December 5, 2021

EXELSIOR MANXMAN TRULLY COLLECTOR ITEM… By Isfandiari MD

Buat para maniak motor superlangka alagai kolektor item, motor lansiran Inggris ini pastinya jadi incaran. Sejarahnya juga unik dan asyik dicermati. Awalnya kisah  saat Exelsior Mechanical Marvel dibuat sama perusahaan penerbangan Exelsior.  Saat ngaspal, penampilannya langsung disambut speed junkie Eropa terutama di dataran Inggris. Ia ngetren abis di kalangan two wheeler. Speknya sangat mumpuni. Kapasitas mesin 246 cc dengan kekuatan 25 dk. Kesuksesannya meramaikan jalanan membuat perusahaan ini punya ide kreatif meluncurkan bentukan yang murni motosport.

Nah, dari sinilah nongol Manxman di tahun 1935.  Bisa ditebak, sosoknya sangat sporty untuk ukuran desain sport di masanya. Tentunya nggak Cuma tongkrongan yang gahar ta[i performanya juga yahud. Misal manxman lansiran taon 1936 dengan nama FR12.  Jenis ini diincar tim-tim besar dan privateer di ajang balap bergensi isle Of Man TT Race. Sayang sekali penampilannya belum sip a karena belum bisa mempersembahkan thropy ke tim yang memakainya.

Oh ya, tongkrongannya cukup ideal. Bobotnya 152 kg  dan mampu ngacir sampai 137 km/jam. Kapasitas tepat  349 cc, 23 daya kuda dalam kitioran 6.000 rpm. Demi mengejar performa dan ketahanan, kepala silinder terbuat dari perunggu dengan dua katup. Di tahun yang sama mereka juga membuat manxman dengan kapasitas 250 cc dan 500 cc. Wah, kalau ada rider kita yang punya motor ini, pastilah sangat beruntung!

IKLAN

Be there bro…

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: