Sun. Jul 5th, 2020

Honda CX650

HONDA CX650 TURBO (JEPANG) TURBOCHARGER, INJEKSI DAN ANTIDIVE by Isfandiari MD

Panas atas kepopuleran Yamaha XS 650 di awal 70-an, Honda greget meluncurkan CX 650 Turbo di awal 80-an.

Motor ini awalnya berkapasitas 496 di awal lahirnya dan meningkat jadi 673 cc tahun 1983. Motor ini bias dibilang saingan berat dengan keluarga Honda lainnya, RS500R dua nada yang dibuat di era 70-an.

Lihat desainnya memang murni sport dan memanjakan performa. Mesin O.H.V silinder ganda lengkap dengan turbocharger. Sebagai catatan aja, motor Jepang lainnya banyak menganut turbocharger tapi untuk mesin yang 4 silinder. Tak cuma itu, karbu juga canggih dengan sistem injector dan suspensi depan antidive. Makin mantab, redam kejut di belakang konstruksi monosok. Keseluruhan bodi juga ditutup fairing aerodinamis. Kalau ngeliat sekarang bentuknya memang kuno banget. Tapi itulah tren motor canggih saat itu.

Soal tenaga, jangan ditanya! Ia mentok di 100 dk dalam kitiran maksimal 8.000 rpm. Bodi juga ideal, berat bersihnya 235 kg dengan kecepatan maksimal 137. Eit bukan km/jam lo, tapi mph. dihitung kilometer jadi 221 km/jam. Kurang cepat, nggak?

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: