Mon. Jun 17th, 2019

IM NOT BIKERS MAY FAV BAND: SLANK By Isfandiari MD

Cerita ‘aneh’ ini mulai tahun 1983, persis saat beberapa remaja SMA Cikini Jakarta kumpul  dan mendirikan ide lumrah saat itu: bikin band! Supaya nggak susah nyari nama, mereka langsung menfokuskan diri jadi band tribute sebagai ‘pengabdian’ dan salute pada sang legenda Inggris The Rolling Stones. Maka jadilah, Cikini Stone Compleks (CSC) yang dikomandoi tukang gebuk bedug Inggris, Bimo ‘Bimbim’ Setiawan, Boy (gitar), Kiki (gitar), Abi (bass), Uti (vokal) dan Well Welly (vokal).  Namanya masih iseng dan angin-anginan, band ini nggak bertahan lama dan membubarkan diri. Biar begitu mereka terus ngeband dan terus mencari formasi paling solid dan mencari chemistry diantara mereka.

Di dalam benak Bimbin sang leader of the band, putus asa dan berhenti tak pernah ada dalam kamusnya. Chemistry yang sulit di cari terjadi bersamaan dengan masuk-cabutnya anggota band, sampai penggantian nama dari CSC ke Red Evil di rasa perlu. Maklumlah saat itu mereka tak lagu Rolling Stones-mindedtapi mulai pede membawakan lagu sendiri lewat formasi Bim-Bim  (drum), Bongky (gitar), Kiki (gitar), Denny (bas), Erwan (vokal). Kabarnya ‘roh’ Slank sudah tercium dengan gaya dan dandanan mereka yang slenge’an. Secara alamiah, namapun berubah menjadi Slank!

Dalam perjalanan musik itulah, formasi beken dalam babak pertama Slank muncul. Mereka terdiri atas Bim-Bim  (Drum), Kaka(Vokal), Bongky(Bas), Indra(Keyboard) dan Pay(Gitar). Walau dianggap formasi ideal dan chemistry diantara mereka kuat bergolak, bukan berarti perjalanan band ini semulus yang dikira orang.

Berkali-kali demo mereka ditolak karena berbagai alasan, sampai mereka bertemu Budi Susatio yang punya kuping tajam. Setelah mendengarkan musik mereka, Budi yakin musik mereka bakal jadi hits karena pede menggabungkan nuansa pop, rock, blues sekaligus unsur etnik lokal. Belum lagi liriknya yang terus terang, langsung tabrak dan akrab dengan kehidupan sehari-hari.


Keyakinan mereka terbukti. Album pertama mereka, Suit-suit hey..hey… … meledak di pasaran dengan hits maafkan. Tak cuma   populer diantara  remaja nongkrong, lagu nini mendapat penghargaan pertama, BASF award sebagai pendatang baru terbaik. Mulai dari situ, kreativitas mereka tak terbendung lagi dengan hadirnya album Kampungan ,Piss,Generasi Biru dan Minoritas. Di album terakhir ini, Slank harus kehilangan 3 anggota, Bongki,Indra danPay. Hanya dua personil, Kaka dan Bimbim, mereka berjuang mempertahankan band ini dengan menelurkan labum LAGI SEDIH dibantu Ivan (bass) dan Reynold (gitar).

Tahun 1996 mereka seakan reborn kembali lewat formasi ke-14 dan yang tergress, terdiri atas Kaka (vokal), Bim-Bim (drum), Ivanka(bass), Ridho (gitar) dan Abdee (gitar). Dari formasi inilah lahir album-album seperti,
TUJUH,VIRUS,MATA HATI REFORMASI,999+09,SATU-SATU,PLUR,SLANKISSME,SLOW BUT SURE.


Kini, di ulang tahun mereka ke 24 ini slank bakal menggelar konser berjudul: Slank Fest:From Slank With Love yang kabarnya diadakan dipantai karnaval ancol tanggal 29 desember 2007 jam 7 malam till drop’s. Jareg besar-besaran ini bakal diisi band tamu macam The BIG HIP dari Jepang, (JAPAN), Julia Perez, Dewi Persik, Nirina Zubir, Maia (Ratu), Sherina, Melanie Soebono, Astrid, T2, Sarah. Gosipnya lagi, harga tiket 15 ribu dan Slank akan melaunch album internasionalnya, April 2008  yang berisi lagu-lagu  Slank dengan lirik Bahasa Inggris.

Sampai kini mereka tetap eksis. They’re truly legend!




Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: