Sun. Jul 5th, 2020

History Of Isle Of Man By Isfandiari MD

Pulau bernama lengkap Isle Of Man ini indah nian.

Terletak antara Irlandia dan Inggris, tepat di tengah laut Irlandia yang eksotis. Doi punya daya tarik besar. Ada castle kuno, gunung batu, museum. Fasilitas di pulau ini juga lengkap. Pengunjung bisa naik trem, mobil, rock climbing bahkan berenang dengan ikan hiu sebagai salah satu paket wisata yang ditawarkan pulau ini. Sosio-kulturalnya juga menarik. Masyarakat setempat bicara dalam bahasa Manx, yakni bahasa daerah di sana. Pemandu wisata akan bercerita ikhwal suku Viking, para pendeta ortodoks juga kisah-kisah lokal seperti Hantu anjing.

Buat bikers sejati, daya tarik terbesarnya adalah kondisi jalan yang mulus berliku. Ini membuat para rider junkie terkesan dengan pulau ini dan gatel ingin bejek gas sekencang-kencangnya. Untung, tahun 1904 pemerintah lokal membuat event balapan bekerjasama dengan The Automobile Club of Great Britain. Evennya sendiri berjuluk The Gordon Bennett Challenge Cup Race. Pemda Isle Of Man bekerja keras mensukseskan road race ini. Buktinya, mereka bisa mengeluarkan peraturan menutup jalan-jalan utama saat balapan digelar. Coba bandingkan dengan di Inggris misalnya.., kebijakan ini tak mungkin bisa gol. Kali pertama penyelenggaraan baru roda 4 saja yang balapan di zona ini.

Tahun 1905 motor barulah balapan sebagai ajang eksebisi disamping mobil. Baru tahun 1907, kita punya balapan sendiri. Sejarahnya, The Auto Cycle Club yang merupakan kepanjangan tangan dari The Automobile Club of Great Britain, ingin mengkampanyekan motor sebagai tranportasi paling efisien dan murah. Para pembalap harus geber di 10 lap dalam jarak 10 mil.

Pada mei 2007 sekarang, digelar event yang sudah seratus tahun lebih ini. Kelas yang dilombakan juga bervariasi, ada balapan motor klasik, solo dan sespan. Race meliputi kelas 250/350. Untuk jaman sekarang, lomba yang paling bergengsi tentunya kelas superbike kapasitas mesin 500 cc ke atas. Di ajang ini, persaingan antar pembalap dan merek motor sungguh ketat. Tak cuma itu, ajang ini cukup berbahaya karena balapan di sela-sela kota dan pegunungan. Tak sedikit pembalap yang tewas di ajang ini, salah satunya sang legendaris Joe Dunlop.

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: