December 9, 2021

Honda Steed 400 1997 LEGACY FROM THE LEGEND…By Isfandiari MD

Kang Andi Argo terbilang biker beruntung. Doi mencapat ‘warisan’ historical dari sang legend, almarhum Julius Rosa, builder pelopor yang mengispirasi banyak modifikator nasional. Karyanya jelas berbicara, seberapa kuat skill dan karakter sang builder.

Honda Steed garapannya sangat eye cathing. Bentukannya dekat dengan style New York Chopper yang serba padat ala Indian Lary Legacy atau Gasoline Alley. Mang Use (panggilan almarhum) tahu betul efisiensi riding seputaran Bandung. Makanya rake dibuat padat dan motor dirancang gesit. Apalagi, mesinnya terbilang moge kelas menengah yang nggak kelewat besar. Cerdiknya dimensi ini diimbangi dengan part, tangki, setang, riser sampai jok dan sissybar yang sesuai. Hasilnya, padat dan nyaman di mata. Sangat diapresasi ia membangun motornya dari nol, hanya bermodal mesin.

Detailitas motor ini juga bisa dipertanggung jawabkan. Sinergi antarkomonennya terjaga apik dan berkesinambungan. Dari sisi desain, airflownya baik dan tetap menganut ol skool chopper era 70-an mirip-mirip lukisan David Mann di era wild west, iron horse di Amerika.

Dari keterangan ownernya, ada perdebatan taste saat membangun motor ini. Almarhum ingin mendekati style bobber, sedang Andi lebih suka ol skoop chop 70-an dengan ukuran ‘sakral’ ban tipis 21 “. Sipnya builder manut keinginan ownernya. Hasilnnya tetap tidak mengecewakan, customized motornya tetap bikin para penikmat desain menyaksikan seksama. Apalagi dia merancang desain knalpot x-treem, up sweep menjulang ke atas bersaing dengan sissybar yang juga keren.

Sebuah legacy dari sang builder yang layak diapresiasi. Alfatihah….

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: