Sun. Sep 26th, 2021

Ngariung kompak di Zona Sancang Garut Selatan

EVENT ADVENTURE FENOMENAL: SELATAN ADVENTURE & TRAIL KE-4 (S4T)

UJUD NYATA BANGKITKAN EKONOMI DAERAH By Isfandiari MD

….Trail adventure..kami satu kami saudara… loyatitas tanpa batas!!……

                …Kalimat di atas bukan awalan artikel , tapi penggalan lirik lagu dari Band Raspati berjudul Rock n Trail garapan 4 frontliner, Gias Emiral pada vocal, Frank di gitar, bro Fahmi di saxophone, Chandra untuk bass dan Tedy penggebuk bedug Inggris. Di event ini drumer diigantikan sementara oleh bro Indra. Lagu ini terus menghentak sebagai soundtrack event Selatan Adventure Trail ke-4 (3-4 April 2021) alias S4T yang start di Perkebunan Mira Mare, kawasan Sancang Garut Selatan…….

Band member Raspati
Trailmania menuntaskan kangen di Pantai Selatan. 4600-an daftar, 5000-an masuk jalur
Star lapangan miramare ciputat Sancang …. Pangisikan … Parabon ,Cibogo , Candra makan siang .cinengah , dalung , dungus, sungai Agustus , Sancang . Finish.
Beberapa personel band Pemuda Suka Klabing (PSK) ikut turun ke jalur. Hobi baru para musisi

Event ini menjadi menarik karena kemasan dan misi yang mereka emban. Soal kemasan, mereka detail menyiapkan beberapa aktivitas entertaining keren termasuk menyiapkan sountrack khusus dari band di bawah bendera Raspati Anagement yang memang mensuport mereka. Roundown acara juga ex-traordinari, hari peryama di Sabtu, trailmania yang sudah masuk jalur perkebunan dan zona menantang lain , langsung dihadiahi entertaining private dan terbuka di dua tempat berbada. “Agar mereka puas dan hepi! Private party ada di GOR kawasan perkebunan dan kedua di lapangan terbuka untul all trailer dan warga Sancang,” bangga Asep CK biang kerok event alias ketua panitia saat hang out di garis start didampingi para penggagas event lainnya, bro Cireyod dan Iwan Setiawan. “Moment ini memang jadi pengobat kerinduan scrambler untuk masuk ke jalur lagi. Kami setting jalur yang menantang dengan medan variatif. Alhamdulillahg respon cukup baik dan kebanyakan puas,” haru Nanang Sale punggawa Dogman yang diberi amanat merancang jalur di event ini.

Asep Ck el presidente (Presiden, Garut Ngahiji) “Tumbuhkan ekonomi rakyat, promosi wisata dan tingkatkan imunitas tubuh”
Kriwil si Raja Tanjakan- Foto Dokumentasi Pribadi- Hadir juga menaklukan tanjakan x-treem di Sancang
Gordon’s Racing Exhaust perkenalkan knalpot paten untuk scramblers

Soal kemeriahan memang agak sentimentil. Bukan apa-apa, ajang ini seperti reunian para legend penyuka jalur setelah hampir setahun mandek aktivitas akibat pendemi. Ridingread cukup menikmati moment ini. Hadir sedulur lama yang sebelumnya ‘bertapa’ di rumahnya  masing-masing. Sabtu pagi, kami sudah seru berbagi cerita dengan Benny ‘Baong’ Pria Nursandi, Pipin Pria, ada Bro Asep Halim bosnya Gordon Racing exaust, Dede Ecenk ‘presiden’ republik Krupuk-kopi, mang Tata, Uus ‘Hawex’ Usnaeni bos Hawex Racing Product dan penggagas Rantai  Bumi, Abah Guru OS , bro Kriwil si raja tanjakan dan banyak lagi. Ini benar-benar ajang temu kangen yang seru. Ups belum lagi hadir tokoh-tokoh tatar priangan semisal Haji Kurnia, bos properti Pangandaran, bang  Saeful Firdaus, bos X-DHOSE, real adventure, bro Rino Sanjaya dari SGM Store. “Kebetulan bertemu, ada kenangan dari saya,” sapa ramah bro Saeful Firdaus. Doi menghadiahi ridingread. Topi keren dan tas pinggang. “Thx bro, good quality!” Sipnya, kang Nanang Sale juga kebagian hadiah yang sama, ha..ha… Rejeki kang!

PTPN 8 Mira Mare Kecamatan Cibalong Garut Selatan, welcomes you!
Freestyler ogah ketingggalan moment. Menghibur penikmat jalur di garis finish
Miliaran uang berputar di zona ini. warga kebagian rejeki, seperti jasa cuci motor ini
Ridingread.com mendapatkan kehormatan berfoto dengan 3 legend trail: Asep Ck, NAnang Sale dan Dede Echenk

Dari balilk hingar bingar gelaran, banyak informasi penting yang digali. Buat penyelenggara, riungan khas scrambelers ini nggak cuka hura-hura bejek gas di jalur. Ada misi yang jauh lebih penting dari ini.” Kami berupaya mengenalkan daerah Sancang sebagai destinasi wisata dan terpenting..menghidupi ekonomi masyarakat sekitar,” serius Asep Ck. Begini jabarannya: Dengan adanya event ini, trailmania dari seluruh Indonesia jadi paham  daya tarik wisata Sancang dengan hutan, kebun dan keindahan pantau Selatan Jawa Barat ini. Tamu memang berdatangan dari berbagai propinsi dan benar-benar magnet di awal April ini. “Saya perkirakan datang 4500- lebih adventurer untuk ngegas 2 hari, regular dan privat. Coba seandainya 1 orang habiskan uang 1 juta saja! Kalikan dengan 4.500. Mmm ada  4 setengah miliar duit masuh ke zona ini. Panitia, warga semuanya kebagian. Parkir mobil saja dikenakan 20.000, belum penjual makanan, homestay rumah warga dan banyak lagi. Ini benar-benar jawaban langsung dari event organizer tentang pemberdayaan potensi daerah khususnya di bidang ekonomi,” kata Benny Baong Pria, tokoh balap nasional di venue.

Saiful Firdaus, bos X-Dhose. Sukses terus kang!
H. Kurnia, bos properti zona Pangandaran, enjoy di jalur, enjoy di party bikers
Haji Tata Suryana dan H. Kurnia, inspirator trailmania Pangandaran
Rino Sanjaya (SGM) hang out di stand X-Dhose di venue

Nanang sebagai komandan pembuka jalur dari Dogman tanpak sumringah,”Ada 4.600 yang daftar dan 5000-an trailmania masuk jalur. Syukurlah walau pesertanya banyak, tak ada kemacetan di sepanjang trek,” bangganya.

                Evaluasi tentunya dilakukan. Menghadirkan ribuan orang dalam satu event tentunya mengandung tantangan tersendiri terlebih di era pendemi dan ketatnya Prokes dalam setiap gelaran. Namun apapun itu, pelaksana beikhtiar menjawab tantangan pemerintah untuk menghidupkan sektor perekonomian lokal dengan gelaran seperti ini. “Jangan lupa juga, hobi bermotor dan bersenang-senang akan menikmatkan imunitas tubuh dan semoga semuanya sehat dan virus corona tidak menjangkiti  Indonesia di kemudian hari,” tutup Asep Ck, ketua pelaksana gelaran.

                Semangat terus, gaskeun!

Berpose dengan si Baong, Benny Pria Nursandi. Ia banyak memberikan masukan penting

SERBA SERBI

TATA SURYANA Scramblers Pangandaran: “Evaluasi  masukan bermanfat dan membangun! Privat pertama mantap sekali, jallur menantang dan ada hujan sedikit! Keren. Tapi privat kedua ada masukan, masih kurang bagus, banyak akar mellintang dan batu. Satu lagi kritikan saya, di jalur kedua, turunan sebelum masuk sungai, semua peserta di tarif 10 ribu oleh warga. Mereka yang mau turun sendiri atau di ojekin sama-sama harus bayar. Ini kurang bagus dan wajib diperbaiki!”

Thx for all support!
Kerinduan setelah lama nggak nge-gas!
Official partner

MANG EGA:” Saya alami kisah mistis wilayah Sancang. Tidak beruntung tuas porsneling di kaki patah, motor hanya bisa di gigi dua saja. Saya bertanya kepada panitia, jalur evakuasi dan diberi petunjuk singkat dan jelas. Saat saya kesana…petunjuk itu jadi bias. Ada beberapa persimpangan. Apa boleh buat, saya ikuti jalan yang agak besar. Sampai di pertengahan ada jaket tergantung di satu pohon. Duh saya sudah mulai gelisah, tapi memaksakan terus lanjut, sampai akhirnya jalanan mengecil dan ada seperti gerbang dari pohon besar  memasuki kawasan yang gelap.”Duh saya merinding dan gak enak hati. Untung saya putuskan tidak terus dan motor berbalik ke tempat semula. Anehnya, arah balik dan arah pergi kok beda ya? Syukurlah saya ketemu lagi titik pertama dan diarahkan dengan benar oleh marshalll. Seandainya tidak, bukan tidak mungkin tersasar dan tak kembali di hutan Sancang…”

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: