Fri. Nov 27th, 2020

HELMET IS IMPORTANT!

WARNING….. HELMET IS IMPORTANT!

By Isfandiari MD

            Ini penting..makanya kita sowan ke dr. Aviandy Sukarto Msc.SpKP. Dia sengaja ngejar gelar S2 mendalami elmu Community Medicine. Cabang ini membahas ikhwal alat-alat kerja yang dipakai masyarakat sesuai standar kesehatan. “Ya, helm adalah salah satunya,” ujar dokter yang juga motoris ini.

Begini penjabarannya. Tengkorak manusia dianugrahkan Tuhan sangat solid. “Ia sangat rapat tak berongga seperti tulang lainnya. Tak cuma itu, dibawah tengkorak terdapat cairan untuk menahan benturan. Jadi didesain sempurna untuk melindungi otak,” bukanya. Hanya, dalam benturan yang kelewat keras, cairan peredam tak mampu menangani. Maka itulah, motoris memerlukan helm.

Menurut pria yang akrab disapa kang Dondy ini, helm yang baik harus jauh lebih kuat dari tengkorak manusia. “Idealnya, ia harus punya cairan peredam seperti halnya dalam tengkorak. Sayang, saat ini manusia belum bisa menciptakan cairan peredam yang mendekati tengkorak tadi. Makanya diganti busa.”

            Semua itu diciptakan untuk melindungi bagian-bagian sensitif di otak manusia. Bagian batang otak dan otak kecil adalah tempat ingatan manusia disimpan. “Memang letaknya di belakang kepala  bagian dalam dan sangat tersembunyi. Tapi kalau kena benturan yang sangat keras sampai tengkorak pecah, bagian ini bisa terganggu dan menyebabkan hilangnya ingatan,” jelas Dondy. Hal ini bisa permanen dan non permanen. Tak cuma itu ada bagian penting yakni telinga. Bagian luar adalah telinga, tengah gendang telinga dan belakang sistem keseimbangan yang bentuknya macam keong. Jika bagian terakhir kena benturan keras, manusia akan kehilangan keseimbangannya. “Ia limbung seumur hidup  dan tak bisa berdiri tegak,” jelas dokter muda ini.

            Dari situ Bro akan sadar pentingnya pakai helm. “Jangan main-main lo, pilih yang memenuhi syarat!” Selain kuat tapi, helm yang bagus tidak boleh berat. “Keberatan juga berbahaya. Kepala sih aman tapi tulang leher terserang. Biker menjadi pegal-pegal, peredaran darah nggak lancar sampai adanya pengapuran di tulang leher.”Tak cuma itu, sirkulasi udara harus lancar. “Harus ada lubang angin di jidat kita. Udara mengalir ke bagian wajah sampai ke bawah. Oksigen yang cukup ini membuat biker tetap segar dan awas saat mengendarai motor. Tentu, suara dari luar juga harus masuk agar yang bersangkutan tahu lingkungan di sekitarnya.

 

 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: