. Apalagi di beberapa tipe kendaraan tidak memiliki lubang pembuangan air di knalpot. Jadi air yang seharusnya terbuang malah mengendap dan tersedot ke ruang pembakaran. Perhatikan ya gaes …
  2. Untuk tipe matic dan bebek, pastikan air tidak sampai merendam bagian CVT dan cop busi
    • Genangan air yang merendam bagian CVT atau belt penggerak sepeda motor matic bisa menyebabkan selip, kendaraan kalau digas seperti tertahan. Kalau lama kelamaan dibiarkan bisa merusak komponen lainnya. Untuk motor bebek pastikan cop busi dalam keadaan bagus. Karena kalau cop busi sobek sedikit saja, bisa membuat pengapian di busi mati.
  3. Pastikan tarikan gas konstan
    • Meski dirinya tak menyarankan, namun apabila tak ada pilihan dan harus menerobos banjir, maka kendarailah motor dengan tarikan gas konstan. Jangan naik turun kecepatan. Kalau memang kecepatan hanya di 20 km/jam ya bertahan saja di kecepatan segitu. Karena kalau gas ditutup langsung, air bisa tersedot masuk lewat knalpot. Kalau digas konstan kan ada tekanan balik dari knalpot jadi air yang mau masuk ke knalpot terbuang keluar.
  4. Segera ganti oli apabila sudah melewati genangan air melebihi knalpot
    • Tips keempat ini wajib dilakukan. Karena bisa saja meski mesin tidak mogok, namun oli dalam mesin sudah tercampur air.
    • Jika dilihat, oli yang tercampur dengan air berwarna seperti kopi susu. Kalau sudah begitu langsung saja ganti oli saja , baik oli mesin atau gardan. Kalau dibiarkan bisa merusak komponen mesin lainnya dan tambah bikin mahal ongkos perbaikan.

Itulah Tips dari Ridingread.com Broo and Sist, periksa motor ada setiap mau jalan.

follow Ig@ridingreads dan FB riding read

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: